01 December 2017

Orang Tua Cerai Gara-Gara Pelakor, Ini 3 Dampaknya Pada Anak

Orang Tua Cerai Gara-Gara Pelakor, Ini 3 Dampaknya Pada Anak

Halodoc, Jakarta - Saat ini istilah pelakor tak bisa dipisahkan dari masalah rumah tangga. Pelakor adalah sebutan untuk seorang wanita yang dicurigai menjadi perusak rumah tangga seseorang.

Sejauh ini, kehadiran orang ketiga adalah alasan yang paling sering menjadi alasan di balik sebuah perceraian. Meski tidak semua  perpisahan terjadi karena orang ketiga, namun yang pasti perceraian pasti akan menimbulkan luka. Tak hanya pada orang tua yang bercerai, perpisahan juga bisa sangat berdampak pada anak, lho. 

1. Melukai Hati

Perceraian orang tua dapat membuat hati anak terluka. Bahkan rasa kecewa ini mungkin akan dibawa hingga dewasa dan membuat anak trauma. Dampak yang terjadi pada setiap anak bisa berbeda-beda, tergantung usia, alasan perceraian, dan kepribadian anak.

2. Penurunan Akademik

Anak juga bisa mengalami penurunan nilai di sekolah. Perceraian bisa membuat anak tertekan dan merasa sendirian. Hal itu yang kemudian membuat anak sulit fokus dan tak lagi memiliki semangat untuk bersekolah.

3. Gangguan psikologi

Gangguan psikologis mungkin akan terjadi pada anak yang harus menghadapi perceraian orang tuanya. Wajar jika anak merasa kaget, sedih, cemas, marah, atau bingung pada saat yang bersamaan. Anak tentu akan tertekan, bahkan dapat membuatnya kesulitan dalam bersosialisasi. Anak akan semakin menjauh dari pergaulan yang akan membuatnya benar-benar kesepian.

Jika perceraian adalah satu-satunya jalan, pastikan orangtua tidak mengurangi  perhatian pada anak. Perhatikan dan sampaikan masalah kesehatan anak pada dokter di Halodoc. Bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Bisa membeli produk kesehatan juga. Yuk, download Halodoc sekarang!