04 December 2018

Pentingnya Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan

Pentingnya Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan

Halodoc, Jakarta - Otak manusia mempunyai banyak fungsi, salah satunya yaitu untuk berpikir. Dua bagian otak, yaitu otak kiri dan kanan mempunyai fungsi yang berbeda. Otak manusia adalah organ yang paling kompleks pada manusia. Selain itu, fungsi maksimal dari otak juga masih dieksplorasi oleh para ilmuwan.

Salah satu faktor yang penting yang berkontribusi pada kepribadian seseorang adalah keseimbangan antara belahan otak kiri dan kanan. Selain itu, seseorang yang otak kiri dan kanan mengalami keseimbangan dapat memberikan manfaat lebih untuk pemiliknya. Kesimpulannya adalah seseorang yang dapat menyeimbangkan antara otak kiri dan kanan dapat meningkatkan kecerdasannya.

Seseorang dengan otak kiri dan kanan yang seimbang dapat mempunyai kemampuan dan keterampilan yang lebih dari orang biasanya. Dengan begitu, ia pun akan terlihat lebih unggul dibanding orang-orang lainnya terutama pada anak-anak. Hal ini akan meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak, sehingga kelak menjadi seseorang yang kreatif dan dependen.

Otak manusia terdiri dari otak kiri dan kanan. Otak kiri bersifat akademik, yaitu berhubungan dengan kemampuan berbicara, kemampuan mengolah tata bahasa, mengingat, logika, angka, dan analisis. Selain itu, otak kanan mempunyai hubungan dengan perkembangan hal-hal yang sifatnya kreatif, artistik, perasaan, irama musik, imajinasi, sosialisasi, dan pengembangan diri.

Disebutkan apabila otak kiri adalah pengendali Intelligence Quotient (IQ) dan otak kanan sebagai pengendali Emotional Quotient (EQ) pada seseorang. Keduanya merupakan hal yang penting, karena itu harus seimbang agar dapat memaksimalkan kemampuan dari otak. Apabila hanya terfokus pada salah satu otak, bagian lainnya akan terhambat sehingga peningkatannya menjadi lambat.

Jika anak hanya dipacu pada otak kirinya saja, ia akan minim kreativitas dan imajinasi akan suatu hal. Jika hanya fokus pada otak kanan, anak akan lambat dalam berpikir logis, menghitung, dan menganalisis suatu hal yang penting pada kehidupannya sehari-hari.

Cara untuk Menyeimbangkan Otak Kiri dan Kanan

Disebutkan bahwa wanita lebih menggunakan otak kanan, sedangkan pria lebih menggunakan otak kiri. Hal ini sebenarnya tidak selalu benar. Walau begitu, ilmuwan mengakui apabila kebanyakan orang lebih menggunakan satu sisi otak dibandingkan keduanya.

Apabila hanya menggunakan satu bagian otak secara berlebihan, ketidakseimbangan pun dapat terjadi. Karena itu, kedua bagian otak sebaiknya dilatih agar dapat bekerja secara maksimal. Cara memaksimalkan kedua belah otak adalah dengan:

  1. Minum Banyak Air

Air sangat penting untuk tubuh dan otak. Air sangat penting untuk pengembangan jaringan saraf, sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif, seperti ingatan, imajinasi, dan pikiran. Selalu simpan sebotol air di dekat kamu dan minumlah sepanjang hari meskipun kamu tidak haus.

  1. Pernapasan Perut

Letakkan tangan kamu di perut lalu hembuskan udara tersebut. Setelah itu, istirahat sejenak hingga udara di paru-paru habis. Lalu, tarik napas dalam-dalam hingga perut menyerupai balon. Ulangi hal tersebut sebanyak tiga kali. Kegiatan ini dapat meningkatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh, membuat sistem saraf pusat relaks, dan meningkatkan energi pada tubuh.

  1. Menggambar Simetris

Cara ini dilakukan dengan menggunakan dua pensil yang berbeda warna lalu pegang di kedua tangan. Lalu, gambarlah dua gambar simetris secara bersamaan dengan kedua tangan pada selembar kertas. Latihan ini dapat membantu untuk menyeimbangkan kedua otak tersebut, serta meningkatkan koordinasi mata dan motorik.

  1. Tangan dan Lutut Menyentuh Bersilangan

Kamu dalam posisi berdiri dan lutut disentuh oleh tangan yang berlawanan arah. Lalu, lanjutkan latihan tersebut sebanyak 4-8 set latihan. Latihan ini dapat menyeimbangkan dua bagian otak, meningkatkan kemampuan menulis, membaca, dan menghafal.

Itu lah pentingnya keseimbangan otak kiri dan kanan. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal keseimbangan otak, kamu dapat bertanya dengan dokter dari Halodoc. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: