• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perempuan Susah Orgasme, Ini 11 Alasannya 

Perempuan Susah Orgasme, Ini 11 Alasannya 

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Nyatanya, tidak semua perempuan disebut bisa mencapai “puncak” saat berhubungan intim. Orgasme pada perempuan sering dianggap sebagai hal yang langka. Ternyata, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab perempuan susah orgasme, mulai dari faktor usia, masalah kesehatan, kondisi psikologis, pasangan, hingga trauma masa lalu.

Ada studi yang menyebut bahwa 50 persen perempuan tidak bisa mencapai orgasme dalam seks intercourse bersama pasangan. Menariknya, kebanyakan perempuan justru bisa mencapai orgasme saat masturbasi. Kenapa seorang perempuan mengalami kesulitan dalam orgasme? Simak pembahasannya pada artikel berikut ini! 

Baca juga: 7 Hal Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Hubungan Intim

Faktor Perempuan Susah Orgasme 

Ada banyak hal yang mungkin bisa menjadi penyebab perempuan sulit mencapai orgasme. Pada kebanyakan kasus, susah orgasme berkaitan dengan penurunan hasrat seksual, nyeri saat berhubungan intim, merasa diri tidak menarik, tidak tertarik pada pasangan, masalah psikologi, kondisi kesehatan, hingga kejadian traumatis yang pernah dialami sebelumnya. 

Sejumlah ilmuwan dari Department of Psychology, Valparaiso University, melakukan penelitian untuk melihat apa yang menjadi penyebab perempuan susah orgasme. Penelitian tersebut melibatkan perempuan yang sulit orgasme dan merasa sedih dengan hal itu, perempuan susah orgasme, tetapi tidak terlalu memikirkan, serta perempuan yang tidak kesulitan untuk mencapai orgasme.

Hasilnya, ada 11 hal yang bisa menjadi alasan seorang perempuan susah orgasme:   

  1. Merasa tidak memiliki ketertarikan secara seksual dengan pasangan. 
  2. Merasa pasangan tidak tertarik untuk melakukan hubungan seksual.
  3. Tidak bisa menikmati saat melakukan hubungan intim dengan pasangan. 
  4. Pasangan terlihat tidak menikmati hubungan intim bersama.
  5. Kurang rangsangan sebelum atau selama melakukan hubungan intim. 
  6. Tidak memiliki gairah seksual yang cukup tinggi.
  7. Tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan hubungan intim. 
  8. Muncul rasa nyeri atau sakit saat penetrasi.
  9. Merasa tidak menarik, biasanya berhubungan dengan bentuk tubuh atau bagian-bagian tertentu.
  10. Sedang mengalami stres atau tekanan, sehingga sulit untuk mencapai orgasme.
  11. Pengobatan atau kondisi kesehatan dianggap menjadi hal yang menurunkan hasrat seksual, sehingga tidak bisa mencapai orgasme.

Baca juga: Sakit Kepala Muncul Saat Orgasme, Apa Penyebabnya?

Dari semua alasan tersebut, stres atau perasaan tertekan menjadi alasan paling banyak yang membuat perempuan susah orgasme. Di urutan kedua dan ketiga, alasannya adalah kurang “rangsangan” sebelum berhubungan intim dan tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan hal tersebut bersama pasangan. Selain itu, ada beberapa kasus yang muncul secara bersamaan, misalnya tengah stres dan kurang rangsangan sebelum berhubungan. 

Tips untuk Mencapai Orgasme 

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar perempuan bisa mencapai orgasme, yang pertama adalah menemukan titik yang tepat. Pastikan untuk memberi rangsangan pada klitoris. Selain itu, membangun suasana romantis sebelum hubungan intim dimulai ternyata juga bisa membantu. Tidak ada salahnya untuk meminta pasangan melakukan hal tersebut. 

Jika susah orgasme pada wanita sudah dirasa sangat mengganggu, bahkan membuat hubungan menjadi tidak nyaman, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Kamu dan pasangan bisa pergi menemui ahli dan untuk menanyakan hal-hal yang mungkin menyebabkan hal ini. Atau, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc sebagai permulaan. 

Baca juga: Postcoital Dysphoria Bikin Kaum Hawa Menangis Setelah Hubungan Intim

Sampaikan kondisi yang dialami dan keluhan dasar pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2019. Women's Attributions Regarding Why They Have Difficulty Reaching Orgasm.
Psychology Today. Diakses pada 2019. 11 Reasons Why Many Women Might Not Have Orgasms.
Huff Post. Diakses pada 2019. Here's What Sex Therapists Tell Women Who Have Trouble Orgasming.