Rayakan Tahun Baru dengan Wine, Ketahui Manfaatnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Rayakan Tahun Baru dengan Wine, Ketahui Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Momen akhir tahun adalah momen yang sangat menyenangkan karena biasanya akan kita habiskan bersama orang-orang terdekat seperti keluarga atau pasangan. Untuk menemani momen perayaan tahun baru tidak berlebihan jika kita menyajikan beragam menu kesukaan keluarga dan dilengkapi dengan sebotol wine. Anggur atau wine adalah salah satu minuman fermentasi yang mengandung alkohol cukup tinggi.

Walaupun di Indonesia tidak terlalu umum, tetapi beberapa masyarakat Indonesia gemar konsumsi karena disamping memiliki efek negatif, manfaat wine juga tidak kalah banyak.

Mulanya, wine adalah minuman yang biasa dikonsumsi di negara-negara yang memiliki empat musim. Fungsi dari wine ini untuk menghangatkan tubuh. Namun berkat globalisasi, minuman ini kemudian dapat diterima oleh hampir seluruh masyarakat dunia.

Meski mengandung alkohol, wine terbilang aman jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat. Nah, berikut ini adalah manfaat wine yang wajib kamu ketahui:

  • Menjaga Berat Badan Stabil

Mereka yang gemar meminum wine dalam jumlah yang tepat perhari ternyata terbukti akan memiliki berat badan yang stabil dibandingkan dengan mereka yang konsumsi minuman beralkohol jenis lain. Hal ini karena alkohol di dalam wine akan membakar kalori di dalam tubuh selama 90 menit setelah selesai diminum. Selain itu, wine akan memberikan rasa kenyang jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan. Senyawa piceatannol di dalamnya mampu mencegah pembentukan dan perkembangan sel lemak. Akibatnya mereka yang gemar meminum wine memiliki ukuran pinggang yang lebih kecil dan berkurangnya lemak perut.

  • Memperpanjang Memori Otak

Sebuah penelitian yang dilakukan Tedd Goldfinger dari University of Arizona School of Medicine, menyatakan bahwa konsumsi wine mencegah pembekuan darah dan mengurangi peradangan pembuluh darah; kedua hal tersebut dikaitkan dengan penurunan kognitif dan penyakit jantung. Alkohol yang terdapat di dalam wine juga meningkatkan HDL, sehingga mampu menghilangkan penyumbatan pada arteri.

Selain itu, berdasarkan para peneliti Johns Hopkins University School of Medicine, yang ditulis dalam jurnal Experimental Neurology, anggur merah alias red wine melindungi otak dari kerusakan akibat stroke. Resveratrol pada anggur merah juga mampu meningkatkan level heme oxygen yakni enzim yang akan melindungi sel saraf di otak.

  • Mencegah Kanker

Manfaat wine yang lain adalah mampu membunuh sel kanker. Selain itu, senyawa fenolik dikenal mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara. Antioksidan dalam segelas wine disebut resveratrol dan dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker di hati atau bahkan di area mulut. Kandungan resveratrol juga dipercaya bisa mencegah risiko kanker usus besar. Tidak hanya anggur merah, anggur putih mengandung antioksidan sehingga mencegah perkembangan sel kanker.

  • Menguatkan Sistem Imun

Beberapa orang pasti mengandalkan suplemen vitamin untuk membantu menguatkan sistem imun dalam melawan penyebab penyakit. Faktanya, mengonsumsi segelas wine sehari membantu tubuh menangkal infeksi. Manfaat wine jika dikonsumsi rutin dan secukupnya mampu memelihara sistem imun sehingga kamu tidak akan mudah sakit.

Meski liburan tahun baru adalah momen yang menyenangkan, ada baiknya agar kamu tidak terlalu terbawa suasana. Konsumsi wine yang berlebihan menyebabkan efek negatif yang malah menghilangkan manfaat wine itu sendiri.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat wine untuk kesehatan, tanyakan saja ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca Juga: