21 May 2018

Mengapa Vagina Berdarah Saat Berhubungan Seksual?

Mengapa Vagina Berdarah Saat Berhubungan Seksual?

Halodoc, Jakarta — Kalau kamu mengalami vagina berdarah saat berhubungan seksual di luar masa menstruasi, kamu tidak perlu panik atau takut. Menurut dokter, vagina berdarah saat berhubungan seksual adalah hal yang sering terjadi, kok! Penyebabnya memang beragam tapi kebanyakan tidak berbahaya.

Meski begitu, kalau pendarahan berlanjut, Dr. Jennifer Shu, seorang ahli kesehatan di CNN Health Living Well, menyarankan supaya kamu periksakan kondisimu ke dokter. Yuk, cari tahu lebih banyak mengapa vagina bisa berdarah saat berhubungan seksual di artikel ini!

(Baca juga: Menggunakan Pelumas Saat Bercinta, Amankah?)

Penyebab Vagina Berdarah

Dr. Gary Glasser, seorang ahli kandungan dan kebidanan dari Atlanta, mengatakan bahwa vagina berdarah setelah berhubungan seksual, atau yang disebut post-coital bleeding tidak jarang terjadi. Sekitar 10% dari wanita pernah mengalaminya. Berita baiknya, kemungkinan munculnya kanker sebagai penyebab terjadinya pendarahan ini sangatlah kecil. Hanya satu diantara 1000 wanita yang mengalami pendarahan vagina ini yang ditemukan mengidap kanker.

Sumber darah tersebut mungkin datang dari vagina. Robekan kecil yang diakibatkan hubungan seksual bisa terjadi di umur berapapun, lho. Namun, robekan ini lebih sering terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopause. Keringnya vagina atau berkurangnya elastisitas vagina menyebabkan vagina robek saat berhubungan seksual.

Gejala Radang Serviks

Hal lain yang mungkin menyebabkan vagina berdarah saat berhubungan seksual adalah radang serviks atau leher rahim. Kondisi ini disebut juga sebagai erosi serviks dan umumnya terjadi pada wanita hamil, wanita muda dan mereka yang menggunakan alat kontrasepsi pil. Pendarahan ini bisa juga diakibatkan oleh polip serviks jinak. Polip serviks yang jinak dapat dengan mudah diangkat oleh dokter tanpa perlu operasi khusus, kok!

(Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Waspadai Gejala Kanker Serviks Ini)

Kalau kamu mengalami gejala-gejala tertentu atau masih penasaran mengenai penyebab vagina berdarah saat berhubungan seksual, kamu bisa langsung diskusikan kondisimu dengan dokter yang ada di aplikasi Halodoc. Diskusi bisa dilakukan melalui voice/video call dan chat. Jadi kamu tidak perlu ke mana-mana. Praktisnya lagi, kamu juga bisa membuat janji untuk pemeriksaan lab dan membeli produk kesehatan hanya melalui aplikasi ini. Pesananmu yang akan datang ke tempatmu. Nah, segera download aplikasinya di Google Play atau App Store, yuk!