Memasang Pohon Natal Bisa Sehatkan Persendian?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
memasang-pohon-natal-bisa-sehatkan-persendian-halodoc

Halodoc, Jakarta – Hari Raya Natal sudah semakin dekat! Apakah kamu sudah memasang pohon natal di rumah? Selain sebagai dekorasi, memasang pohon natal juga dapat menyehatkan persendian, lho. Yuk, simak penjelasannya di sini.

Perayaan natal rasanya tidak lengkap tanpa memasang pohon natal. Menjelang Natal seperti sekarang ini, berbagai macam model pohon natal, dari yang kecil sampai besar, berwarna hijau atau putih, sudah bisa kamu temukan di toko-toko dekorasi. Tidak hanya dipasang di rumah, belakangan ini beberapa pusat perbelanjaan pun seolah-olah berlomba-lomba memasang pohon natal paling tinggi, paling besar dan paling indah. Pohon natal memang menjadi salah satu simbol Natal. Namun, sudah tahukah kamu sejarah di balik pohon natal?

Sekilas Tentang Asal Usul Pohon Natal

Tradisi memasang pohon natal ternyata sudah ada sejak ribuan tahun lalu, lho. Dilansir dari situs Christianity Today, orang-orang Roma menghias rumah mereka dengan pohon cemara menjelang Tahun Baru, sedangkan orang Eropa Utara kuno menebang pohon cemara dan memasangnya di dalam rumah selama musim dingin.

Tradisi tersebut tentunya tidak muncul begitu saja tanpa ada kisah dibaliknya. Hal ini bermula dari para misionaris Kristen yang menyebarkan agama Kristen ke Jerman dan sekitarnya. Mereka melakukan pendekatan dengan masyarakat dan budaya setempat, salah satunya dengan memasang pohon cemara di musim dingin. 

Pohon natal juga memiliki arti khusus. Pohon cemara yang merupakan jenis pohon yang digunakan sebagai pohon natal dianggap sebagai simbol kehidupan, karena pohon tersebut tetap hijau, bahkan di saat cuaca bersalju di musim dingin. Sementara bentuknya yang mengerucut ke atas dinilai cocok untuk menggambarkan kehidupan rohani yang mengarah kepada Tuhan. Bagi penganut agama Kristen, hiasan bintang yang terpasang di pucuk pohon natal secara khusus menyimbolkan pancaran sinar terang yang menuntun orang-orang kepada kelahiran Yesus Kristus di kandang domba.

Baca juga: 8 Hadiah Natal Unik Sekaligus Sehat

Manfaat Memasang Pohon Natal untuk Kesehatan Sendi

Memasang pohon natal juga merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk membangun kekuatan otot lho, terutama pada kaki yang juga baik untuk menjaga kesehatan sendi. Hal ini karena memasang pohon natal yang tinggi melibatkan gerakan, seperti berjongkok dan menekuk lutut saat kamu menaiki tangga untuk menggantung hiasan. Agar lebih maksimal, tidak ada salahnya bila kamu sekalian berolahraga saat memasang pohon natal. Lakukanlah kedua gerakan tersebut dengan ketentuan berikut:

  • Jongkok. Meskipun mungkin kamu tidak perlu sering-sering berjongkok saat memasang pohon natal, tetapi lakukanlah gerakan ini berulang kali. Berjongkoklah seperti kamu sedang duduk di kursi. Sejajarkan lutut dengan jari-jari kaki kamu dan tahan selama 15–30 detik.

Baca juga: Meski Sederhana, Olahraga Squat Ternyata Punya Banyak Manfaat

  • Menekuk lutut. Bila semua hiasan sudah selesai digantung, tidak ada salahnya bila kamu terus melanjutkan gerakan menekuk lutut dengan naik turun tangga. Tidak usah naik sampai ke tangga paling atas, cukup tekuk lutut kaki kanan pada 1 tangga kemudian naik, lalu balik turun lagi. Lakukan gerakan tersebut berulang kali, lalu ganti dengan kaki kiri.

Nah, itulah manfaat memasang pohon natal untuk kesehatan sendi. Jagalah kesehatan sendi dengan banyak bergerak dan berolahraga secara teratur, sehingga sendi-sendi kamu tetap kuat dan lincah untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Dapat Menyehatkan Tulang & Sendi

Bila kamu mengalami nyeri sendi, beli saja obat gel pereda nyeri sendi di Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Simple Exercises for Joint Health.