Punya Rencana Hamil, Ini Tips untuk Calon Orang Tua

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Memiliki anak merupakan impian hampir semua pasangan di dunia. Namun tak jarang kamu dan pasangan mungkin harus bersabar sebelum akhirnya diberi momongan. Meski perkaran hamil dan punya anak ada di luar kendali manusia, namun bukan berarti tak ada usaha yang bisa dilakukan.

Dan baru-baru ini, sebuah penelitian telah menemukan satu cara yang disebut dapat meningkatkan kesempatan seorang wanita untuk hamil. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dari Kobe City Medical Centre. Mereka menyebut tidur cukup di malam hari adalah cara untuk meningkatkan kemungkinan hamil seorang wanita.

Penelitian ini dilakukan pada sejumlah wanita yang tengah merencanakan kehamilan. Hasilnya, wanita yang memiliki tidur malam berkualitas mengalami kenaikan tingkat kesuburan hingga 20 persen lebih tinggi dari wanita yang kurang tidur. Pertumbuhan sel yang telah dibuahi pun mengalami peningkatan hingga 14 persen saat calon ibu cukup tidur di malam hari.

Studi lain yang telah dipresentasikan dalam American Society for Reproductive Medicine annual Congress menyebut kurang tidur benar-benar berpengaruh pada produksi hormon seseorang. Saat kamu tidur kurang dari enam jam di malam hari, maka akan menurunkan sekitar 20 persen hormon yang berhubungan dengan peluang hamil.

Batasan tidur “normal” pada seseorang biasanya berbeda dengan orang lain. Hal ini dipengaruhi dengan aktivitas fisik hingga kebutuhan tubuh. Namun NHS merekomendasikan angka tidur cukup di  malamm hari yaitu tujuh hingga sembilan jam.

Tips agar cukup tidur di malam hari

Tidur merupakan cara alami tubuh untuk menunjukkan rasa lelah dan menghindari penurunan kondisi tubuh. Saat tidur, tubuh akan beristirahat dan memiliki kesempatan untuk mengembalikan energi untuk beraktivitas.

Namun bagi beberapa orang tidur di malam hari adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Entah karena banyak pikiran atau kondisi kesehatan tertentu, namun kebiasaan kurang tidur adalah hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Mengutip Mayo Clinic, berikut sejumlah tips agar kamu lebih mudah tidur di malam hari.

  1. Buat jadwal

Salah satu hal yang dapat mendorong seseorang sulit tidur adalah jam tidur yang berantakan. Untuk itu, buatlah jadwal tidur dan usahakan untuk selalu menaatinya. Misalnya, biasakanlah kamu tidur pukul 22.00 WIB setiap malam dan lakukan hal itu sekalipun di hari libur. Hindari begadang kalau bukan untuk hal yang benar-benar mendesak.

Selain jam tidur, kamu juga harus konsisten dengan jam bangun di pagi hari. Jika kamu merencanakan tidur delapan jam, maka usahakanlah untuk selalu bangun pukul 06.00 WIB setiap pagi.

  1. Jaga pola makan

Hindari pergi tidur dengan perut kosong alias belum makan. Hal ini akan mengganggu dan menyulitkanmu untuk tidur. Sebaliknya, terlalu kenyang pun akan membuatmu susah tidur nyenyak di malam hari.

Untuk menghindarinya, pastikan kamu menghindari makan setidaknya dua jam sebelum tidur. Hindari juga mengonsumsi makanan yang dapat berdampak buruk bagi pencernaan, sebab pencernaan yang terganggu akan memintamu untuk selalu ke kamar kecil sepanjang malam.

  1. Kamar yang nyaman

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, pastikan lingkungan sekitar kondusif. Artinya, kamu harus mendesain kamar tidur sedemikian rupa agar lebih nyaman dan memberi tidur yang nyenyak. Setidaknya pastikan kamar tidur dalam keadaan yang bersih, tidak terlalu terang dan tidak terlalu panas pun terlalu dingin. Dengan demikian kamu akan lebih mudah terlelap dan mendapat tidur yang cukup.

Selain tidur cukup, pola hidup kamu ternyata juga memengaruhi kesempatan untuk hamil. Agar kehamilan segera terwujud, biasakanlah untuk menerapkan pola hidup sehat, termasuk menjaga  makanan, rutin berolahraga, menghindari alkohol dan menjaga kebersihan area kewanitaan.

Jika kamu butuh saran ahli dalam merencanakan kehamilan, kamu bisa pakai aplikasi Halodoc. Bicara dengan dokter akan semakin mudah lewat Video/Voice Call dan Chat.Kamu juga bisa membeli produk kesehatan di Halodoc. Yuk, unduh Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.