• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mendongengkan Bayi Sebelum Tidur, Ini Manfaatnya

Mendongengkan Bayi Sebelum Tidur, Ini Manfaatnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Meski Si Kecil tak mengerti semua yang kita katakan atau bacakan, tapi membacakan buku cerita atau mendongengkan bayi memiliki banyak manfaat bagi dirinya. 

Sayangnya rutinitas mendongengkan anak sebelum tidur kini sudah mulai ditinggalkan para orangtua. Padahal, menurut berbagai riset mendongengkan anak memiliki berbagai keistimewaan untuk pertumbuhan dirinya. 

Nah, penasaran apa saja manfaat manfaat mendongengkan bayi atau anak sebelum tidur? 

  1. Membangun Ikatan 

Manfaat mendongengkan bayi bisa membangun ikatan antara ibu dan bayi. Mendongengkan bayi yang baru lahir merupakan kegiatan yang benar-benar bisa bermanfaat sebagai waktu khusus bersama Si Kecil. Menariknya lagi, ketika mendengar suara kita saat membacakan buku cerita, anak-anak akan merasa lebih tenang. 

Baca juga: Manfaat Baca Buku untuk Tumbuh Kembang Anak

Ada studi menarik lain dalam Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics. Ternyata Mendongengkan bayi ketika dirinya masih di ruang NICU, bisa membantu ibu untuk membangun keintiman atau ikatan, seperti layaknya hubungan antara ibu dan bayi yang terlahir dalam kondisi sehat. 

2. Merangsang Perkembangan Otak 

Manfaat mendongengkan bayi juga bisa membantu untuk merangsang perkembangan otaknya. Menurut penelitian, bayi atau newborn yang rutin didongengkan oleh ibunya, memiliki kosakata yang lebih baik, dan keterampilan matematika yang lebih baik di masa mendatang. 

Selain itu, mendongengkan bayi atau anak sebelum tidur bisa dijadikan cara untuk melatih kemampuan berpikirnya. Ketika ibu mendongengkan anak, anak akan belajar untuk memahami atau menghafal setiap kata yang ibu ucapkan. Nah, hal inilah yang nantinya bisa membuat anak memiliki wawasan yang lebih luas tentang banyak hal. 

3. Merangsang Kemampuan Berbicara

Ketika anak sudah berusia satu tahun, mereka akan mempelajari semua suara yang diperlukan untuk berbicara. Nah, semakin banyak cerita yang ibu baca dengan lantang, semakin banyak kata-kata yang akan didengar bayi. Hal inilah yang nantinya bisa membuat bayi lebih cepat berbicara. 

Mendongengkan bayi juga bisa membantu membangun kosa kata yang kaya di otak bayi. Anak-anak yang rutin didongengkan oleh orangtuanya hingga berusia dua tahun, lebih memiliki banyak kosakata dibandingkan mereka yang tidak pernah didongengkan oleh orangtuanya. 

Baca juga: 5 Cara Agar Anak Gemar Membaca

4. Melatih Respon Bayi

Meski belum bisa merespon rangsangan dengan kata-kata yang jelas, tetapi mendongengkan bayi bisa melatih responnya. Bayi bisa merespon suara ibu lewat gerakan tangan dan kakinya. Nah, respon dan rangsangan inilah yang bisa mengaktifan berbagai sel-sel saraf dalam otak bayi lebih cepat.

Dengan kata lain, sambil mendongengkan bayi, ibu juga bisa merangsang respon bayi. Agar respon bayi semakin baik, ibu bisa kok mengulang-ulang setiap kalimat. 

5. Merangsang Imajinasi dan Kreativitas

Mendongengkan bayi sebelum tidur juga baik untuk merangsang imajinasi dan kreativitasnya. Sebab saat mendengarkan cerita, ia akan berimajinasi mengenai alur cerita yang dibacakan oleh orangtuanya. Jika dibiasakan, hal ini akan mengajarkannya untuk berpikir cepat dan kreatif. Selain itu, membaca cerita sebelum tidur juga bisa meningkatkan IQ Si Kecil, termasuk mempertajam daya ingatnya (memori).

6. Mengasah Keterampilan Mendengar

Manfaat mendongengkan bayi juga bisa mengasah indera pendengarannya. Sebab untuk memahami isi dari buku yang didongengkan, ia harus mendengarkan cerita yang orangtuanya sampaikan. Hal inilah yang bisa mengasah kemampuan mendengar serta meningkatkan komunikasi yang baik antara orangtua dan anak.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Kidshealth.org. Diakses pada 2019. Reading Books to Babies.
Parents. Diakses pada 2019. The Benefits of Reading to Your Newborn.