• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, 7 Menu Makanan Sehat Tradisional

Perlu Tahu, 7 Menu Makanan Sehat Tradisional

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Tersedianya makanan cepat saji terkadang membuat kamu melupakan makanan tradisional. Padahal, makanan tradisional kebanyakan lebih sehat dibandingkan fast food. Makanan tradisional Indonesia selalu identik dengan rasa rempah dan cara pembuatan yang kompleks, baik melalui proses digoreng, direbus, hingga dibakar. Karena itulah, banyak orang yang menganggap makanan tradisional Indonesia tidak sehat dan tidak cocok dimakan bagi yang sedang diet.

Perlu kamu tahu, bahwa tidak semua jenis makanan tradisional Indonesia mengandung lemak dan kalori tinggi. Apa saja makanan sehat tradisional yang  kaya akan nutrisi dan gizi? Inilah beberapa menu di antaranya!

1. Gado-Gado

Makanan tradisional ini selain sehat juga mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau. Cara membuat gado-gado cukup mudah dan tidak melalui proses yang panjang, sehingga nutrisi dan vitaminnya tetap terjaga. 

Siapkan beberapa macam sayuran yang menyehatkan seperti tauge, wortel, kubis, kangkung, mentimun, selada, tahu, tempe, dan sayuran lainnya yang cocok dijadikan gado-gado. Potong dan rebus semua bahan tersebut. Sementara itu, kamu bisa mendapatkan bumbu kacang instan yang dijual di pasar atau minimarket terdekat. Praktis dan sehat, kan?

Baca juga: Tips Pilih Makanan Sehat Saat Liburan

2. Tinutuan

Makanan ini merupakan makanan tradisional dari Manado. Bubur tinutuan kaya akan gizi karena bahannya terdiri dari berbagai macam campuran sayuran seperti bayam, kangkung, jagung, dan daun kemangi. Semua bahan-bahan direbus hingga mengental dan berwarna kuning terang. 

Selain sayur-sayuran, kunci sehat makanan ini juga terletak pada tumisan bawang putih, merica, dan kemangi yang bersifat antioksidan. Selain itu, bahan-bahan tersebut menghasilkan cita rasa gurih yang alami. Hidangan ini semakin lezat jika ditambahkan ikan asin dan juga sambal. 

3. Sayur Asem

Sayur tradisional yang berasal dari betawi ini memiliki kandungan gizi yang beragam karena terdiri dari berbagai macam sayuran, seperti jagung, kacang tanah, kacang panjang, labu, hingga melinjo. Tidak hanya itu, sayur asem diolah dengan cara direbus, sehingga sehat dan rendah kalori. Sayur asem juga dengan mudah kamu temui di rumah makan tradisional atau warteg, bahkan juga merambah ke restoran di pusat perbelanjaan.

Baca juga: Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

4. Sup Ikan

Jika kamu sedang mencari hidangan sehat dan hangat, maka sup ikan khas batam ini bisa jadi incaran. Makanan tradisional khas Riau ini memiliki kandungan gizi yang tinggi ditambah dengan jumlah kalori dan lemak yang rendah, yang membuat hidangan ini cocok bagi kamu yang sedang diet. Sup ikan khas batam biasanya terdiri dari ikan tenggiri, kuah bening, dan ditambah sedikit perasan jeruk nipis dan kecap asin. Terbayangkan nikmatnya?

5. Pepes

Makanan ini terkenal sehat karena proses pembuatannya yang dikukus. Bukan hanya itu, makanan tradisional khas Jawa Barat ini juga identik dengan daun pisang yang digunakan sebagai pembungkusnya. Ada banyak ragam pepes yang jadi pilihan, mulai dari pepes ayam, pepes ikan teri, amur, hingga tahu. 

6. Karedok

Selain pepes, Jawa Barat juga memiliki makanan tradisional sehat lainnya bernama karedok. Makanan ini memiliki kaya kandungan nutrisi yang tinggi karena terdiri dari berbagai macam sayuran segar, seperti kubis, kacang tanah, tauge, dan timun yang disiram dengan saus kacang gurih. Jika dilihat sekilas, karedok mirip dengan gado-gado, hanya saja bedanya karedok menggunakan sayuran yang masih segar atau belum direbus. Sehingga vitamin dan nutrisinya masih sangat murni. 

Baca juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak?

7. Sayur Bayam

Sayur bayam mungkin makanan yang sangat terkenal dan umum tersedia di dapur-dapur rumah setiap keluarga. Bayam adalah salah satu sayuran yang bisa kamu buat sebagai teman nasi. Sayurnya pun murah dan banyak tersedia di pasar. Sayur bayam yang menyehatkan ini bisa kamu masak sebagai sayur bening yang menyegarkan. 

Cara membuat sayur bayam pun cukup mudah dan cepat, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa ikat bayam, bawang putih, bawang merah, cabai merah, garam, gula (sesuai selera), dan air. Jika ingin memperkaya rasa, kamu juga bisa menambahkan jagung manis yang dipotong-potong. Semua bumbu ditumis, kemudian tambahkan air, lalu masukkan bayam yang sudah dipilih, biarkan mendidih. 

Jika kamu ingin mengetahui kandungan gizi dan nutrisi makanan yang kamu makan sehari-hari, kamu bisa langsung menanyakannya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa lho beli obat melalui aplikasi ini. Enggak perlu keluar rumah, pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Praktis kan? Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Kumparan. Diakses pada 2019. Rekomendasi: 6 Makanan Tradisional Sehat dan Murah