28 August 2018

Mata Juling Bisa Disembuhkan atau Tidak?

mata juling, mata juling bisa disembuhkan, kesehatan mata,juling

Halodoc, Jakarta – Mata juling atau yang sering dikenal dengan istilah strabismus adalah salah satu kelainan pada mata. Salah satu penyebab mata juling adalah karena adanya gangguan koordinasi otot penggerak bola mata. Beberapa pengidap memiliki mata juling sejak lahir, sedangkan beberapa lainnya mengidapnya saat menginjak usia remaja.

Biasanya, pada anak-anak mata juling dapat dipicu karena mata yang bekerja lebih berat dalam mengatasi penglihatan. Selain itu, beberapa penyakit seperti campak, diabetes, lumpuh otak, atau faktor genetik juga dapat menyebabkan mata juling pada anak-anak.

Baca juga: 4 Pertanyaan Seputar Mata Juling

Berbeda dengan penyebab mata juling pada anak-anak, orang dewasa yang mengalami cedera mata, cedera kepala, stroke, diabetes, dan botulisme juga dapat mengalami mata menjadi juling.

Mata juling bisa terjadi pada dua kondisi yang berbeda. Bisa terjadi secara horizontal yaitu satu bola mata mengarah ke dalam dan yang satu mengarah keluar. Ada juga mata juling yang terjadi secara vertikal. Kondisi tersebut membuat salah satu bola mata terlihat lebih tinggi dari bola mata yang lainnya.

Biasanya, mata juling tidak bersifat permanen. Mata juling akan terdeteksi saat seseorang sedang sakit, melamun, dan kelelahan.

Tidak perlu khawatir, kelainan mata juling nyatanya dapat disembuhkan dengan beberapa cara. Bisa dengan penggunaan kacamata hingga terapi mata. Dengan rutin melakukan hal-hal tersebut, mata juling bisa berkurang atau bahkan sembuh.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyembuhkan mata juling:

1. Menggunakan Kacamata

Dengan menggunakan kacamata, penderita mata juling akan lebih fokus dalam melihat objek tertentu.

2. Pemberian Obat

Biasanya, obat yang diberikan pada penderita mata juling adalah obat-obatan yang bisa membuat mata menjadi lebih relaks. Dengan memiliki mata yang lebih relaks, maka penglihatan pengidap akan bisa lebih fokus dan terhindar dari mata juling.

3. Olahraga Mata

Olahraga mata adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menyembuhkan mata juling. Beberapa olahraga mata yang bisa dilakukan adalah:

  • Push-up Pencil

Olahraga ini membutuhkan bantuan alat yang sebesar pensil. Kamu bisa meletakkan alat pada satu titik sejajar dengan mata. Kemudian, kamu bisa mencoba untuk melihat alat tersebut dengan kedua mata. Lakukan pergerakan pada alat seperti menjauhkan dan mendekatkan alat pada mata. Hal ini akan membuat mata kamu bisa lebih fokus dalam menangkap objek.

  • Brock String

Olahraga mata ini membutuhkan bantuan tali sepanjang 12-30 sentimeter dengan gantungan yang berwarna warni sebanyak 3 buah. Setiap gantungan harus diberikan jarak yang sama, kemudian tali yang sudah terpasang gantungan diletakkan di depan hidung. Lalu, kamu bisa melihat gantungan yang berbeda warna secara bergantian. Kegiatan ini juga akan membantu kamu untuk meningkatkan fokus penglihatan kamu.

4. Operasi Mata

Operasi mata untuk menyembuhkan mata juling nyatanya bisa dilakukan kapan saja. Baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Operasi dilakukan dengan tujuan untuk meluruskan dan memperbaiki otot mata.

Baca juga: Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata

Mengonsumsi makanan yang sehat untuk mata juga bisa kamu lakukan agar kesehatan mata kamu selalu terjaga. Jika kamu memiliki keluhan seputar kesehatan mata, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!