23 November 2018

Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi agar Mencegah TBC Tulang Belakang

makanan sehat yang harus dikonsumsi agar mencegah tbc tulang belakang

Halodoc, Jakarta – Penyakit tuberkulosis atau TBC tidak hanya menyerang paru-paru, penyakit ini bisa menyerang tulang khususnya tulang bagian belakang atau yang dikenal dengan istilah spondilitis TBC. TBC tulang belakang adalah salah satu kondisi tuberkulosis yang menyerang tulang belakang bagian torakal atau lumbal. Kedua bagian ini berada di bagian punggung bawah.

Ada beberapa gejala yang dialami seseorang ketika mengalami tuberkulosis tulang belakang. Rasa nyeri pada bagian punggung hingga demam bisa menjadi gejala awal dari kondisi TBC tulang belakang. Tidak hanya itu, posisi tubuh yang menjadi tegak dan kaku menjadi indikasi penyakit tuberkulosis tulang belakang. Gejala lain seperti pembengkakan tulang punggung, munculnya benjolan pada pangkal paha, dan gangguan saraf sekitar tulang belakang bisa menjadi gejala dari penyakit ini, tapi tentu perlu pemeriksaan dokter lebih lanjut.

Infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis disebut sebagai penyebab seseorang mengalami penyakit tuberkulosis tulang belakang. Penyakit ini diawali dari tuberkulosis pada paru-paru, yang kemudian menyebar pada pembuluh darah dan akhirnya tulang belakang. Biasanya, ketika kamu memiliki daya tahan tubuh yang rendah, risiko kamu memiliki penyakit tuberkulosis tulang belakang semakin meningkat.

Kekurangan nutrisi bisa juga menjadi penyebab kamu berisiko tertular penyakit TBC tulang belakang. Sebaiknya, penuhi kebutuhan nutrisi agar kesehatan tetap terjaga dan kamu terhindar dari penyakit TBC tulang belakang. Berikut ini makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah penyakit tuberkulosis tulang belakang:

1. Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Memenuhi kebutuhan asupan karbohidrat bisa menghindari kamu dari penyakit TBC tulang belakang. Pengidap tuberkulosis tulang belakang membutuhkan banyak asupan karbohidrat yang bisa digunakan untuk energi mereka. Tubuh membutuhkan banyak energi untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri penyebab TBC tulang belakang.

Selain itu, asupan karbohidrat yang cukup membuat berat badan pengidap tuberkulosis tulang belakang lebih stabil. Kekurangan berat badan dapat memperparah penyakit TBC tulang belakang pada pengidap.

2. Sayuran

Siapapun diwajibkan untuk mengonsumsi sayuran setiap harinya. Banyak manfaat baik dari sayuran untuk kesehatan, khususnya bagi pengidap TBC tulang belakang. Sayuran mengandung vitamin dan mineral yang meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu penyebab tuberkulosis tulang belakang adalah rendahnya daya tahan tubuh seseorang. Mengonsumsi sayuran dianjurkan untuk mengurangi dampak atau risiko dari penyakit TBC tulang belakang.

3. Buah-buahan

Buah-buahan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kamu, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini mempermudah dalam pengobatan TBC tulang belakang yang diderita. Banyak manfaat dari buah-buahan, salah satunya untuk menjaga kesehatan pencernaan.

4. Makanan yang Mengandung Protein

Asupan protein hewani dan nabati juga dibutuhkan oleh pengidap TBC tulang belakang seperti kentang, kacang-kacangan, keju, susu, maupun ikan. Protein dapat digunakan untuk mencegah dan mengurangi kerusakan yang terjadi pada bagian yang terinfeksi.

Jangan lupa untuk melakukan vaksinasi untuk mencegah penyakit TBC paru maupun TBC tulang belakang. Kamu bisa tanya pada dokter mengenai penyakit TBC tulang belakang melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: