Pacaran Lama, Ini 6 Tanda Si Dia Benar Belahan Jiwa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Pacaran Lama, Ini 6 Tanda Si Dia Benar Belahan Jiwa

Halodoc, Jakarta – Percaya atau tidak, di dunia ini kamu bisa menemukan 10–20 orang yang terasa, seperti “satu-satunya” atau orang spesial dalam hidup. Itu membuat kamu merasa ingin menjalin hubungan romantis dan menghabiskan waktu bersama dengan orang spesial tersebut. Tapi ternyata, tidak semua orang yang cocok dan terasa spesial bisa menjadi teman hidup.

Konsep itu dikenal dengan sebutan soulmate alias belahan jiwa. Sederhananya, belahan jiwa adalah orang yang sangat cocok dengan kamu dan hanya untuk kamu. Dia mungkin juga merasakan kecocokan yang sama dengan orang lain, namun saat bersama kamu, rasa cocok tersebut terasa berbeda dan benar-benar membuat nyaman. Dan ternyata, memiliki seseorang yang bisa diajak berbagi dalam hubungan romantis, tidak selalu berarti bahwa Si Dia adalah belahan jiwa.

Baca juga: Tetap Harmonis Meskipun Sedang Long Distance Marriage

Setelah lama menjalin kisah kasih dengan pacar, tentu setiap pasangan berharap bahwa dia adalah belahan jiwanya. Daripada penasaran, yuk cek tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Si Dia adalah belahan jiwa. Apa saja?

1. Perasaan dan Keyakinan yang Kuat

Banyak ahli yang menyebut bahwa saat kamu menemukan seseorang yang paling tepat, kamu akan memiliki perasaan dan keyakinan yang kuat bahwa dia adalah belahan jiwa. Perasaan tersebut mungkin saja tidak pasti dan meragukan, namun percayalah pada naluri, karena nyatanya hal itu cukup berpengaruh dalam menentukan pasangan. Memang, kamu tidak boleh hanya mengandalkan naluri saat memilih pasangan, namun kamu tetap perlu memiliki kepercayaan yang kuat di dalam hati.

2. Waktu yang Tepat

Seorang belahan jiwa biasanya akan datang pada waktu yang tepat. Tapi kembali lagi, setiap orang memiliki “timing” alias waktu yang berbeda-beda. Bisa saja, belahan jiwa kamu datang di tengah keterpurukan setelah sebuah perpisahan atau bisa saja dia datang di saat kamu memang sedang menantikannya. Intinya, tanda bahwa seseorang adalah belahan jiwa adalah kamu dan dia merasa berada di tempat yang sama, baik dari sisi komitmen, cara melihat dunia, hingga hal-hal lain,  termasuk yang paling sepele.

Baca juga: Pria Diniliai Lebih Romantis Ketimbang Wanita, Benarkah?

3. Super Nyaman saat Bersama

Nyatanya, semua orang akan lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan orang yang bisa memberi rasa nyaman. Tapi lagi-lagi, ada banyak orang di dunia ini yang bisa memberi rasa nyaman. Namun, seorang soulmate akan mampu membuat kamu merasa nyaman tanpa memaksa dan tanpa harus mengubah apapun. Kamu bisa menjadi diri sendiri saat bersama belahan jiwa.

4. Bisa Mengimbangi Emosinya

Meluapkan emosi, entah perasaan senang maupun marah adalah hal yang wajar pada manusia. Nah, salah satu tanda bahwa pasangan adalah belahan jiwa, kamu bisa membaca dan mengerti emosi yang sedang dirasakan meski dia tidak mengatakan apapun. Hal itu disebut sebagai intuisi pasangan. Pasalnya, merasa terhubung secara emosional adalah bagian penting dari hubungan yang sehat.

5. Pandangan dan Tujuan yang Sama

Bukan tidak mungkin, kamu dan pasangan memiliki latar belakang dan pergaulan yang berbeda. Dan hal itu nyatanya bisa memengaruhi pola komunikasi dan hubungan yang dijalani. Tapi, seorang belahan jiwa biasanya bisa membuat perbedaan tersebut tidak terasa. Kamu dan dia juga tetap akan memiliki pandangan dan tujuan yang sama dalam menjalani hubungan.

6. Kehadirannya Berarti

Tanda bahwa seseorang adalah belahan jiwa adalah, kehadirannya sangat berarti dan menambah nilai dalam hidup. Kamu mungkin sudah terbiasa menjalani hari-hari yang menyenangkan serta luar biasa, dan kehadirannya membuat semua hal itu terasa semakin lengkap.

Baca juga: Hanya Butuh Ini Agar Hubungan Bersama Pasangan Sehat & Langgeng

Agar kesehatan kamu dan pasangan lebih terjaga, ngobrol sama dokter di aplikasi Halodoc saja! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Sampaikan keluhan seputar kesehatan dan dapatkan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!