• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Minyak zaitun adalah cairan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa orang menggunakannya sebagai pengganti minyak goreng agar lebih sehat. Selain itu, minyak ini juga dapat dioleskan langsung ke bagian tubuh untuk mendapatkan manfaatnya. Salah satu manfaat yang dapat diterima tubuh adalah menjaga kesehatan rambut.

Minyak zaitun baik untuk tubuh karena mengandung asam lemak tak jenuh, omega 6 dan 3. Dengan mengoleskannya ke rambut, bagian tersebut menjadi lebih sehat dan tidak mudah untuk rontok. Maka dari itu, kamu harus mengetahui manfaat minyak zaitun terhadap rambut agar dapat mengatasi beberapa gangguan yang mungkin terjadi.

Baca juga: Apa Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan?

Minyak Zaitun untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Banyak orang yang telah memanfaatkan minyak zaitun untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu. Hal ini dipercaya dapat menambah kelembutan dan ketahanan tubuh, sehingga tidak mudah mengalami gangguan. Rasa lembut dapat timbul pada rambut karena kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene di dalamnya yang dirangkum dalam emolien. Kandungan ini juga ditemukan pada beberapa kosmetik perawatan rambut.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa manfaat dari minyak zaitun untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Mengatasi Ketombe

Salah satu manfaat yang dapat kamu peroleh saat menggunakan minyak zaitun pada rambut adalah melembapkan rambut dan mengurangi iritasi kulit kepala. Hal tersebut dapat efektif mengurangi ketombe. Kamu dapat memijat bagian kepala, terutama kulit kepala agar mendapatkan manfaat tersebut. Lakukan selama 20 menit dan bilas rambut setelahnya dengan sampo.

  1. Melembapkan Rambut

Semua orang menginginkan rambut yang halus dan kuat sehingga tidak mengalami rambut rontok yang parah. Kandungan asam oleat dan asam palmitat dari minyak zaitun dapat mencegah terjadinya rambut kering. Minyak tersebut dapat memberi nutrisi lapisan luar rambut, sehingga lebih halus dan sehat. Agar mendapatkan manfaat ini, kamu dapat mengoleskan minyak zaitun ke rambut dan diamkan selama 15 menit, lalu cuci dan bilas rambut hingga tidak ada minyak tersisa.

Memang banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh saat menggunakan minyak zaitun untuk kesehatan tubuh. Jika kamu ingin tahu lebih jauh terkait manfaat lainnya dari minyak zaitun, dokter dari Halodoc dapat menjelaskannya. Kamu cukup hanya download aplikasi Halodoc di Google Play Store atau Apps Store untuk mendapatkan kemudahan tersebut!

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

  1. Pertumbuhan Rambut yang Lebih Cepat

Kamu juga dapat memanfaatkan minyak zaitun untuk mempercepat rambut agar lebih panjang. Kandungan vitamin E yang kaya pada minyak tersebut dapat merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini juga dapat menghilangkan penumpukan sebum di kulit kepala yang membuat folikel rambut tidak ada hambatan. Kamu dapat mengoleskannya ke seluruh rambut sambil memijat kulit kepala selama beberapa menit. Diamkan beberapa saat dan bersihkan rambut menggunakan sampo.

  1. Menghilangkan Kutu

Kutu rambut adalah salah satu gangguan yang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman karena gatal yang ditimbulkannya. Selain itu, kamu juga dapat mengalami iritasi pada kulit kepala karenanya. Jika ini terjadi, mulailah untuk memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasinya. Caranya adalah mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian kepala yang tumbuh rambut. Setelah itu, bungkus kepala selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu, bersihkan rambut dari sisa-sisa minyak zaitun dengan sampo dan lakukan sebanyak 2 kali seminggu hingga masalah teratasi.

Baca juga: Wow, Ternyata Minum Minyak Zaitun Itu Menyehatkan!

Itulah beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh saat memanfaatkan minyak zaitun untuk kesehatan rambut. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, kamu bisa lebih sering menggunakannya. Sehingga, kesehatan rambut tetap terjaga dengan baik.

Referensi:
NDTV. Diakses pada 2020. Olive Oil: Amazing Benefits of Olive Oil for Health, Hair, Skin & Its Wonderful Uses.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Use Olive Oil for Hair Care.