15 August 2018

Memilih Warna Foundation sesuai Jenis Kulit

jenis kulit, foundation, memilih warna foundation,makeup

Halodoc, Jakarta – Foundation yang tepat akan melengkapi riasanmu. Pasalnya, foundation dapat meratakan dan mencerahkan warna kulit, membuat makeup tahan lama, serta melindungi kulit dari paparan lingkungan. Sayangnya, pemakaian foundation yang tidak tepat dapat merusak tatanan makeup yang sudah diaplikasikan.

Lantas, bagaimana menemukan warna foundation yang sesuai dengan jenis kulit? Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum menentukan warna yang pas adalah menemukan foundation yang tepat. Biasanya, pelembap berwarna tidak menawarkan foundation yang memadai. Jika kulitmu cenderung berminyak dan kamu sering berada di lingkungan yang panas serta lembap, jenis foundation yang pas adalah yang bebas minyak.

Tips menemukan warna foundation yang tepat adalah mencocokkannya dengan area dadamu. Selain area dada, area paling pas untuk menentukan warna foundation yang tepat untuk digunakan adalah spot di bagian belakang tangan dan depan tangan. Baca juga: 8 Manfaat Selada untuk Kesehatan

Saat memeriksa warnanya, jauhkan pandanganmu dari pencahayaan. Cahaya yang terlampau terang akan mempersulitmu menemukan warna sebenarnya dari foundation tersebut. Setelah diaplikasikan, cobalah diamkan sejenak untuk melihat perubahan warna yang tampak setelah foundation terserap kulit. Mencampurkan dua warna justru akan membuat warna foundation lebih menyatu ke kulit.

Saat mengaplikasikan foundation, jangan lupa untuk menentukan titik garis pertemuan antara rahang dan leher. Pastikan kalau wajah dan lehermu memiliki warna serasi dengan memadukan foundation ke bagian atas leher juga.

Macam-macam Foundation

Foundation terdiri dari berbagai jenis, ada yang cream, mousse, tinted, compact, liquid, dan BB cream. Masing-masing jenis ini memiliki fungsi dan memaksimalkan penampilan dari sisi yang berbeda. Misalnya untuk yang jenisnya BB cream biasanya digunakan pada pagi hari, karena lebih ringan dan dapat menutupi noda ringan. Baca juga: 5 Hal Ini Bikin Makan Salad jadi Tidak Sehat

Untuk kulit wajah yang mulus dan halus tapi tidak terlihat kering, maka mousse foundation adalah pilihan yang tepat. Wajah akan terlihat alami secara ringan. Tinted moisturizer ini cocok digunakan untuk kamu dengan tipe kulit berminyak. Umumnya tinted moisturizer ini mengandung SPF, sehingga dapat melindungi kulit wajah dari sengatan matahari.

Kalau untuk compact, teksturnya lebih ringan dan bisa digunakan beberapa kali. Penyerapan minyaknya juga cukup baik. Liquid foundation memiliki hasil akhir yang lebih halus. Kalau wajahmu tipikal yang berpori-pori besar dan banyak noda, penggunaan tipe foundation seperti ini akan menutupi noda dan pori-pori besar di wajahmu secara total.
Foundation krim juga mampu menutupi noda, tapi teksturnya lebih pekat. Seringnya jenis ini diaplikasikan untuk makeup yang berat.

Kalau setelah mengaplikasikan foundation kamu belum mendapatkan hasil yang maksimal,  kamu bisa menambahkan concealer sebagai finishing. Concealer akan membantu kamu menutupi noda-noda pada wajah dan membuat wajah kamu tampak lebih mulus.

Pada akhirnya, penggunaan makeup termasuk foundation adalah salah satu cara untuk membuat wajah terlihat memukau dari luar. Ada baiknya kamu juga tidak mengabaikan perlindungan kulit dari dalam dengan mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, serta air putih untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai cara memilih warna foundation yang paling pas untuk jenis kulit serta tips seputar kecantikan dan hidup sehat lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.