Eksim di Kelopak Mata, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Eksim di Kelopak Mata, Apa Penyebabnya?

Halodoc, Jakarta – Eksim adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kesehatan di mana terjadi reaksi peradangan pada kulit. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal, ruam merah, kulit terasa kering, lenting, kulit menebal dan keras, serta perubahan warna pada kulit. Eksim bisa terjadi di beberapa bagian tubuh, salah satunya kelopak mata. Lantas, apa penyebab kondisi ini terjadi pada kulit?

Baca juga: Jangan Sepelekan, Ini 5 Penyebab Eksim

Kulit merupakan organ terluar yang bertugas melindungi tubuh dari serangan bakteri atau zat berbahaya lainnya. Selain itu, kulit juga dipenuhi sel-sel khusus dari sistem kekebalan tubuh, yaitu sel yang berfungsi untuk melindungi kulit dan tubuh dari virus atau bakteri. Saat sel-sel khusus ini mendeteksi bahaya, kulit akan menimbulkan reaksi berupa peradangan, salah satunya dengan menimbulkan eksim.

Pada dasarnya, eksim bukan kondisi yang bisa menular. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gejala yang khas, yaitu muncul rasa gatal yang menjadi lebih parah di malam hari, kemerahan pada kulit, serta muncul tanda peradangan yaitu bercak abu-abu kecokelatan di tangan, kaki, leher, dada bagian atas, wajah, kulit kepala, di dalam lekuk siku dan lutut, serta di kelopak mata. Dengan kata lain, sangat wajar jika eksim muncul di kelopak mata dan hal itu terjadi karena ada gangguan pada kesehatan kulit.

Sayangnya, hingga kini belum diketahui apa yang menjadi penyebab eksim bisa muncul. Namun, hal ini sering dikaitkan dengan faktor genetik dan lingkungan. Selain itu, munculnya eksim juga diyakini berhubungan dengan respon sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif terhadap alergen atau iritan. Dan eksim muncul sebagai respon kulit terhadap hal tersebut.

Kondisi ini seringnya ditemui pada anak-anak, dan bisa berlanjut hingga ia dewasa. Gejala eksim bisa membaik atau malah semakin parah seiring berjalannya waktu. Eksim atau peradangan pada kulit biasanya adalah jenis penyakit yang terjadi dalam jangka panjang.

Baca juga: 6 Cara Merawat Eksim Atopik

Menangani Eksim yang Muncul di Kelopak Mata

Eksim bisa muncul di kulit kelopak mata, serta di kulit lain pada tubuh. Meski belum diketahui penyebabnya, kebanyakan orang yang mengidap gangguan kesehatan kulit ini juga memiliki bakteri Staphylococcus aureus di kulit. Jenis bakteri ini bisa menyebabkan masalah dan berkembang biak dengan sangat cepat.

Ada beberapa faktor yang bisa memperparah kondisi ini, mulai dari kulit yang kering, menggaruk kulit, serangan tungau, serta keringat. Perubahan panas dan kelembapan kulit juga bisa memperparah kondisi.

Eksim yang masih bersifat ringan bisa ditangani sendiri di rumah. Untuk mengatasi rasa gatal dan meringankan peradangan yang terjadi, ada 3 perawatan sederhana yang bisa dilakukan.

  • Pelembap Kulit

Untuk mengatasi masalah pada kulit, kamu bisa mencoba untuk menggunakan pelembap kulit secara rutin, misalnya setiap selesai mandi. Biasakan untuk mengoleskan pelembap pada tangan, kaki, lengan, punggung, dan bagian tubuh lain yang membutuhkan.

  • Kompres

Hindari menggaruk kelopak mata yang gatal dan memiliki eksim. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengompres bagian kulit yang meradang dengan kain atau handuk yang sudah dibasahi air dingin.

  • Pakaian yang Sesuai

Saat eksim muncul di bagian tubuh, seperti lengan dan dada bagian atas, kamu harus menyesuaikan pakaian yang dikenakan. Hal itu bertujuan agar gejala tidak semakin buruk. Cobalah kenakan pakaian berbahan katun dan bertekstur halus.

Baca juga: Eksim, Penyakit Kulit Menahun yang Ganggu Penampilan

Jika gejala eksim tidak kunjung membaik, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Kamu bisa mencari dan memilih rumah sakit terdekat sesuai kebutuhan di aplikasi Halodoc. Membuat janji temu dengan dokter pun menjadi lebih mudah. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!