18 December 2017

Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Halodoc, Jakarta – Memiliki hewan peliharaan memang memberikan kesenangan sendiri bagi penyayang binatang. Apalagi jika hewan yang dipelihara lucu, menggemaskan, dan pintar. Selain bisa menjadi teman di rumah, ternyata memiliki hewan peliharaan juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan psikologis. Mau tahu apa saja keuntungannya memelihara hewan peliharaan? 

Hewan peliharaan berbeda dari hewan ternak yang dirawat untuk diambil manfaatnya untuk kebutuhan manusia. Hewan peliharaan dapat diajak berkomunikasi dan menjadi sangat dekat dengan manusia. Sehingga tidak jarang ditemukan orang yang menyayangi hewan peliharaannya seperti anak sendiri, atau hewan yang setia sampai mati kepada tuannya. Memiliki hewan peliharaan juga dapat membuat seseorang bahagia dan tidak merasa kesepian, sehingga baik untuk kesehatan psikologisnya. Selain itu, hewan peliharaan juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh pemiliknya, lho.

Manfaat Hewan Peliharaan untuk Kesehatan Tubuh

1. Membantu Manusia untuk Aktif Bergerak

Sadarkah kamu ketika memelihara hewan peliharaan, kamu secara tidak langsung menjadi banyak bergerak? Misalnya, pemelihara anjing pasti harus mengajak anjingnya jalan-jalan atau bermain bersama. Kamu yang punya kucing juga wajib secara rutin memandikan kucingnya dan memberinya makan. Pemelihara ikan pun perlu membersihkan akuarium secara rutin. Kegiatan mengurus hewan peliharaan ini dapat menjadi alternatif bagi kamu yang tidak suka berolahraga untuk menjaga tubuhmu tetap sehat.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kebanyakan orang ragu memelihara hewan peliharaan karena berpikir dapat mendatangkan penyakit. Tapi ternyata, orang yang memelihara hewan mempunyai sistem imun yang lebih baik lho daripada yang tidak. Hal ini juga berlaku kepada anak-anak. Balita yang tinggal di rumah yang terdapat hewan peliharaan, cenderung lebih kebal terhadap alergi, asma, dan alergi kulit.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Bagi pengidap penyakit jantung, bergerak aktif dengan bermain bersama hewan peliharaan dapat membantu memperbaiki fungsi jantung. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki tingkat kolesterol yang lebih rendah dan berisiko lebih kecil terkena penyakit jantung, menurut American Heart Association. Kucing dipercaya sebagai salah satu hewan yang cocok dipelihara oleh pengidap penyakit jantung. Para peneliti dari University of Minnesota menemukan bahwa mereka yang tidak memelihara kucing berisiko 40 persen lebih tinggi mengalami serangan jantung daripada pemilik kucing.

Manfaat Hewan Peliharaan untuk Kesehatan Pikiran

1. Meredakan Stres dan Menyenangkan Hati

Kebanyakan orang menghilangkan stres dan kejenuhan setelah seharian beraktivitas dengan cara bermain bersama hewan peliharaannya. Kegiatan tersebut memang dapat meningkatkan kadar dopamine dan serotonin yang sifatnya menenangkan pikiran dan membahagiakan perasaan. Hanya dengan melihat tingkah lucu anjing kesayangan saja, stress dan perasaan bete-mu akan reda.

2. Menghilangkan Kesepian dan Perasaan Negatif

Kamu tidak akan merasa kesepian jika mempunyai hewan peliharaan, karena si sahabat berbulu atau bersirip ini dapat menemanimu di saat kamu sedang sendirian. Memelihara hewan juga dapat mengembangkan rasa kasih sayang dan kepedulianmu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki binatang peliharaan mempunyai perasaan saling memiliki lebih erat dan jauh dari perasaan penolakkan.

3. Teman untuk Berinteraksi

Walaupun si Manis mungkin tidak akan mengerti arti perkataanmu sepenuhnya, tapi biasanya kamu tetap akan mengajaknya berkomunikasi kan? Hewan peliharaan yang bisa diajak berinteraksi seperti anjing, kucing, atau burung juga sangat baik untuk keadaan psikologis anak dengan autism. Mereka dapat belajar berkomunikasi dan bersosialisasi dengan adanya kehadiran hewan peliharaan. Memiliki hewan peliharaan dapat bermanfaat bagi kesehatan jika kamu benar-benar merawatnya, menjaga kebersihannya, dan melatihnya.

Kini kamu bisa membicarakan masalah kesehatanmu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk meminta saran-saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa membeli vitamin atau produk kesehatan yang dibutuhkan tanpa perlu repot-repot keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.