Musim Penghujan, Cegah Flu dengan 4 Makanan Ini 

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Musim Penghujan, Cegah Flu dengan 4 Makanan Ini 

Halodoc, Jakarta – Musim penghujan tiba. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi musim dengan udara dingin tersebut, salah satunya mempersiapkan kondisi fisik dan kesehatan. Pasalnya, ada banyak jenis gangguan kesehatan alias penyakit yang bisa menyerang saat musim hujan, terutama pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah.

Salah satu penyakit yang rentan menyerang saat musim penghujan adalah flu. Banyak orang yang sering menganggap bahwa flu sama dengan batuk pilek biasa, padahal kedua penyakit ini berbeda. Flu atau influenza merupakan penyakit yang terjadi karena adanya infeksi virus pada hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Pengidap penyakit ini mungkin mengalami gejala berupa demam, sakit kepala, hidung tersumbat, pilek, serta batuk. 

Baca juga: 4 Kebiasaan Sederhana untuk Mengatasi Flu

Makanan untuk Mencegah Flu 

Flu dan batuk pilek memiliki gejala yang serupa, tetapi kedua kondisi tersebut disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Gejala flu biasanya akan lebih parah serta menyerang secara mendadak. Kabar buruknya, flu merupakan jenis penyakit yang mudah menular dari satu orang ke orang lain. Penularan bisa terjadi melalui udara, yaitu saat seseorang secara tidak sengaja menghirup percikan air liur pengidap flu. 

Penyebab utama penyakit ini adalah infeksi virus influenza. Namun, flu juga rentan menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh alias imunitas rendah. Maka dari itu, cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga sistem kekebalan tetap baik, salah satunya dengan konsumsi makanan tertentu, seperti: 

1. Yogurt

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kamu perlu memastikan bahwa usus dan sistem pencernaan juga terjaga. Tak dapat dimungkiri, sehat atau tidaknya seseorang tergantung pada makanan yang dikonsumsi. Selain itu, ternyata 70 persen dari sistem imunitas seseorang “bersarang” pada usus dan sistem pencernaan. Yogurt menjadi jenis makanan yang disarankan untuk mencegah serangan flu. Sebab, makanan ini mengandung bakteri baik alias probiotik yang baik untuk memelihara kesehatan usus dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Baca juga: Tanpa Minum Obat, Redakan Flu Bisa dengan 4 Makanan Sehat Berikut

2. Ikan Salmon 

Cobalah untuk memasukkan ikan salmon pada menu makan siang saat musim hujan tiba. Kandungan omega-3 yang banyak pada ikan salmon bisa membantu mencegah serangan flu. Makanan ini berperan sebagai anti-inflamasi alias anti peradangan. Dengan demikian, infeksi virus penyebab flu tidak bisa dengan mudah menyerang tubuh. 

3. Teh Panas 

Secangkir teh panas menjadi teman yang pas saat hujan turun. Tidak hanya itu, konsumsi teh panas nyatanya bisa membantu mencegah flu menyerang. Kamu bisa memilih jenis teh yang baik, misalnya teh hijau. Jenis teh ini memiliki kandungan polyphenols, yaitu jenis antioksidan yang baik untuk tubuh dan bisa melindungi dari serangan penyakit. 

4. Brokoli

Bingung mau konsumsi sayur apa saat musim hujan? Coba perbanyak brokoli. Selain menyehatkan, jenis sayuran yang satu ini juga ampuh mencegah penyakit flu. Brokoli banyak mengandung serat dan vitamin C. Konsumsi satu cangkir brokoli disebut bisa memenuhi hampir 100 persen kebutuhan vitamin C tubuh. 

Baca juga: Sakit Flu Tak Kunjung Sembuh, Perlukah ke Dokter Spesialis?

Kalau punya masalah kesehatan atau mengalami gejala flu saat musim hujan, coba tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips memilih obat terbaik dari dokter terpercaya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:                                                                                                                                        
Good Housekeeping. Diakses pada 2019. The 15 Best Foods to Eat When You Have the Flu.
The Daily Meal. Diakses pada 2019. Eat the Flu Away with These Immune-Boosting Foods.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Influenza (Flu).