03 October 2018

Pengantin Baru, Intip Tips Cepat Hamil Ini

Pengantin Baru, Intip Tips Cepat Hamil Ini

Halodoc, Jakarta – Segera hamil dan memiliki keturunan merupakan keinginan sebagian besar pasangan yang baru menikah. Anak memang sering dianggap sebagai pelengkap keluarga. Namun, kenyataannya semua pasangan memiliki peluang yang berbeda-beda untuk dapat segera mendapatkan momongan.

Ada banyak hal yang memengaruhi peluang hamil seorang wanita, tetapi yang paling utama adalah kesuburan. Namun jangan khawatir, kamu dan pasangan bisa mencoba untuk melakukan beberapa cara dalam meningkatkan peluang hamil segera setelah menikah. Hal yang perlu diketahui adalah setiap wanita memiliki peluang hamil sebanyak 15–25 persen dalam setiap bulan. Peluang itu akan menjadi lebih besar jika hubungan intim dilakukan pada masa subur wanita, yaitu saat ovarium melepaskan sel telur alias ovulasi.

Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi normal, ovulasi terjadi sekitar 14 hari setelah hari haid pertama. Kehamilan lebih mungkin terjadi jika sperma membuahi sel telur dalam masa ovulasi ini. Namun, bukan berarti kehamilan tidak bisa terjadi jika hubungan intim dilakukan di luar masa tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan peluang hamil adalah dengan meningkatkan kesuburan. Selain itu, apalagi tips cepat hamil bagi para pengantin baru?

1. Jadwalkan Hubungan Intim

Berita buruknya, siklus yang terjadi pada tubuh tidak melulu berproses dengan tepat waktu seperti mesin. Artinya, masa ovulasi mungkin mengalami pergeseran karena beberapa faktor, termasuk stres dan olahraga secara berlebihan. Maka dari itu, bagi pengantin baru yang ingin segera hamil, sebaiknya jadwalkanlah hubungan intim dan lakukan secara teratur.

Kamu dan pasangan bisa melakukan hubungan intim dengan teratur, setidaknya 3–4 kali dalam satu minggu. Tidak hanya untuk wanita, pria juga disarankan untuk selalu menjaga dan meningkatkan kesuburan sebelum membuahi. Dengan demikian, peluang hamil pun akan lebih meningkat.

2. Konsumsi Asam Folat

Wanita yang sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk banyak mengonsumsi asam folat, bisa didapat dari makanan maupun dalam bentuk tablet. Asam folat adalah zat yang penting untuk perkembangan janin, tetapi wanita disarankan untuk mulai mengonsumsinya sejak merencanakan kehamilan hingga tiga bulan awal kehamilan.

3. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Salah satu yang harus diubah jika saat merencanakan kehamilan adalah gaya hidup. Jika sebelumnya kamu menjalani hidup yang sembarangan, mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan seimbang dan rutin berolahraga.

Kamu dan pasangan bisa mencoba untuk melakukan olahraga bersama, menghabiskan waktu lebih banyak, dan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Kamu dan pasangan juga bisa saling mengingatkan untuk menerapkan pola hidup sehat, sehingga hal ini akan terasa lebih mudah untuk dijalani.

4. Hindari Kebiasaan Buruk

Nyatanya, ada beberapa kebiasaan tertentu yang bisa menurunkan peluang seorang wanita untuk segera hamil. Misalnya, kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol secara berlebihan, dan terlalu banyak asupan kafein ke dalam tubuh.

Nah, agar segera hamil maka sebaiknya kamu dan pasangan mulai menerapkan pola hidup sehat dan menjauhi kebiasaan-kebiasaan tersebut. Selain itu, mulai melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui apakah ada kondisi tertentu yang menyebabkan sulit hamil.

Jika ragu, kamu bisa bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc seputar program kehamilan terbaik. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips cepat hamil dan rekomendasi gaya hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: