24 October 2018

Sakit Tulang Belakang? Awas, Mungkin Gejala Stenosis Spinal

Sakit Tulang Belakang? Awas, Mungkin Gejala Stenosis Spinal

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu sering mengalami sakit tulang belakang atau sakit punggung? Jika iya, jangan sepelekan, karena bisa jadi kamu mengalami gejala awal stenosis spinal atau penyempitan tulang belakang. Sakit tulang belakang dapat menjadi tanda kamu terlalu lama duduk atau posisi duduk yang kurang tepat. Sebaiknya kamu segera mencari tahu penyebab rasa sakit yang kamu alami.

Stenosis spinal adalah kondisi penyempitan pada bagian tulang belakang yang mengakibatkan saraf tulang belakang dan saraf lainnya mendapatkan tekanan yang berlebihan. Tentu saja, gangguan ini ditandai dengan rasa sakit yang mengganggu bagian tulang belakang dan leher. Meski begitu, penyempitan ini tidak selalu terjadi pada tulang belakang alias bisa terjadi pada tulang di bagian tubuh mana saja.

Tingkat buruknya penyakit ini bergantung pada seberapa cepat kerusakan tulang yang terjadi dan seburuk penekanan yang terjadi pada saraf akibat dari penyempitan tersebut. Biasanya, stenosis spinal lebih sering terjadi pada orang dewasa di atas 50 tahun. Namun, seseorang yang mengalami kondisi penyempitan tulang sejak lahir atau mengalami cedera pada bagian tersebut juga rentan mengalaminya.

Penyebab Stenosis Spinal

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami stenosis spinal. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Usia

Semakin tua usia terjadi penebalan jaringan yang menyambung pada tulang belakang. Akibatnya, tulang mudah membesar dan permukaannya menonjol, sehingga terjadi penyempitan ruang di tulang belakang.

  • Kerusakan pada Tulang Belakang

Penyempitan tulang juga terjadi karena kerusakan pada tulang belakang, misalnya karena benturan keras, cedera, kecelakaan atau hal lain yang menimbulkan terjadinya dislokasi pada tulang atau membuat patahan tulang masuk dalam rongga belakang.

  • Tumor pada Tulang Belakang

Pertumbuhan jaringan yang tidak normal pada bagian tulang belakang menyebabkan kerusakan dan penyempitan pada ruang tulang belakang.

Gejala Stenosis Spinal

Gejala utama yang bisa dikenali ketika seseorang mengalami stenosis spinal adalah sakit tulang belakang. Biasanya gejala akan muncul secara perlahan dan bertahap. Saraf yang semakin tertekan membuat kondisi semakin parah.

  • Munculnya rasa sakit dan kram secara berkelanjutan pada punggung bagian bawah dan kaki, terlebih ketika sedang berjalan, berdiri, berlari, atau bersepeda. Namun, rasa sakit akan berkurang jika duduk atau membungkukkan badan.

  • Kesemutan pada telapak kaki, kaki, telapak tangan, tangan, hingga lengan. Semakin buruk gejalanya, seseorang bisa mengalami mati rasa total.

  • Tubuh mudah jatuh karena tidak seimbang.

  • Kaki menjadi lemah dan memberikan pengaruh yang signifikan ketika tubuh bergerak.

Oleh karena itu, segera periksakan diri ke dokter apabila kamu mengalami gejala sakit tulang belakang berkepanjangan. Jangan didiamkan karena menyebabkan terjadinya komplikasi yang membahayakan kesehatan kamu. Pasalnya, stenosis spinal sulit dikenali gejalanya karena kemiripan dengan gangguan kesehatan lainnya.

Namun, kamu bisa bertanya terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan untuk memeriksakan kondisi tubuh. Pakai aplikasi Halodoc, karena aplikasi ini memiliki layanan Tanya Dokter yang bisa menghubungkan kamu dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Melalui aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat dan melakukan cek lab. Yuk, download aplikasinya!

 

Baca juga: