30 August 2018

Orang Bisa Kena PTSD Tanpa Disadari

PTSD, gangguan kecemasan, gejala PTSD

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan adalah hal yang cukup penting dalam kehidupan. Tidak hanya kesehatan fisik saja, kesehatan mental nyatanya juga perlu diperhatikan. Hal ini agar kamu terhindar dari Post Traumatic Stress Disorder atau yang biasa dikenal dengan istilah PTSD.

PTSD adalah gangguan stres pasca trauma yang dipicu akibat kejadian tragis yang pernah disaksikan atau bahkan dialami sendiri. PTSD termasuk dalam kategori gangguan kecemasan yang membuat penderitanya tidak bisa melupakan kejadian traumatis tersebut. Hal ini membuat penderita selalu memiliki pikiran yang negatif terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan sekitar.

Gejala Penderita PTSD

Biasanya, gejala PTSD akan mengganggu kehidupan sehari-hari, khususnya jika penderita harus berhubungan dengan orang lain. Selain itu, gejala PTSD pada tiap pengidap berbeda-beda. Ada yang mengalami sesaat setelah kejadian yang cukup mengganggu, ada berminggu-minggu, bahkan ada yang mengalaminya berbulan-bulan setelah kejadian. Ada beberapa gejala yang bisa dideteksi dari pengidap PTSD:

1. Ingatan yang Mengganggu

Biasanya ketika pengidap selalu mengingat kejadian traumatis, dia akan mengalami mimpi buruk secara terus-menerus mengenai kejadian tersebut.

2. Kecenderungan Menolak Sesuatu yang Berhubungan dengan Kejadian

Biasanya saat seseorang mengalami PTSD, dia akan menolak saat akan diajak untuk membicarakan masalah tersebut. Tidak hanya membicarakan kejadian yang membuatnya traumatik, bahkan hanya sekadar untuk datang ke lokasi kejadian pun dia akan menolaknya. Kondisi tersebut disebabkan karena suasana mencekam dan buruk masih sangat terasa baginya.

3. Berubahnya Pola Pikir

Biasanya, pengidap PTSD akan menjadi pribadi yang lebih tertutup dibandingkan sebelum kejadian. Selain itu, penderita akan memiliki pandangan negatif terhadap dirinya sendiri, orang lain, maupun lingkungannya.

4. Merasa Putus Asa

Orang dengan gejala PTSD akan merasakan putus asa dan tidak memiliki harapan untuk masa depannya.

5. Emosi yang Mudah Berubah

Pengidap PTSD biasanya akan mengalami perubahan emosi, baik itu menjadi mudah marah atau mudah senang. Selain itu, pengidap juga akan sulit berkonsentrasi, selalu merasa tidak aman, memiliki sifat waspada yang berlebihan, mudah terkejut, mudah takut, serta mengalami insomnia atau sulit tidur.

Pengobatan bagi Penderita PTSD

Beberapa pengidap akan mengalami proses penyembuhan secara alami. Namun, beberapa pengidap memerlukan pengobatan khusus untuk menangani kasus PTSD ini. Pengobatan bisa dilakukan dengan kombinasi terapi psikologis dan pemberian obat. Metode ini diharapkan bisa mengatasi gejala dan masalah yang dialami oleh pengidap PTSD.

Banyak terapi psikologis yang bisa dilakukan oleh penderita PTSD:

1. Terapi Perilaku Kognitif

Terapi ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh pengidap. Caranya adalah dengan mengubah cara berpikir dan juga cara bertindak pengidap setiap menyikapi ingatan atau masalah yang berhubungan dengan kejadian di masa lalu.

2. Terapi Penyingkapan

Terapi ini bertujuan untuk membantu pengidap menghadapi keadaan setelah mengalami peristiwa traumatis.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental kamu. Melakukan hal-hal yang menyenangkan dan menenangkan diri adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental. Jika kamu memiliki masalah mengenai mental, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc kamu bisa bertanya pada psikiater atau psikolog melalui Voice/Video Call atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: