Perkembangan Janin Usia 16 Minggu

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Perkembangan Janin Usia 16 Minggu

Halodoc, Jakarta – Setiap orangtua tentunya ingin agar bayi yang sedang dikandung bisa bertumbuh dengan sehat dan sempurna. Itulah mengapa menyimak perkembangan janin setiap minggunya sangat penting agar ibu juga bisa memantau kondisi janin. Kini, usia kehamilan ibu sudah memasuki minggu ke-16, yang artinya ibu sudah memasuki trimester kedua masa kehamilan. Yuk, simak apa saja perkembangan yang dialami oleh janin di usia 16 minggu di sini. 

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 17 Minggu

Pada minggu keenambelas usia kehamilan, ukuran janin ibu kira-kira sudah sebesar buah alpukat dengan panjang badan dari kepala sampai kaki sekitar 12 sentimeter, dan berat badan sekitar 100 gram. Bila ibu menjalani pemeriksaan USG di minggu ini, maka ibu bisa melihat wajah Si Kecil yang sudah ditumbuhi oleh alis dan bulu mata. Otot-otot di punggung dan wajahnya pun juga semakin kuat.

Si Kecil sekarang sudah bisa menahan kepalanya dengan lurus. Janin ibu juga sudah bisa membuat beberapa ekspresi di wajahnya, seperti mengernyitkan dahi, menyipitkan mata atau cemberut.

Tidak hanya itu, kelopak mata janini kini sudah bisa mendeteksi cahaya yang ada di luar perut ibu. Dengan tulang kecil yang tumbuh di telinga janin, pendengarannya pun sekarang sudah jauh lebih berkembang.

Saat ini mungkin Si Kecil sudah mulai menemukan mainan barunya, yaitu tali pusatnya sendiri yang membentang di hadapannya. Si Kecil yang tumbuh di dalam cairan ketuban pun menghirup dan menghembuskan napas berupa cairan, bukan udara. Cairan inilah yang akan melindunginya dan membantunya untuk tumbuh dan berkembang sampai akhirnya ia siap dilahirkan nantinya.

Perubahan dalam Tubuh Ibu pada Usia 16 Minggu Kehamilan

Kabar yang paling menggembirakan di minggu ke-16 usia kehamilan ini adalah ibu sudah bisa merasakan tendangan Si Kecil, lho. Bila ibu merasakan ada pergolakan di dalam perut, mungkin saja itu artinya Si Kecil sedang menendang di dalam perut ibu. Meskipun tiap ibu bisa merasakan hal ini di waktu yang berbeda-beda, namun biasanya tendangan pertama Si Kecil terjadi di antara minggu ke-16 sampai minggu ke-20.

Jangan bayangkan ibu akan merasakan tendangan yang kuat dari sang buah hati. Tendangan pertama janin justru biasanya sangat lemah, hingga mungkin ibu akan salah mengira bahwa itu adalah gejala dari masalah pencernaan, terutama bila ini adalah kehamilan pertama.

Baca juga: Ini Fakta Tendangan Bayi dalam Kandungan

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 17 Minggu

Gejala Kehamilan di Usia 16 Minggu

Seiring janin yang semakin berkembang, berikut gejala-gejala kehamilan yang bisa ibu rasakan di minggu keenambelas:

  • Walaupun hanya sedikit, namun ibu sudah bisa merasakan pergerakan Si Kecil di dalam perut di minggu ini.

  • Pertumbuhan janin yang semakin besar mungkin akan menekan paru-paru ibu, sehingga menyebabkan ibu akan sedikit kesulitan bernapas.

  • Rahim yang berkembang semakin besar pun akan menekan usus dan menyebabkan ibu hamil mengalami konstipasi.

  • Kabar baiknya di minggu kehamilan ini adalah rambut ibu akan terlihat lebih berkilau dari biasanya dan ibu mungkin akan menunjukkan “aura kehamilan” yang membuat ibu semakin cantik.

Baca juga: Makin Cantik, Ini Alasan Wanita Hamil Terlihat Menarik

Perawatan Kehamilan di Usia 16 Minggu

Perkembangan janin di usia 16 minggu akan memberi tekanan ekstra pada punggung dan otot-otot panggul ibu. Itulah sebabnya ibu disarankan untuk melakukan latihan yang bisa meningkatkan stamina dan membuat tubuh menjadi lentur atau fleksibel. Selain itu, ibu juga harus terus mengonsumsi makanan bergizi baik dan jangan menyerah pada semua makanan “ngidam” yang tidak sehat.

Bila ibu mengalami masalah kulit pada minggu ini, seperti kulit kering dan gatal, gunakanlah pelembap untuk mencegah goresan-goresan yang bisa menimbulkan bekas.

Baca juga: Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Nah, itulah perkembangan janin di usia 16 minggu. Bila ibu hamil sakit dan butuh saran kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 17 Minggu