26 December 2017

Mendorong Anak yang Pemalu untuk Tampil Ke Depan

Mendorong Anak yang Pemalu untuk Tampil Ke Depan

Halodoc, Jakarta – Si Kecil tiba-tiba tidak mau bernyanyi di acara sekolah, bahkan menolak tampil ke depan? Padahal ketika di rumah ia dapat bernyanyi dengan lancar dan tidak malu-malu. Kondisi anak yang seperti itu biasanya juga disebut dengan istilah “jago kandang”. Anak yang masih kecil wajar merasa malu, apalagi jika disuruh tampil di depan orang banyak. Sebagai orang tua, ibu bisa mendorong Si Kecil yang pemalu dengan cara-cara berikut:

Butuh keberanian yang cukup besar bagi seorang anak yang masih kecil untuk naik ke atas panggung dan tampil di depan orang banyak. Apalagi tidak semua anak lahir dengan karakter percaya diri dan menonjol. Biasanya anak akan merasa malu jika bertemu dengan orang yang baru saja dikenal, menghadapi situasi yang baru, dan tampil di depan orang banyak.

Si Pemalu atau Si Kurang PD

Untuk mendorong Si Kecil agar berani tampil di depan umum, pertama-tama ibu harus mengamati apakah Si Kecil tidak mau maju ke depan karena kurang percaya diri atau karena sifatnya yang pemalu. Anak yang kurang percaya diri biasanya tidak mau tampil hanya di saat-saat tertentu saja, misalnya seperti ketika Si Kecil kurang latihan atau kurang persiapan untuk tampil ke depan, atau saat Si Kecil melilhat penontonnya terlalu banyak. Lain lagi jika Si Kecil memang memiliki sifat yang pemalu. Maka ia akan selalu menarik diri di berbagai kesempatan karena malu. Ciri-ciri anak pemalu:

  • Pendiam atau tidak banyak berbicara
  • Selalu menghindari kontak mata saat diajak berbicara
  • Tidak aktif di kelas
  • Tidak mau bertanya atau minta tolong kepada orang lain
  • Mengamuk jika merasa cemas
  • Sering menggunakan alasan sakit agar tidak berhubungan dengan orang lain, misalnya ketika akan pergi sekolah

Bila anak tidak berani tampil ke depan karena kurang percaya diri, ibu dapat melakukan cara-cara berikut untuk mendorong Si Kecil agar PD maju ke depan:

  • Kenali Karakter Anak

Jika Si Kecil sudah memiliki tingkat kepercayaan diri yang cukup besar, akan lebih mudah bagi ibu untuk mendorongnya ikut dalam berbagai acara-acara pentas di sekolah. Ibu pun juga dapat mendorongnya untuk tampil di acara yang berskala lebih besar, misalnya kontes nyanyi di mall, penampilan drama di teater, dan lain-lain. Namun, jika Si Kecil belum terbiasa tampil di depan umum, maka ibu bisa melatihnya dengan mendorongnya tampil di depan anggota keluarga yang lain saat sedang ada acara keluarga.

  • Persiapan yang Matang

Beberapa minggu sebelum acara pertunjukkan yang diikuti oleh Si Kecil tiba, ibu bisa mempersiapkan diri Si Kecil dengan melatihnya secara rutin. Ibu dapat mengajarinya cara menyanyi yang benar, misalnya, dan memberi masukkan gerakan-gerakan yang bisa ia lakukan saat bernyanyi. Dengan persiapan yang matang, Si Kecil akan lebih percaya diri tampil ke depan.

  • Beri Kebebasan Anak Memilih Kostum

Biarkan anak memilih sendiri baju atau kostum yang ingin ia gunakan saat hari pertunjukkan, karena hal itu akan memengaruhi mood dan rasa percaya diri anak. Walaupun demikian, ibu tetap boleh memberikan saran kok baju yang mana yang bagus untuk dikenakan di acara pertunjukkan.

  • Datang Lebih Awal

Usahakan untuk datang beberapa jam lebih awal dari waktu pertunjukkan agar Si Kecil bisa beradaptasi dengan lokasi, suasana, dan banyaknya orang di sana.

  • Jangan Memaksa Anak

Jika tiba-tiba anak tidak mau maju ke depan, jangan memaksanya. Ikuti saja kemauannya, tapi tetap temani ia untuk menonton selama acara berlangsung. Biasanya lama kelamaan Si Kecil akan mau sendiri untuk bergabung dengan teman-temannya yang lain di atas panggung. Bila dibolehkan, ibu bisa mendampingi anak di atas panggung, atau menemaninya dari balik panggung.

  • Beri Pujian

Beri pujian kepada anak untuk hal apapun yang sudah ia coba lakukan, seperti keberaniannya, kelincahannya di atas panggung, senyumnya dan lain-lain.

Jika anak menunjukkan gejala-gejala gangguan kesehatan atau psikologis tertentu, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu dapat menghubungi dokter dan dengan nyaman berdiskusi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Selain itu, ibu bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.