15 December 2017

Perlukah Membawa Hewan Peliharaan saat Liburan?

Perlukah Membawa Hewan Peliharaan saat Liburan?

Halodoc, Jakarta – Merencanakan liburan biasanya diisi dengan persiapan seputar memilihh tujuan, membeli tiket dan menyusun jadwal perjalanan. Namun, hal itu mungkin tak berlaku bagi seseorang yang memiliki hewan peliharaan di rumah. Bagi mereka, libur panjang mungkin akan membuat “galau” saat harus menginggalkan peliharaannya sendiri di rumah atau di tempat penitipan hewan.

Alih-alih menikmati liburan, meninggalkan hewan peliharaan malah berpotensi membuat perjalanan tak tenang. Beberapa orang mungkin akan memutuskan untuk membawa serta kucing atau anjing mereka dalam perjalanan. Namun sebenarnya perlukah membawa hewan peliharaan saat berlibur? Apa saja manfaatnya?

1. Menghindari Stres
Membawa serta hewan peliharaan saat liburan akan menghindarkan kamu dari pikiran yang tidak-tidak yang bisa berujung stres. Selain itu, melihat tingkah laku hewan peliharaan pastinya bisa menjadi hiburan dan membuat kamu bisa lebih menikmati liburan bersama.

2. Mengontrol Berat Badan
Bayangkan apa yang akan terjadi saat banyak makanan lezat yang terhidang di depan mata. Siapapun pasti akan tergoda untuk menyantapnya hingga habis. Alhasil, kenaikan berat badan akan menunggu setelah liburan usai.

Namun hal itu ternyata dapat dihindari jika kamu membawa hewan peliharaan kesayangan saat liburan. Sebab ia pasti akan melakukan segala cara untuk mencari perhatian darimu sehingga tak ada waktu untuk makan berlebihan. So, enggak perlu khawatir dengan penumpukan lemak lagi deh.

3. Menghindari Kesepian
Segala sesuatu yang tak terduga bisa saja terjadi pada siapapun dan kapanpun. Termasuk saat kamu tengah berlibur. Hal itu mungkin akan memicu rasa kecewa, sedih, marah bahkan kesepian. Dan memiliki hewan peliharaan saat liburan sungguh dapat membantu jika kondisi ini terjadi.

Seperti jika teman perjalanan mengalami halangan untuk menemani berbelanja oleh-oleh, kamu masih bisa menikmati momen berbelanja dengan kucingmu. Selain itu, hewan peliharaan juga bisa membantu meningkatkan mood atau suasana hati baik selama liburan.

4. Menjaga Kesehatan
Hal ini mungkin akan terdengar berlebihan, namun nyatanya membawa hewan piaraan dapat membuat kamu lebih sehat selama perjalanan. Faktanya bermain dengan hewan peliharaan dapat menghindari seseorang terserang penyakit.

Sejumlah ahli menyebut bahwa salah satu hal yang dapat memperparah kondisi tubuh adalah perasaan tertekan dan kesepian. Dan mereka meyakini bahwa memiliki hewan peliharaan yang setia menemani dapat membantu menghindari kondisi itu. Hal itu pun berlaku saat kamu tengah berlibur.

5. Lebih Bahagia
Percaya atau tidak, tingkat kebahagiaan saat berlibur bisa meningkat saat kamu membawa serta hewan peliharaan saat berlibur. Setelah waktu yang dilalui bersama hewan peliharaan, mereka tentunya tak lagi sekadar hewan peliharaan namun telah menjadi seorang teman.

Kamu bisa melakukan berbagai permainan yang menyenangkan bersama hewan piaraan seperti bermain bersama di pinggir pantai. Berlari dan berolahraga bersama. Segala aktivitas ini bisa meningkatkan hormon yangberpengaruh terhadap perasaan bahagia.

Kendati demikian, jika kamu berencana membawa hewan peliharaan saat berlibur pastikan untuk mempersiapkan segala hal dengan matang. Seperti berlibur ke tempat yang ramah dengan hewan. Pilihlah penginapan yang menizinkan pengunjungnya membawa hewan peliharaan. Sehingga kamu tak perlu lagi merasa ragu untuk mengajak piaraan berlibur.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan baik kamu maupun hewan yang akan diajak liburan. Kalau kamu punya keluhan dan masalah kesehatan saat liburan, kamu bisa bercerita pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Sebelum liburan, pastikan untuk download  Halodoc di App Store dan Google Play. Lewat Halodoc, kamu bisa berbicara dengan dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kamu juga bisa beli obat atau vitamin yang kamu butuhkan dan pesanan akan diantar dalam satu jam, lho.