Mengidap Tinea Pedis, Ketahui 3 Cara Pengobatannya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Mengidap Tinea Pedis, Ketahui 3 Cara Pengobatannya

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya perhatikan jika kamu mengalami gatal-gatal pada area sela-sela jari kaki atau telapak kaki. Jangan-jangan kamu mengidap tinea pedis atau dikenal sebagai penyakit kutu air.

Tinea pedis adalah penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi jamur pada kaki. Ada beberapa jenis jamur yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit tinea pedis seperti trichophyton rubrum, T. Interdigitale, dan epidermophyton floccosum. Nyatanya, jamur penyebab tinea pedis dapat hidup pada kondisi yang hangat dan lembap.

Baca juga: Waspada Pengidap Diabetes Terkena Penyakit Tinea Pedis

Meskipun infeksi jamur lebih banyak menyerang bagian kaki, jika tidak ditangani dengan baik nyatanya dapat menyebar pada bagian tubuh lainnya. Pengidap tinea pedis akan merasakan hal seperti rasa gatal yang disertai nyeri dan panas yang berlebihan pada sela-sela jari kaki dan telapak kaki, kulit terasa sangat kering, dan sedikit mengelupas pada area yang terinfeksi. Perubahan juga terlihat pada kuku yang mengalami perubahan warna, kulit sekitar kuku menebal dan kuku menjadi rapuh.

Tidak ada salahnya untuk menghindari beberapa faktor yang meningkatkan seseorang mengalami kutu air atau tertular penyakit yang dikenal juga dengan athlete’s foot, seperti:

  1. Tidak menjaga kebersihan kaki.

  2. Malas mengganti kaos kaki.

  3. Membiarkan kaki berkeringat atau basah dalam waktu lama.

  4. Tidak menggunakan alas kaki ketika menggunakan kamar mandi umum.

Baca juga: Perhatikan Cara Mencegah Tinea Pedis

Pengobatan Tinea Pedis

Tinea pedis yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti penyakit pada kuku maupun penyakit kulit bagian lainnya. Berikut pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati tinea pedis:

1. Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan bisa menjadi cara untuk mengobati kondisi tinea pedis atau kutu air. Kamu bisa gunakan krim antijamur yang mengandung clotrimazole dan miconazole dengan rutin agar kutu air segera hilang.

2. Menjaga Kebersihan Kaki

Cara menurunkan risiko kondisi yang semakin parah adalah menjaga kebersihan kaki. Selalu rutin mencuci kaki dengan menggunakan sabun antiseptik. Selain itu, gunakan sepatu yang berpori-pori atau tidak terlalu tertutup dan jaga kaki agar tetap kering. Hindari kaki yang lembap karena memperparah kondisi infeksi jamur. Berganti kaos kaki setiap hari menjadi cara untuk meringankan kondisi infeksi.

3. Menggunakan Bahan Alami

Selain menggunakan obat antijamur, gunakan bahan-bahan alami untuk mengobati masalah kutu air pada kulit kaki kamu. Berikut ini bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai pengobatan:

  • Larutan Cuka

Cuka diyakini bisa mengurangi jamur pada kaki karena memiliki kandungan asam asetat didalamnya. Gunakan cuka yang dicampur dengan air hangat untuk merendam kaki yang mengalami infeksi jamur.

  • Singkong

Singkong bisa menjadi obat alami untuk kutu air. Kandungan sianida pada singkong dapat menyingkirkan bakteri dan jamur penyebab tinea pedis. Caranya, gunakan daging singkong yang telah dihaluskan sebagai masker pada kaki. Setelah kering, bersihkan kaki dengan air hangat. Jangan lupa untuk mengeringkan kaki.

  • Teh

Teh memiliki manfaat untuk mengobati kutu air. Teh memiliki kandungan antiseptik dan antioksidan alami yang efektif untuk membunuh jamur kutu air. Gunakan air teh untuk merendam kaki yang terinfeksi jamur.

Sebaiknya segera hubungi dokter ketika kondisi infeksi semakin parah. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi ini. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga:  Bahaya Kutu Air yang Bikin Kaki “Nggak” Nyaman