22 February 2019

Makanan Ibu Bisa Sebabkan Eksim Atopik pada Bayi, Kok Bisa?

Makanan Ibu Bisa Sebabkan Eksim Atopik pada Bayi, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta – Salah satu ruam kulit yang paling umum pada bayi adalah eksim atau dikenal sebagai dermatitis atopik. Menurut The Australasian Society of Clinical Immunology and Allergy (ASCIA), eksim terjadi pada sekitar satu dari lima bayi yang dimulai pada usia enam bulan pertama, namun biasanya membaik secara signifikan antara usia tiga hingga lima tahun.

Eksim adalah kondisi kulit inflamasi yang tidak menular yang memiliki banyak kemungkinan penyebab dan tidak ada obat yang diketahui. Ini adalah kondisi atopik yang merupakan bentuk alergi di mana reaksi hipersensitivitas dapat terjadi di bagian tubuh yang tidak bersentuhan dengan alergen.

Eksim atopik pada bayi muncul sebagai ruam kulit merah yang kering. Mungkin bersisik dan ketika tergores bisa luka dan terinfeksi. Eksim sering muncul di pipi pertama, kemudian dapat menyebar ke dahi dan punggung lengan dan kaki yang akhirnya menyebar ke seluruh tubuh.

Baca juga: 7 Tips Dasar Merawat Bayi Baru Lahir

Ada banyak kemungkinan penyebab mengapa bayi mungkin menderita eksim, di antaranya:

  1. Riwayat keluarga terutama asma dan demam yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena eksim.

  2. Bayi memiliki kulit hipersensitif, sehingga lebih mungkin bereaksi terhadap alergen lingkungan, seperti tungau debu, serbuk sari, bulu binatang, bulu, serta wol atau pakaian sintetis dan bahan kimia dalam larutan pembersih untuk rumah atau penggunaan pribadi.

  3. Alergi makanan atau sensitivitas makanan yang dipicu dengan makan-makanan tertentu atau melewati ASI. Sedangkan makanan bukan penyebab eksim, makanan paling umum yang dapat memicu eksim adalah susu sapi, kedelai, telur, gandum, kacang tanah, dan kerang-kerangan.

Baca juga: Gangguan Pola Asuh Pemicu Anak Melakukan Kekerasan pada Orang Dewasa

  1. Kekurangan nutrisi, misalnya beberapa bayi yang disusui mungkin tidak mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan melalui ASI, karena ibu mereka mungkin tidak mendapatkan cukup. Dan beberapa bayi yang diberi susu formula mungkin tidak dapat memanfaatkan vitamin dan lemak dalam susu formula bayi.

Dipicu oleh Makanan Ibu

Lantas kenapa makanan ibu bisa sebabkan eksim atopik pada bayi? Ini dikarenakan anak mendapatkan asupan nutrisi melalui ASI ibu. ASI ibu sangat erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Ada baiknya juga menemui ahli gizi untuk mengetahui adakah perubahan ataupun konsumsi makanan tertentu dapat memicu eksim atopik pada bayi atau tidak.

Ibu yang memiliki probiotik selama kehamilan dan menyusui atau diberikan kepada bayi untuk diminum menunjukkan kemungkinan kecil risiko bayi mengalami eksim atopik. Probiotik terbukti membantu memulihkan bakteri menguntungkan dalam usus serta dapat membantu pencernaan dan penyerapan makanan yang lebih baik. Ini termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya berdampak pada pencegahan eksim atopik.

Baca juga: Begini Cara Lindungi Remaja Dari Prostitusi Online

Bakteri yang menguntungkan dapat ditemukan dalam makanan, seperti yoghurt, serta suplemen. Strain bakteri terbaik yang bekerja lebih efektif daripada yang lain dalam eksim adalah Lactobacillus rhamnosus GG atau dikenal sebagai LGG.

Perubahan diet ibu saat sedang hamil dan menyusui dapat memicu eksim pada bayi. Ini mungkin melibatkan pengujian alergi atau diet eliminasi untuk melihat makanan mana yang menjadi penyebabnya. Jika ibu mencurigai alergi makanan, lakukan tes atau temui dokter anak untuk bayi.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai eksim atopik pada bayi dan hubungan dengan makanan yang dikonsumsi oleh ibu, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.