19 July 2018

Perlu Konsumsi Ini Setelah Makan Junk Food

Makanan yang perlu dikonsumsi setelah makan junk food, junk food, makanan junk food, makan junk food

Halodoc, Jakarta – Junk food banyak dikenal sebagai makanan lezat, namun tidak menyehatkan. Alasannya karena junk food mengandung banyak lemak, gula, garam, serta rendah serat dan nutrisi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa makanan yang masuk kategori junk food adalah gorengan, makanan kalengan, asinan, daging olahan, serta daging berlemak dan jeroan.

Baca juga: 7 Alasan Makanan Cepat Saji Tidak Baik dan Sehat

Ada beberapa dampak buruk yang ditimbulkan akibat terlalu sering mengonsumsi junk food. Antara lain: tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, meningkatnya kolesterol, masalah pada otak, diabetes mellitus, dan obesitas. Untuk meminimalkan risiko tersebut, berikut adalah lima makanan yang perlu dikonsumsi setelah makan junk food:

1. Air Putih

Air putih berfungsi untuk melarutkan zat-zat yang larut dalam air, sehingga lebih mudah keluar dari urine. Fungsi lainnya adalah untuk mengencerkan dan mengurangi konsentrasi zat-zat tertentu, sehingga keadaan tubuh lebih seimbang.

2. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut dengan polifenol. Kandungan ini berkhasiat untuk mencegah kerusakan sel akibat terlalu banyak mengonsumsi junk food. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa teh hijau dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan keinginan untuk makan berlebih. Salah satunya adalah studi yang dipresentasikan dalam European Atherosclerosis Society 2014 Congress.

3. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan saluran cerna. Diantaranya adalah melancarkan buang air besar (BAB), menjaga metabolisme tubuh, dan mengurangi peradangan usus yang dapat disebabkan oleh makanan manis dan beralkohol.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Anak Suka Makanan Cepat Saji

4. Telur dan Sayur

Telur mengandung sistein, yaitu asam amino yang memecah toksin (racun dalam tubuh) sehingga dapat dikeluarkan melalui urine. Sedangkan, sayuran mengandung banyak serat yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna. Agar lebih menarik, kamu dapat mengombinasikan konsumsi telur (baik digoreng atau direbus) dengan sayuran (seperti bayam dan tomat) setelah makan junk food.

5. Buah-buahan

Pisang, semangka, dan buah beri adalah jenis buah-buahan yang dapat dikonsumsi setelah makan junk food. Alasannya beragam, antara lain:

  • Pisang banyak mengandung kalium. Kandungan ini berfungsi untuk menyeimbangkan cairan dan elektrolit dalam tubuh, serta membantu menurunkan tekanan darah.
  • Semangka banyak mengandung air. Kandungan inilah yang dapat membantu menghidrasi tubuh setelah makan junk food. Serat yang terkandung dalam semangka juga dapat membantu melancarkan pencernaan tubuh. Buah-buahan dengan kandungan air tinggi yang dapat dikonsumsi adalah blewah, jeruk, persik, dan rasberi.
  • Buah beri mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Kamu bisa mencampurkan buah beri ini dengan yogurt untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna setelah makan junk food.

Baca juga: 4 Camilan Sehat Pengganti Junk Food

Itulah lima makanan yang perlu dikonsumsi setelah makan junk food. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar bahaya mengonsumsi junk food, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Kamu bisa bertanya pada dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!