14 August 2018

Sakit Kepala Jadi Tanda Tumor Otak?

tumor otak,gejala tumor otak,tanda tumor otak

Halodoc, Jakarta – Biasanya, seseorang akan mengalami sakit kepala jika sedang stres, migrain, sinusitis, ataupun batuk yang disertai flu. Namun, jika sakit kepala tak kunjung reda dan merambah pada gejala lain, maka bisa jadi merupakan pertanda dari tumor otak.

“Sekitar 99 persen sakit kepala yang dirasakan oleh masyarakat bukanlah akibat kanker,” ujar Dr. Gene Barnett, direktur Brain Tumor and Neuro-Oncology Center yang dikutip dari CNN.

Meskipun begitu Dr, Barnet menyampaikan bawah sakit kepala yang muncul tidak boleh dianggap sepele, karena bisa jadi sebuah sinyal dari kondisi kesehatan tertentu. Selain itu tumor otak sulit diindikasi dengan cara yang sederhana, karena beberapa kasus tumor otak justru tidak memunculkan tanda sama sekali.

Baca juga: Kenalan dengan Penyakit Tumor Jinak Limfangioma

Sulitnya deteksi tumor otak ini karena harus dilakukan diagnosis dari lokasi tumor, kecepatan gejala yang muncul, kecepatan pertumbuhan dari tumor tersebut serta efek yang ditimbulkan. Akibat dari sulit mengetahui gejala tersebut, seringkali orang terlambat mengetahui adanya tumor otak dan tidak menyadari gejala yang muncul.

Ketika tumor membesar dan mulai terasa mengganggu kesehatan, barulah keberadaan tumor otak diketahui. Setiap pengidap mengalami gejala tumor otak yang bervariasi, tergantung pada lokasi tumor, ukuran, dan perkembangan pertumbuhan tumor.

Untuk pengobatan tumor otak ini pun dilakukan dengan beberapa metode penanganan. Mulai dari terapi hingga pembedahan bisa dilakukan, tetapi perlu penyesuaian dengan tingkat keparahan dari tumor otak itu sendiri.

Nah, ada 10 gejala umum tumor otak yang perlu kamu ketahui seperti yang dikutip dari Boldsky, yaitu:

 

  • Sakit Kepala

 

Ini merupakan gejala paling umum dari tumor otak. Biasanya sakit kepala terjadi di pagi hari dan selalu di tempat yang sama.

 

  • Mual dan Muntah

 

Jika kamu merasa mual bahkan hingga muntah, bisa jadi kamu mengalami salah satu gejala tumor otak.

 

  • Gangguan Penglihatan.

 

Apabila tumor di sekitar lobus oksipital, bisa menyebabkan gangguan penglihatan. Penglihatan menjadi kabur dan kabur saat mengidentifikasi objek dan warna.

 

  • Kehilangan Sensasi

 

Ketika seseorang mengidap tumor di daerah lobus parietal, maka akan kehilangan sensasi emosi dan mempengaruhi gerakan di sekitar lengan atau kaki. Bahkan pengidap juga akan sering mengalami kebingungan dan kesulitan memahami sesuatu termasuk ketika menjalani kegiatan sehari-hari. Ini disebabkan tumor sudah mengganggu sistem saraf.

 

Baca juga: 5 Hal tentang Migrain yang Perlu Diketahui

 

 

  • Kehilangan Keseimbangan

 

Pertumbuhan tumor otak juga bisa menyebabkan terganggunya keseimbangan tubuh. Tumor yang tumbuh di otak kecil mempengaruhi gerakan pengidap.

 

  • Perubahan Perilaku

 

Seseorang yang memiliki tumor di lobus frotal, biasanya mengalami kesulitan dalam mengendalikan perilaku dan memiliki masalah dalam menerima  informasi baru.

 

  • Kejang-Kejang

 

Merupakan gejala umum kanker otang yang terjadi tanpa disadari. Jika sebelumnya seseorang tidak memiliki riwayat kejang-kejang, maka perlu mewaspadai tumor otak.

 

Perlu diketahui bahwa, setiap orang bisa saja mengalami gejala tumor otak yang berbeda. Maka itu perlu adanya pemeriksaan dokter untuk menguatkan diagnosa. Apabila sakit kepala terjadi terus menerus dan tidak tertahankan maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Jika didiamkan, kondisi sakit kepala parah justru bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.

Sebelum melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, tak ada salahnya untuk bicara dengan dokter Halodoc. Kamu bisa bertanya-tanya melalui Chat dan Voice/Video Call kapan saja dan dimana saja untuk segera mendapatkan diagnosa. Jangan ragu untuk download aplikasi Halodoc di smartphone kamu.

Baca juga: 7 Tips Menghadapi Sakit Kepala Ketika Terkena Hujan