Raditya Dika Alami Mata Kering, Ini Bahayanya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Raditya Dika Alami Mata Kering, Ini Bahayanya

Halodoc, Jakarta - Raditya Dika, seorang penulis, aktor, komedian, dan sutradara yang namanya terkenal di Indonesia, dikabarkan mengalami sakit mata kering. Pria yang menjalani banyak profesi ini dikabarkan mengidap gangguan yang menyebabkan mata kering ini terjadi sejak 6 tahun lalu saat masih berkuliah.

Raditya Dika disebut-sebut merasakan sakit mata karena kedipan matanya kurang maksimal. Ternyata, gangguan yang menyerang ayah dengan anak satu tersebut adalah penyakit autoimun. Selain itu, mata yang kerap kering juga dapat menimbulkan bahaya. Berikut ini penjelasannya!

Baca juga: 6 Cara Alami Atasi Sindrom Mata Kering

Bahaya yang Timbul dari Mata Kering

Tahukah kamu apabila terdapat suatu penyakit autoimun yang bisa menyebabkan mata kamu kerap terasa kering. Gangguan ini juga yang dialami oleh Raditya Dika. Hal ini menyebabkan mata perih karena kekurangan cairan dan dapat mengakibatkan beberapa komplikasi. Selain itu, tidak menutup kemungkinan kamu mengalami kebutaan.

Gangguan pada sistem imun disebabkan oleh aktivitas sistem pertahanan tubuh yang rendah atau sangat aktif. Ketika imunitas tubuh kamu terlalu aktif, sel-sel tubuh mungkin saja terserang. Lalu, apabila bagian tersebut melemah, maka tubuh sulit melindungi diri dari infeksi.

Sindrom mata kering, yang disebut juga keratitis sicca, adalah sensasi kekeringan yang kerap terjadi pada mata. Kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan mungkin saja mengganggu produktivitas serta kualitas hidup. Kamu harus segera mendapat perawatan jika gangguan ini kerap terjadi agar tidak menyebabkan bahaya bagi pengidapnya. Berikut ini bahaya dari mata kering yang dapat terjadi, yaitu:

  1. Inflamasi Mata

Salah satu bahaya yang dapat terjadi disebabkan oleh mata kering adalah inflamasi mata, yaitu peradangan dan pembengkakan pada mata yang mengakibatkan gangguan pada jaringan mata. Hal tersebut dapat mengakibatkan penglihatan memburuk hingga berisiko terjadinya kebutaan.

Baca juga: Waspada, Mata Kering Dapat Sebabkan Sakit Kepala

  1. Abrasi Kornea

Sakit mata yang menyebabkan mata kering membuat kamu berisiko terhadap abrasi kornea. Hal ini terjadi karena luka atau goresan yang menyakitkan pada permukaan kornea karena kurangnya cairan pada mata. Walau begitu, gangguan ini umumnya memengaruhi lapisan atas (epitel).

Selain itu, jika kamu sering mengalami mata kering atau sakit mata yang membuat merah, ada baiknya untuk bertanya pada ahlinya. Dokter dari Halodoc dapat melihat gejala yang timbul dan menentukan gangguan yang terjadi. Jika gejala mata kering semakin mengganggu aktivitas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter mata pilihan. Kamu bisa membuat janji dengan dokter secara lebih mudah melalui aplikasi Halodoc.

  1. Erosi Kornea

Mata kering yang membuat iritasi juga menyebabkan erosi kornea. Hal ini terjadi karena kerusakan pada sel-sel di lapisan atas kornea. Gangguan ini terjadi ketika lapisan yang terbuat dari kolagen rusak, sehingga lapisan atas sel epitel sulit untuk sembuh dengan baik. Lama-kelamaan, sel tersebut mudah terkikis dan menyebabkan luka terbuka yang akhirnya terjadi erosi kornea.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Mata Kering Akibat Lensa Kontak

  1. Ulkus Kornea

Sakit mata yang disebabkan oleh penyakit autoimun dapat sebabkan ulkus kornea. Mata kering yang terjadi dapat membuat luka terbuka dengan peradangan pada kornea. Bagian ini berfungsi untuk menutupi iris yang merupakan bagian berwarna pada mata. Jika terjadi gangguan, tidak menutup kemungkinan kamu mengalami ulkus kornea.

Umumnya, seseorang yang mengalami mata kering merasakan iritasi ringan tanpa efek jangka panjang. Tetapi, apabila kondisi ini sering terjadi dan tidak mendapat pengobatan, maka bahaya dari kerusakan mata dapat terjadi. Selalu perhatikan kesehatan mata agar terhindar dari berbagai gangguan, ya! 

Referensi:
Web MD.Diakses pada 2019.Dry Eyes With Immune Disorders
Verywellhealth.Diakses pada 2019.An Overview of Dry Eye Syndrome