13 March 2019

Penyebab Remaja Rentan Terkena Komedo

komedo

Halodoc, Jakarta - Komedo merupakan kotoran yang muncul ketika pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati ini bisa bereaksi terhadap oksigen, sehingga komedo berubah warna menjadi hitam. Namun, jika kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat ini menutup, sel kulit mati tidak akan bereaksi dengan oksigen dan komedo akan berwarna putih.

Komedo tidak menyebabkan rasa sakit, kecuali jika komedo mengalami infeksi. Nah, infeksi ini yang menyebabkan kulit bengkak dan kemerahan, serta muncul jerawat. Kondisi kulit satu ini juga rentan menyerang remaja. Berikut ini penyebab mengapa remaja rentan terkena komedo.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Komedo

Remaja Rentan Mengalami Komedo, Ini Beberapa Penyebabnya

Komedo awalnya berwarna putih, hingga permukaan pori-pori terbuka dan terpapar udara kotor yang menjadikannya berubah warna menjadi hitam. Inilah beberapa penyebab mengapa remaja sering kali mengalami komedo pada wajahnya:

  1. Pengaruh makeup. Terlalu banyak mengaplikasikan makeup untuk melapisi kulit wajah akan menyebabkan masalah kulit ini. Kondisi ini terjadi karena penggunaan makeup yang berlebihan bisa mengganggu kebebasan kulit untuk bernapas.
  2. Produksi minyak yang berlebih. Kulit berminyak pada remaja bisa memicu timbulnya komedo pada area hidung dan area wajah lainnya yang berminyak. Saat wajah terasa lengket akibat minyak yang berlebih, maka kotoran akan lebih mudah menempel dan pori-pori lebih mudah tersumbat . Hal ini yang menyebabkan jerawat dan komedo.
  3. Stres yang berlebihan. Stres juga bisa menjadi pemicu yang membuat kesehatan kulit kamu terganggu. Stres secara signifikan dapat merusak keindahan kulit dan bisa menyebabkan komedo pada wajah.
  4. Kurang mengonsumsi air putih. Air putih berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan kulitmu dari dalam. Dengan mengonsumsi air putih secara rutin, kelembapan kulit akan terjaga. Dengan begitu, masalah kulit pun dapat teratasi dengan baik.
  5. Udara yang kurang baik. Debu dan polusi juga memberikan pengaruh negatif pada kulit kamu. Jika wajah langsung terpapar sinar matahari, komedo dan jerawat akan muncul di area wajah kamu.

Komedo bukan hanya dialami oleh remaja saja, tapi juga saat seorang wanita sedang menstruasi, menggunakan pil KB, dan hamil. Beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan timbulnya komedo adalah banyak mengeluarkan keringat, bercukur yang dapat membuat folikel rambut terbuka, dan pemakaian obat steroid.

Baca juga: 6 Penyebab Komedo yang Perlu Diketahui

Sebelum Mengalaminya, Berikut Ini Cara Pencegahan Komedo

Karena komedo terjadi karena adanya sumbatan pada pori-pori kulit, maka kulit harus selalu terjaga kebersihannya. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan kulit, yaitu:

  1. Keramas setiap hari, apalagi jika kamu memiliki tipe rambut yang berminyak.
  2. Cuci muka secara teratur sebelum dan setelah bangun tidur.
  3. Menjaga kebersihan kuku dan tangan untuk menghindari berpindahnya kotoran dari tangan dan kuku ke permukaan kulit wajah.
  4. Hindari makanan tinggi lemak untuk mengurangi produksi minyak pada kulit.
  5. Gunakan produk perawatan kulit yang tidak mengandung minyak.
  6. Gunakan produk perawatan kulit untuk mengangkat sel kulit mati.

Baca juga: 6 Tips Menghilangkan Komedo dengan Mudah

Dengan menjaga kebersihan sehari-hari sebenarnya kamu sudah bisa mencegah munculnya komedo. Apakah kamu punya pertanyaan lain tentang kesehatan kulit? Jika iya, Halodoc bisa jadi solusinya. Di aplikasi Halodoc, kamu bisa berdiskusi langsung dengan dokter kulit mengenai masalah kulit yang sedang kamu alami. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!