01 November 2017

Rahasia Tingkatkan Kesuburan dengan Buah & Sayur

Rahasia Tingkatkan Kesuburan dengan Buah & Sayur

Halodoc, Jakarta – Buah dan sayur memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Kandungan multivitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh bisa didapatkan dari buah dan sayuran. Selain itu, makan buah dan sayur bisa dibilang menjadi gaya hidup baru untuk memenuhi pola makan sehat setiap hari.

Kandungan vitamin dalam buah dan sayuran juga bisa membantu untuk meningkatkan kesuburan atau fertilitas pada pria. Tentu saja, kamu mesti mengkombinasikan jenis sayur dan buah yang dikonsumsi. Buah dan sayuran mengandung zat antioksidan, mikronutrien, dan fitokimia yang berguna menangkal radikal bebas. Bahayanya paparan radikal bebas dapat memengaruhi kualitas ovum dan sperma serta organ reproduksi lainnya.

Dilansir dari Babycenter, untuk memenuhi asupan vitamin dari sayuran dan buah secara sempurna, kuncinya adalah dengan memilih konsumsi buah dan sayur yang beraneka warna seperti merah, kuning, dan hijau. Jika bosan dengan olahan padat, kamu bisa memvariasikannya dengan konsumsi 4-5 gelas sehari.

Diet Smoothies untuk Kesuburan
Pernahkah kamu dengar tentang diet smoothies? Ini adalah salah satu pola makan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas sperma pria. Diet ini dilakukan dengan cara menjadikan sayur dan buah sebagai smoothies. Kamu tinggal mencampur buah dan sayur seperti dijadikan jus biasa dan diberi tambahan ekstrak bahan pangan dan nutrisi lainnya.

Diet jenis ini sebenarnya sudah populer di Inggris, sejak tahun 2009. Diet ini dilakukan untuk mendapatkan kualitas sperma yang terbaik dengan cara alami. Dikutip dari BBC, diketahui dalam 50 tahun terakhir bahwa banyak pria yang mengalami penurunan jumlah sperma. Jumlah rata-ratanya mencapai 113 sperma per millimeter dan kini menjadi 66-76 juta sperma per millimeter.

Atasi Masalah Suami Istri
Karena dianggap dapat meningkatkan sperma, maka metode diet smoothies ini banyak dilakukan oleh pasangan di Inggris. Terutama oleh pasangan yang sedang merencanakan kehamilan. Kekurangan asupan mikronutrien dan antioksidan dinilai menjadi penyebab mengapa jumlah sperma sehingga dengan meningkatkan asupan buah dan sayur dapat membuat jumlahnya meningkat.

Makanan lain yang bisa dijadikan sampingan ketika melakukan diet smoothies adalah dengan banyak mengonsumsi ikan segar (salmon) dan juga susu. Makanan dan minuman ini baik untuk kesehatan organ reproduksi sehingga bisa meningkatkan kesuburan.

Jaga Kesehatan untuk Kehamilan
Untuk merencanakan kehamilan, baik suami istri mesti dalam kondisi yang baik. Tak ada salahnya melakukan pemeriksaan ke dokter mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Pemeriksaan rahim bagi wanita dan juga kualitas sperma bagi pria bisa membantu pasangan untuk lebih cepat mendapatkan momongan. Dokter biasanya akan memberikan saran serta treatment yang tepat agar pasangan segera dikaruniai buah hati. Mulai dari asupan makan, tanggak melakukan hubungan intim, dan terapi hormon jika dibutuhkan.

Selain memeriksakan pada dokter, ingat juga untuk selalu membiasakan pola hidup sehat. Saling mendukung untuk memilih asupan makanan sehat agar kebutuhan gizi terpenuhi, terutama jika kamu dan pasangan ingin meningkatkan kesuburan.

Untuk menemukan rekomendasi rumah sakit yang tepat sebelum melakukan pemeriksaan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara langsung dengan dokter. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa meminta saran dari dokter mengenai tindakan medis dan juga rekomendasi perawatan di rumah sakit sesuai dengan kebutuhan kamu dan pasangan. Di Halodoc, dokter bisa dihubungi melalui Voice/Video Call dan Chat. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang kamu butuhkan dan pesanan kamu siap diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.