• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sakit Tenggorokan Tetap Minum Es, Ini Pengaruhnya

Sakit Tenggorokan Tetap Minum Es, Ini Pengaruhnya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Sakit tenggorokan yang terjadi umumnya menyebabkan pengidapnya merasa tidak nyaman beraktivitas. Sakit tenggorokan menyebabkan rasa nyeri, iritasi, atau kering pada tenggorokan yang terjadi akibat paparan bakteri atau virus.

Baca juga: Hindari Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Ini Penyebabnya

Kondisi ini menyebabkan pengidap sakit tenggorokan mengalami kesulitan menelan makanan maupun minuman. Kondisi ini yang menyebabkan pengidap sakit tenggorokan takut untuk mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur rasa kuat atau minuman dingin. Bolehkah pengidap sakit tenggorokan mengonsumsi minuman es? Selain itu, adakah pengaruhnya?

Sakit Tenggorokan dan Minuman Es

Sakit tenggorokan menjadi gangguan kesehatan yang dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, ada beberapa penyebab seseorang mengalami sakit tenggorokan, seperti virus, bakteri Streptococcal pharyngitis, alergi, dan kebiasaan merokok.

Selain itu, ada beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang alami sakit tenggorokan, seperti rasa nyeri pada tenggorokan ketika menelan, batuk, hidung yang berair, menyebabkan suara serak pada pagi hari, dan terkadang disertai demam. 

Meskipun sakit tenggorokan dapat dialami oleh siapa saja, ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan risiko terjadinya sakit tenggorokan, seperti faktor usia, kebiasaan merokok, paparan bahan kimia, dan juga orang-orang dengan gangguan kekebalan tubuh.

Lalu, bolehkah seseorang dengan kondisi sakit tenggorokan mengonsumsi minuman es? Umumnya, sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri tentunya harus diatasi dengan pengobatan melalui medis dan penggunaan obat-obatan, seperti antibiotik.

Sebaiknya gunakan penggunaan antibiotik sesuai dengan anjuran dokter. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk mengatasi sakit tenggorokan yang kamu alami di rumah. Sedangkan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus bisa kamu atasi secara mandiri di rumah dengan menjaga kebersihan makanan maupun minuman yang kamu konsumsi. 

Baca juga: Wine Bisa Cegah Sakit Tenggorokan, Benarkah?

Minuman es atau minuman dingin berfungsi untuk mengurangi gejala yang dirasakan oleh pengidap sakit tenggorokan. Dilansir dari Medical News Today, es dapat menjadi pengobatan yang baik untuk sakit tenggorokan karena memberikan efek dingin lokal pada bagian yang mengalami peradangan. Tidak hanya itu, es memiliki efek penghambatan spesifik pada saraf yang peka terhadap rasa sakit di tenggorokan.

Pencegahan Sakit Tenggorokan

Minuman es memang dapat digunakan untuk meringankan gejala, namun sebaiknya perhatikan minuman dingin atau es yang dikonsumsi. Pastikan makanan atau minuman yang kamu konsumsi dalam keadaan bersih dan kematangan yang optimal.

Selain itu, dilansir dari Healthline, saat kamu mengalami sakit tenggorokan, sebaiknya hindari minuman soda, alkohol, kopi, dan minuman yang asam karena dapat semakin mengiritasi tenggorokan. Artinya, minuman es yang dimaksud harus berasal dari air mineral, bukan minuman yang sudah diolah.

Ketahui juga beberapa pencegahan sakit tenggorokan yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Cuci tangan setelah menggunakan toilet, batuk, atau bersin.

  2. Hindari kontak langsung dengan pengidap sakit tenggorokan.

  3. Sebaiknya hindari berbagai makanan maupun minuman dengan pengidap sakit tenggorokan.

  4. Bersihkan peralatan rumah untuk menghindari paparan bakteri atau virus penyebab sakit tenggorokan secara tidak langsung.

  5. Banyak mengonsumsi air putih.

  6. Hindari paparan asap rokok secara langsung maupun tidak.

  7. Jaga kelembapan udara agar tenggorokan tidak kering dan iritasi.

  8. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi agar sistem imun tubuh meningkat.

Baca juga: Anak Sulit Menelan, Awas Sakit Tenggorokan

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit tenggorokan. Jangan lupa untuk segera memeriksakan kesehatan kamu apabila sakit tenggorokan disertai dengan batuk yang tidak kunjung henti atau munculnya lendir yang berwarna kekuningan atau kehijauan.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Sore Throat
Healthline. Diakses pada 2020. What to Eat and Drink When You Have a Sore Throat
Medical News Today. Diakses pada 2020. Are Hot Drinks or Ice Pops Better for Sore Throat?