06 September 2018

Mana yang Lebih Baik? Lari di Lapangan atau Treadmill

lahraga lari, fitness, treadmill, lari di lapangan

Halodoc, Jakarta - Jika dilihat sekilas, lari di lapangan atau di luar ruangan dan di atas treadmill merupakan olahraga yang sangat mirip. Keduanya menggunakan kelompok otot yang sama serta membutuhkan gerakan maju dan tubuh yang sama. Sebelum membahas tentang mana yang lebih baik dari keduanya, berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga lari:

  1. Meningkatkan stamina.
  2. Menurunkan berat badan.
  3. Membakar lemak di perut.
  4. Menguatkan otot dan memadatkan tulang.
  5. Mengencangkan paha dan bokong.
  6. Memperbaiki nafsu makan.
  7. Menghilangkan insomnia.
  8. Melawan penuaan.
  9. Menurunkan risiko terkena serangan jantung.
  10. Menghilangkan stres.

Selain manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, masih banyak lagi manfaat lari untuk kesehatan tubuh. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, ada beberapa perbedaan antara lari di lapangan atau di luar ruangan dan di atas treadmill.

Lari di Lapangan atau di Luar Ruangan

1. Variasi Rute

Hal baik mengenai lari di luar ruangan adalah bahwa kamu memiliki jumlah rute yang tak terbatas untuk dilalui. Kamu mungkin ingin melalui rute yang berbeda tergantung pada suasana hatimu. Namun, jika kamu ingin terus meningkatkan kebugaran dan membakar jumlah optimal kalori, kamu harus mengubah rute lari secara teratur.

2. Variasi Permukaan

Berlari di luar ruangan menantang kamu dengan permukaan rute yang tidak terduga dibandingkan dengan di atas treadmill. Hal ini bermanfaat sebagai latihan keseimbangan dan koordinasi.

3. Kondisi Cuaca

Jika kamu berlari di luar ruangan, cuaca seringkali menjadi faktor penentu. Jika awan sudah mulai gelap atau rintik-rintik hujan mulai turun, pasti kamu akan membatalkan keinginan untuk olahraga. Meskipun begitu, olahraga tetap harus dilakukan secara teratur.

4. Biaya

Salah satu keuntungan berlari di luar ruangan adalah kamu tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali. Kamu mungkin akan keluar biaya untuk membeli beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk berlari. Namun, pengeluaran akan jauh lebih murah dibandingkan dengan bergabung di gym atau membeli alat treadmill.

Lari di Treadmill

1. Lingkungan Konstan

Meskipun beberapa orang melihat olahraga ini sebagai sesuatu yang mahal dan membosankan, tetapi treadmill menawarkan lingkungan yang konstan untuk berolahraga. Pasalnya, suhu, kelembapan, dan permukaan untuk berlari akan selalu sama.

Dalam hal ini, berlari di treadmill dapat dianggap sebagai bentuk olahraga yang lebih nyaman daripada berlari di luar ruangan. Kamu tidak harus mempertimbangkan cuaca, tingkat cahaya, atau lalu lintas. Setelah kamu berada di treadmill, kamu hanya memiliki sedikit faktor eksternal yang dapat mengganggu aktivitas kamu.

2. Kecepatan

Treadmill memungkinkan pelari untuk mengatur kecepatan dan mempertahankannya. Hal ini berguna jika kamu berlatih untuk tujuan tertentu. Hal ini juga dapat membantu kamu untuk tetap melanjutkan usaha ketika tekad kamu berkurang.

Di atas treadmill, kamu harus membuat keputusan secara sadar untuk menekan tombol agar memperlambat kecepatan lari kamu. Jika kamu lari di luar ruangan, kamu akan secara alami mengurangi kecepatan tanpa menyadarinya, karena tubuh kamu merespon pada rasa lelah yang dirasakan.

3. Aman untuk Persendian

Lari di atas treadmill lebih aman bagi persendian dibandingkan dengan lari di jalan atau trotoar beton. Jika kamu berlari secara teratur, termasuk beberapa latihan pada treadmill, kamu akan mengurangi dampak negatif pada sendi dan risiko cedera. Jika kamu baru sembuh dari cedera atau memiliki masalah dengan sendi kamu, treadmill menawarkan cara untuk membangun kembali latihan kamu secara bertahap.

Dengan rutin berolahraga lari, maka tubuh pun akan menjadi lebih sehat. Jika kamu mengalami masalah kesehatan, kamu tidak perlu khawatir. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter kapan pun dan di mana pun. Yuk, download aplikasinya di App Store dan Google Play!

Baca juga: