Penting Untuk Tubuh, Ini 6 Fungsi Karbohidrat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Penting Untuk Tubuh, Ini 6 Fungsi Karbohidrat

Halodoc, Jakarta - Karbohidrat adalah jenis makronutrien yang secara alami ditemukan dalam makanan. Kandungan ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu gula, pati, dan serat. Beberapa orang beranggapan karbohidrat tidak banyak bermanfaat untuk tubuh, padahal sebaliknya. Nutrisi satu ini adalah bagian paling penting dari diet sehat.

Bentuk dari karbohidrat bisa berupa sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana berupa gula dan nasi putih. Dibandingkan dengan karbohidrat kompleks, tubuh lebih mudah memecah karbohidrat sederhana. Ini artinya, karbohidrat sederhana baik untuk sumber energi cepat.

Meski begitu, konsumsi karbohidrat sederhana banyak dampak negatif bagi kesehatan, karena menyebabkan gula darah melonjak. Jadi, apa saja sebenarnya fungsi karbohidrat itu?

  • Sumber Energi

Saat karbohidrat dicerna, mereka berubah menjadi glukosa. Zat tersebut adalah sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat sederhana memberikan asupan energi dalam waktu singkat, sementara karbohidrat kompleks memberikan energi dalam jangka waktu yang lebih lama karena pelepasan gula ke aliran darah membutuhkan waktu lama.

Baca juga: Kebutuhan Asupan Karbohidrat Saat Sahur Berbeda dengan Buka Puasa, Kok Bisa?

  • Memaksimalkan Fungsi Otak

Glukosa yang berasal dari karbohidrat penting untuk fungsi tubuh, tak terkecuali dengan fungsi otak. Pasalnya, otak menggunakan energi tubuh sebesar 20 persen, besaran yang lebih tinggi dibandingkan organ tubuh lainnya.

  • Mengurangi Risiko Penyakit

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat sederhana atau olahan memiliki efek negatif pada kesehatan jantung, tetapi karbohidrat lain sebenarnya dapat mengurangi risiko penyakit. Karbohidrat kompleks, terutama serat, dikaitkan dengan kadar kolesterol yang rendah. Selain itu, juga dikaitkan dengan risiko diabetes rendah karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

  • Mengendalikan Berat Badan

Fungsi glukosa adalah membantu mengendalikan berat badan. Karbohidrat kompleks membuat kamu merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama karena tubuh memecah gula secara perlahan. Ini artinya, konsumsi karbohidrat kompleks membantu mengendalikan berat badan, terutama jenis gandum utuh dan serat.

Baca juga: Tak Selalu Dihindari, Diabetes Pun Butuh Karbo

  • Menyehatkan Pencernaan

Konsumsi karbohidrat dalam bentuk serat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Serat mengurangi sembelit karena membuat feses lebih lunak. Hal ini juga membantu meringankan diare dengan membantu menguatkan feses. Dengan pembuangan tubuh yang efektif, serat juga mencegah perut kembung. Diet tinggi serat mengurangi risiko terjadinya penyakit usus besar tertentu, seperti divertikulitis.

  • Membantu Menjaga Otot

Mendapatkan cukup asupan karbohidrat melalui diet menjaga otot-otot. Ketika glukosa langsung tidak tersedia dan karbohidrat yang disimpan telah habis, tubuh akan memecah protein dalam serat otot untuk dikonversi menjadi gula dalam proses yang dikenal sebagai glukoneogenesis.

Meski ini membantu memenuhi kebutuhan energi, cara ini tidak terlalu disukai oleh tubuh. Oleh karena itu, jika kamu melakukan diet karbohidrat, kerusakan otot karena digunakan sebagai asupan cadangan energi dapat mengurangi kekuatan otot.

Baca juga: Kenalan dengan Diet LCHF yang Tidak Menyiksa

Itu tadi beberapa fungsi karbohidrat untuk tubuh yang perlu kamu tahu. Jadi, kamu perlu selalu bertanya pada dokter jika ingin melakukan diet, terutama diet karbohidrat. Sebenarnya, kamu perlu olahraga dan pintar memilih makanan, tanpa harus mengurangi jumlah karbohidrat yang masuk ke tubuh.

Nah, jika kamu ingin lebih mudah dalam bertanya pada dokter, kamu bisa download aplikasi Halodoc di ponsel kamu. Lalu, pilih layanan Tanya Dokter. Jika kamu ingin beli vitamin dan obat, aplikasi Halodoc juga bisa kamu pakai, kok!