Makan Es Krim Saat Demam Justru Bermanfaat, Benarkah?

makan-es-krim-saat-demam-justru-bermanfaat-benarkah-halodoc

Halodoc, Jakarta – Saat mengalami demam, badan jadi terasa gerah dan panas, sehingga kebanyakan orang cenderung ingin mengonsumsi sesuatu yang dingin-dingin, seperti es krim. Namun, dari dulu kita sudah sering mendengar nasihat dari orangtua yang mengatakan kalau sedang sakit, tidak boleh makan es krim.

Hal ini karena es krim dituding dapat memperburuk kondisi demam. Tapi ternyata hal ini tidak benar, lho! Menurut medis, es krim justru baik untuk dikonsumsi saat demam. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di sini.

Makan dan Minum Es Tidak Memperparah Demam

Pertama-tama, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa makan dan minum es tidak menyebabkan atau memperparah kondisi demam. Hal ini karena pada dasarnya demam disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, bukan dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

James Stackelberg, MD, konsultan di divisi penyakit menular dan profesor kedokteran di Medical School Rochester, Minnesota, membantah mitos kandungan susu di dalam es krim bisa memperbanyak dahak. Ia berpendapat bahwa minum susu termasuk produk olahannya tidak akan menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dahak saat sakit.

Demam sendiri sebenarnya adalah pertanda bahwa sistem imun tubuh sedang memerangi peradangan atau infeksi yang sedang terjadi di dalam tubuh. Adapun penyebab demam yang paling umum adalah infeksi bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan dan infeksi virus ringan, seperti flu atau pilek yang bisa membaik dalam beberapa hari.

Jadi, bila kamu sedang demam, sebenarnya boleh saja mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin karena tidak akan menyebabkan atau memperparah infeksi dalam tubuh.

Baca juga: Waspadai 4 Makanan yang Dapat Memperberat Radang Tenggorokan

Manfaat Makan Es Krim Saat Demam

Makan es krim secukupnya saat demam ternyata bermanfaat buat kondisi tubuh kamu, lho. Ini tiga manfaat es krim saat demam:

1. Mencegah Dehidrasi

Suhu tubuh yang meningkat saat demam membuat kamu berkeringat lebih banyak dan jadi lebih sering buang air kecil. Akibatnya, kamu berisiko mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan. Padahal, mulut kamu mungkin terasa tidak enak bila hanya minum banyak air putih saja.

Nah, mengisap es potong atau makan sorbet yang juga mengandung banyak air saat demam bisa membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang sekaligus memberikan rasa yang enak di mulut. Bagi anak-anak yang enggan minum banyak air putih saat demam, makan es krim bisa menjadi solusi yang terbaik.

Baca juga: Gelato atau Es Krim, Manakah yang Lebih Sehat?

2. Menambah Asupan Kalori

Saat sedang sakit atau demam, kamu memerlukan asupan kalori yang cukup agar bisa melawan penyakit yang menjadi penyebab demam. Nah, es krim merupakan salah satu sumber kalori yang disukai semua orang, apalagi anak-anak. Karena itu, makan es krim bisa menjadi solusi bagi anak-anak atau orang dewasa yang tidak memiliki nafsu makan saat sakit.

3. Membantu Mengurangi Nyeri di Tenggorokan

Demam seringkali hadir disertai dengan radang tenggorokan. Di saat seperti ini, makanan dan minuman dingin seperti es krim bisa membantu meredakan rasa nyeri saat menelan.

Meski bermanfaat, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan bila ingin makan es krim saat demam:

  • Pilihlah es krim yang tidak mengandung gula tinggi.

  • Pilih es krim yang rendah lemak.

  • Meski bermanfaat, es krim bukanlah obat.

  • Jangan makan es krim terlalu banyak.

  • Makan es krim juga harus diiring dengan pola makan sehat dan bergizi seimbang.

Baca juga: Ini Alasan Habis Operasi Amandel Banyak Makan Es Krim

Jadi, es krim merupakan salah satu alternatif makanan yang bisa kamu konsumsi saat demam. Untuk menurunkan panas tubuh, kamu juga bisa membeli obat penurun panas dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Bila ingin melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab demam, kamu bisa membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.