Alami Batuk Kering, Ini 5 Cara untuk Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Alami Batuk Kering, Ini 5 Cara untuk Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Ada batuk berdahak, ada pula batuk kering yang bisa menyerang siapa saja. Batuk kering merupakan batuk yang tak menghasilkan lendir atau dahak. Ada banyak hal yang bisa memicu batuk kering, mulai dari flu, merokok, hingga gangguan medis tertentu.

Nah, lalu bagaimana sih cara mengatasi batuk kering? Faktanya dari kedua jenis batuk (berdahak dan kering), hanya obat batuk berdahak yang banyak di jual bebas. Lantas, adakah bahan alami untuk meredakan batuk kering?

Baca juga: Beda Penyebab Batuk Berdahak dan Batuk Kering

1. Air Garam

Cara mengatasi batuk kering bisa dengan berkumur air garam. Cara tradisional ini diduga bisa meredakan tenggorokan gatal yang menjadi penyebab batuk. Caranya simpel kok, campurkan seperempat hingga setengah sendok teh garam dengan 250 mililiter  air hangat.

Namun, sebaiknya jangan melakukan cara ini pada anak di bawah usia enam tahun. Alasannya simpel, sebab kemungkinan mereka belum dapat berkumur dengan baik.

2. Madu

Madu memang menyimpan berbagai keistimewaan bagi kesehatan, salah satunya untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meredakan batuk kering secara lebih efektif ketimbang obat yang mengandung dextromethorphan. Zat inilah yang bisa menekan rasa batuk.

Lalu, bagaimana cara menggunakan madu untuk mengatasi batuk kering? Mudah kok, campurkan dua sendok teh madu dengan teh atau air hangat dan lemon. Selain cara ini, kita juga bisa memakan langsung satu sendok madu atau menjadikannya sebagai selai pada roti tawar.

3. Jahe

Dalam beberapa kasus, batuk kering juga bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung dan radang tenggorokan karena flu. Nah, jahe bisa menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi kondisi ini. Alasannya, jahe diduga bisa mengurangi gejala berlebihnya asam lambung dan meredakan gejala flu. Meski begitu, efektivitas tanaman herbal ini secara klinis untuk mengatasi batuk masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca juga: 7 Jenis Batuk yang Perlu Diketahui

4. Nanas

Nanas juga bisa digunakan untuk meredakan batuk kering. Buah ini mengandung bromelain yang diduga mampu melancarkan saluran pernapasan dan membantu mengurangi batuk kering. Akan tetapi, sampai kini belum ada bukti medis yang bisa membuktikan dugaan tersebut.

5. Obat Medis

Andaikan batuk kering semakin membandel dan sulit diatasi, tak ada salahnya untuk mengonsumsi obat-obatan. Obat golongan antitusif merupakan salah satu pilihan obat untuk mengatasi batuk kering.

Awasi Penyebab Batuk

Gatal pada tenggorokan biasanya menjadi tanda awal dari sakit batuk. Selain gatal, seringkali batuk juga disertai dengan radang sehingga membuat tenggorokan terasa sakit saat menelan. Lalu, hal apa saja sih yang bisa memicu batuk kering atau berdahak?

Batuk sebagian besar disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan akibat virus. Namun, batuk juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Penyakit jangka panjang yang kambuh, misalnya asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) atau bronkitis kronis.

  • Asma.

  • Flu.

  • Merokok.

  • Terpapar polusi.

  • Rinitis alergi, misalnya alergi terhadap serbuk sari (hay fever).

  • GERD. Penyakit ini menyebabkan asam lambung.

Nah, andaikan batuk kering tak kunjung mereda atau semakin parah, cobalah diskusikan langsung dengan dokter. Di samping itu, kamu bisa kok melakukan pemeriksaan dan membuat janji dengan dokter pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc lho. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!