Mengapa Harus Puasa sebelum Medical Check Up? Ini Alasannya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Mengapa Harus Puasa sebelum Medical Check Up? Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta - Kesehatan harus dijaga oleh setiap orang tanpa mengenal usia. Baik tua maupun muda perlu mencegah segala penyakit yang dapat mengganggu. Menjaga pola makan hingga menjalani gaya hidup yang sehat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan.

Baca juga: 3 Alasan untuk Medical Check Up Sebelum Tahun Baru

Tidak hanya itu, kamu juga perlu melakukan medical check up. Pemeriksaan menyeluruh ini diwajibkan bagi kamu yang telah memasuki usia 40 tahun. Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit yang dapat menyerang kesehatan. Dengan melakukan medical check up, segala penyakit dan gangguan pada kesehatan akan lebih mudah terdeteksi sejak dini.

Meskipun tidak diwajibkan, medical check up telah menjadi kebiasaan baru yang banyak mendatangkan dampak positif bagi kesehatan. Melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dengan rutin dapat menjaga kondisi tubuh yang tetap sehat seiring dengan pertambahan usia.

Puasa Sebelum Melakukan Medical Check Up

Sebelum melakukan medical check up, banyak persiapan yang perlu kamu lakukan. Selain memberikan informasi mengenai kesehatan, gaya hidup, dan obat-obatan yang dikonsumsi, umumnya, sebelumnya medical check up kamu diwajibkan untuk melakukan puasa.

Jika kamu diminta berpuasa sebelum melakukan medical check up, artinya kamu tidak diperbolehkan untuk makan, minum, dan merokok. Puasa diperlukan agar hasil dari pemeriksaan yang kamu jalani lebih akurat. Kalau kamu masih mengonsumsi beberapa makanan dan minuman ketika melakukan medical check up, dikhawatirkan makanan ataupun minuman yang dikonsumsi memengaruhi hasil pemeriksaan.

Lama puasa yang kamu jalani juga tergantung pada jenis pemeriksaan yang dilakukan. Namun umumnya, kamu harus berpuasa 10-12 jam sebelum melakukan pemeriksaan. Jika kamu hanya ingin memeriksa kadar glukosa dalam darah, dokter menganjurkan berpuasa selama 8 jam.

Baca juga: Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan, Ini Buktinya

Beberapa Pemeriksaan yang Mengharuskan Puasa

Tidak hanya pemeriksaan medical check up yang mengharuskan kamu berpuasa. Ketahui beberapa tes lainnya yang juga mewajibkan kamu untuk melakukan puasa, yaitu:

1. Gastroskopi

Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kondisi lambung. Biasanya, 6-8 jam sebelum pemeriksaan kamu dilarang untuk mengonsumsi apa pun. Hal ini dilakukan agar dokter dengan lebih mudah melihat kondisi isi lambung serta pendeteksian penyakit pada lambung.

2. Kolonoskopi

Pemeriksaan usus mewajibkan kamu hanya mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan air putih selama 2-3 hari sebelum pemeriksaan. Beberapa jam sebelum pemeriksaan, kamu diwajibkan berpuasa dan mengonsumsi obat pencahar.

3. Anestesi

Jika kamu akan melakukan pemeriksaan dengan pembiusan total atau umum, kamu memerlukan berpuasa beberapa jam sebelum pemeriksaan dilakukan.

Makanan yang Dapat Mengembalikan Energi dengan Cepat

Setelah pemeriksaan selesai, jangan lupa untuk segera mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat agar energi dapat dikembalikan dengan cepat. Kamu bisa mengonsumsi pisang dan juga ubi. Kandungan karbohidrat kompleks dalam kedua makanan tersebut mengembalikan energi dengan cepat dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Jangan ragu untuk bertanya informasi mengenai medical check up. Kamu bisa memilih dan membuat janji dengan dokter di rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan melalui Halodoc. Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play, ya!

Baca juga: Agar Selalu Sehat, Karyawan Kantoran Butuh Medical Check Up