Mengidap Radang Sendi, Konsumsi 6 Makanan Ini

Mengidap Radang Sendi, Konsumsi 6 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta - Ketika terserang suatu penyakit, selain meresepkan obat, dokter akan mewanti agar mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk menunjang kesembuhan, serta yang menjadi pantangan. Begitu pula bagi pengidap radang sendi. Selain pengobatan, ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, untuk mempercepat pemulihan atau sekadar mengurangi nyeri.

Dalam medis, radang sendi (arthritis) ada banyak jenisnya. Seperti rheumatoid arthritis, osteoarthritis, dan psoriatic arthritis. Bukan hanya obat, ternyata diperlukan juga makanan jenis tertentu untuk meredam peradangan ini. Lantas apa saja makanan yang dianjurkan bagi pengidap radang sendi?

1. Ikan

Ikan nyatanya baik bagi sendi dan bisa mencegah peradangan, apalagi ikan dengan asam lemak omega 3. Selain itu, omega 3 juga menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Konsumsilah ikan setidaknya 2 minggu sekali. Jenis ikan yang direkomendasikan adalah ikan yang kaya omega 3 seperti ikan tuna, ikan salmon, dan juga makarel segar.

Baca juga: Bukan Hanya Orangtua, Anak Muda Juga Bisa Terserang Radang Sendi

2. Kacang Kedelai dan Olahannya

Jika bukan penyuka ikan, untuk meredam keparahan peradangan, kamu bisa mencari solusi lain salah satunya dengan kacang kedelai. Kacang kedelai juga merupakan zat yang meningkatkan kekuatan antiradang, rendah lemak, serta tinggi protein dan serat.

Manfaat baik dari kacang kedelai juga bisa didapatkan dari produk-produk olahannya seperti tahu, tempe, dan susu kedelai. Agar lebih sehat lagi, olah kedelai, tahu, ataupun tempe dengan cara direbus atau dipanggang.

3. Bawang

Bawang seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, mengandung komponen diallyl disulphide yang diyakini dapat menghambat aktivitas enzim yang berperan dalam kerusakan tulang rawan.

4. Buah Tinggi Vitamin C

Buah yang tinggi vitamin C seperti jeruk, anggur, dan limau merupakan sumber vitamin C yang baik. Buah-buahan ini dapat membantu dalam proses terjadinya radang sendi, dan juga menjaga kondisi sendi yang sehat dari osteoarthritis.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Radang Sendi dan Pegal Linu

5. Teh Hijau

Antioksidan polifenol yang terkandung di dalam teh hijau diyakini dapat mengurangi peradangan sendi dan memperlambat kerusakan tulang rawan. Selain itu, antioksidan EGCG (epigallocatechin-3-gallate) juga dapat menghambat produksi molekul penyebab kerusakan sendi pada kasus rheumatoid arthritis.

6. Bumbu Rempah

Jahe dan kunyit mengandung komponen kurkumin, yang dapat menghambat enzim dan protein pemicu radang. Cengkeh mengandung zat eugenol yang bersifat anti-radang.

Jenis Makanan yang Perlu Dibatasi

Setelah menyimak berbagai makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, pengidap radang sendi juga perlu memperhatikan beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan. Berikut di antaranya:

1. Gorengan dan Makanan Olahan

Mengurangi gorengan dan makanan olahan dapat mengurangi jumlah peradangan yang terjadi dalam tubuh, dan benar-benar membantu memulihkan pertahanan alami dalam tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi jumlah makanan digoreng dan diproses supaya tidak membuat sendi makin meradang dan sakit.

2. Makanan Tinggi Gula

Jumlah gula yang tinggi dalam makanan sehari-hari dapat menghasilkan peningkatan AGEs, yaitu zat yang bisa meningkatkan peradangan pada sendi jika jumlahnya terlampau banyak. Agar radang sendi tak sering kambuh, tekan produksi zat AGEs dalam tubuh dengan menghindari makanan manis dan bergula tinggi.

Baca juga: Pegawai Kantoran Rentan Terkena Radang Sendi

3. Susu dan Produknya

Produk susu dapat memicu juga nyeri sendi, karena jenis protein yang ada dalam susu. Bagi beberapa orang, jenis protein ini dapat mengiritasi jaringan di sekitar sendi mereka. Itulah sebabnya banyak pengidap radang sendi yang melakukan diet vegan atau vegetarian untuk mengurangi pemicu nyeri ini juga. Selain itu, produk dari hewani ini biasanya mengandung lemak jenuh yang tinggi. Kandungan inilah yang bisa memperparah keadaan radang sendi.

Itulah sedikit penjelasan tentang makanan untuk pengidap radang sendi. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!