Mudik Lebaran Tiba, Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Ini

Mudik Lebaran Tiba, Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi akan tiba. Perjalanan mudik sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh masyarakat untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Perjalanan beratus-ratus kilometer ditempuh oleh para pemudik menggunakan bermacam-macam transportasi, mulai dari kereta, mobil, kapal, hingga pesawat dengan tujuan untuk berkumpul dengan keluarga pada hari raya.

Baca juga: 5 Hal yang Enggak Boleh Dilupakan saat Mudik

Banyak persiapan yang akan dilakukan, salah satunya mempersiapkan kesehatan yang merupakan salah satu faktor penting dalam perjalanan mudik. Nah, sebaiknya lakukan tips berikut agar kamu tetap sehat saat perjalanan mudik hingga Hari Raya Idul Fitri nanti.

1. Lakukan Persiapan yang Matang

Lakukan persiapan yang matang sebelum kamu melakukan perjalanan mudik. Persiapkan kondisi kendaraan yang digunakan untuk perjalanan mudik. Jika kamu menggunakan moda transportasi umum, sebaiknya pilih kendaraan yang kamu rasa nyaman untuk perjalanan mudik nanti. Istirahat yang cukup sebelum kamu melakukan perjalanan mudik agar tetap sehat dan bugar setelah sampai di kampung halaman.

2. Perhatikan Makanan yang Kamu Konsumsi

Sebaiknya dalam perjalanan ke kampung halaman, penuhi asupan nutrisi dan gizi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Siapkan bekal sehat untuk perjalanan mudik. Bekal makanan yang kamu bawa juga tidak boleh sembarangan.

Perhatikan asupan untuk membantu kamu menjaga kesehatan selama perjalanan. Kamu bisa membawa roti sebagai pengganti nasi. Roti menjadi camilan sehat karena mengandung karbohidrat cukup tinggi. Selain itu, buah-buahan bisa kamu jadikan penambah nutrisi. Selain kaya manfaat, mengonsumsi buah dapat menjaga tubuh tetap prima selama perjalanan.

Baca juga: Camilan Sehat Saat Mudik, Apa Saja?

3. Istirahat Jika Lelah

Sebaiknya ketika kamu merasa lelah sebaiknya beristirahat. Jika kamu membawa kendaraan, tidak ada salahnya meluangkan waktu beberapa saat untuk beristirahat. Selain untuk menjaga kesehatan, beristirahat ketika merasa lelah nyatanya sangat baik untuk keselamatan kamu selama perjalanan.

4. Perhatikan Asupan Cairan

Selain makanan, perhatikan juga asupan cairan yang kamu konsumsi. Saat mudik, tubuh akan lebih banyak terpapar polusi sebaiknya cukupi kebutuhan cairan agar racun yang masuk dalam tubuh dapat dengan mudah dihilangkan.

Selain itu, jika kamu menyetir ketika mudik, mengonsumsi cukup cairan baik untuk membantu konsentrasi ketika menyetir. Hal yang paling penting adalah mencukupi kebutuhan cairan pada saat mudik untuk menghindari dehidrasi. Kamu juga bisa memanfaatkan buah-buahan yang memiliki kandungan air cukup tinggi untuk menghindari kondisi dehidrasi selama perjalanan mudik.

5. Sediakan Obat-obatan Pribadi

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan obat-obatan selama perjalanan mudik. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan ringan seperti obat anti mabuk perjalanan, obat flu, obat sakit kepala dan obat untuk mencegah masuk angin. Selain itu, jika kamu memiliki penyakit yang mengharuskan kamu mengonsumsi obat secara teratur sebaiknya jangan lupa untuk dibawa ketika perjalanan mudik.

6.Konsumsi Suplemen atau Vitamin Kesehatan

Vitamin penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Kamu bisa konsumsi vitamin C selama perjalanan agar kesehatan terjaga. Vitamin C juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan tenggorokan kamu.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan untuk menyambut tradisi mudik. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter selama perjalanan mudik. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Jangan Ditinggal, 5 Benda Wajib yang Dibawa Saat Mudik