11 October 2018

Miss V Menghitam dan Gatal, Ternyata Ini Penyebabnya

Miss V Menghitam dan Gatal, Ternyata Ini Penyebabnya

Halodoc, Jakarta - Warna Miss V yang hitam tentu membuat kaum hawa merasa kurang percaya diri, terutama ketika sedang berhubungan intim. Namun, tidak hanya menghitam, masalah Miss V lain yang juga tak kalah mengganggu adalah gatal. Tahukah kamu, apa sebenarnya yang menjadi penyebab dua hal tersebut?

Pertama-tama, mari bahas soal Miss V yang menghitam. Ada 2 faktor yang dapat menjadi penyebab dari gelapnya warna Miss V, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang datang dari dalam tubuh, yaitu adanya kadar pigmen kulit yang lebih tinggi di area Miss V, dikarenakan banyaknya pembuluh darah di area tersebut. Hal ini adalah hal yang wajar dan memang merupakan hal yang bersifat lahiriah.

Sementara faktor eksternal merupakan faktor yang datang dari luar tubuh. Artinya, warna Miss V menjadi gelap karena ada hal dari luar atau kebiasaan salah yang selama ini kamu lakukan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Sering Mencukur Bulu Miss V

Kamu sering mencukur bulu di area Miss V? Mungkin itulah yang membuat Miss V-mu menghitam. Tidak hanya pada area genital, mencukur memang merupakan kegiatan yang dapat membuat kulit menghitam. Terlebih jika kamu tidak memperhatikan cara mencukur yang benar. Bukan cuma menghitam, bahaya iritasi bisa saja mengintai.

2. Kegemukan

Orang gemuk lebih cenderung memiliki Miss V yang hitam, benarkah demikian? Ya, tumpukan lemak pada area paha dan selangkangan akan membuat area kulit di sekitar Miss V menghitam, akibat gesekan-gesekan saat beraktivitas.

3. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, ada banyak hormon dan kondisi fisik yang tentunya berubah. Termasuk dalam hal warna kulit di sekitar organ intim. Ini adalah hal yang wajar dan dapat terjadi pada setiap wanita.

4. Menggunakan Celana Dalam Terlalu Ketat

Celana dalam yang terlalu ketat dapat membuat sirkulasi di area Miss V menjadi terhambat. Akibatnya, kulit di area ini pun akan jadi menghitam.

Penyebab Miss V Gatal

Setelah membahas tentang apa saja yang dapat membuat Miss V menghitam, berikut beberapa hal yang menjadi penyebab Miss V gatal:

1. Bacterial Vaginosis (BV)

Salah satu penyebab umum dari timbulnya rasa gatal pada Miss V adalah karena bacterial vaginosis (BV), yang dipicu oleh adanya ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat, serta perubahan pH pada organ intim. Selain gatal, BV dapat menyebabkan keluarnya keputihan yang bertekstur cair, berwarna putih agak kuning, dan bau amis.

2. Infeksi Jamur

Tidak hanya bakteri, penyebab area genital wanita terasa gatal juga datang dari jamur jenis vaginal candidiasis (jamur vagina). Sama seperti BV, infeksi jamur juga disebabkan karena adanya ketidakseimbangan bakteri dan pH, yang juga dapat dipicu oleh kebiasaan buruk seperti kurang menjaga kebersihan organ intim.

3. Alergi terhadap Suatu Produk

Rasa gatal pada area Miss V juga dapat disebabkan karena penggunaan produk-produk yang tidak cocok dengan pH atau jenis kulit. Gatal yang disebabkan oleh hal ini juga dalam dunia medis dikenal dengan nama dermatitis kontak.

Oleh karena itu, cobalah untuk membiasakan diri melihat adakah reaksi yang timbul saat mencoba suatu produk baru pada Miss V. Jika muncul reaksi alergi seperti gatal yang disertai gejala lain seperti munculnya ruam kemerahan, segera hentikan pemakaian, dan berkonsultasilah dengan dokter.

Tidak perlu repot, sekarang diskusi dengan dokter dapat dilakukan mudah lho. Dengan fitur Contact Doctor pada aplikasi Halodoc misalnya, kamu bisa melakukan diskusi dengan dokter spesialis apapun yang kamu inginkan, lewat Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat secara online, kapan dan di mana saja, hanya dengan men-download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Google Play Store.

Baca juga: