Sebelum Bertemu Dokter Spesialis Neurologi, Ini Persiapannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Sebelum Bertemu Dokter Spesialis Neurologi, Ini Persiapannya

Halodoc, Jakarta - Neurologis atau dokter spesialis neurologi adalah dokter yang mendiagnosis dan mengobati masalah dengan otak dan sistem saraf. Neurologis tidak melakukan operasi apapun. Dokter tersebut mungkin menyarankan agar kamu melakukan pemeriksaan jika menurutnya kamu memiliki penyakit yang memerlukan perawatan ahli.

Seorang neurologis memiliki setidaknya gelar sarjana dan 4 tahun sekolah kedokteran ditambah magang 1 tahun dan 3 tahun pelatihan khusus dalam neurologi. Banyak juga menghabiskan waktu ekstra belajar tentang bidang tertentu, seperti gangguan gerakan atau manajemen nyeri.

Beberapa kondisi yang dapat ditangani oleh dokter spesialis neurologi adalah:

  • Penyakit Alzheimer.

  • Amyotrophic lateral sclerosis (ALS atau penyakit Lou Gehrig).

  • Sakit punggung.

  • Cedera otak dan sumsum tulang belakang.

  • Tumor otak.

  • Epilepsi.

  • Sakit kepala.

  • Sklerosis multipel.

  • Penyakit Parkinson.

  • Neuropati perifer.

  • Saraf terjepit.

  • Kejang.

  • Stroke.

  • Tremor atau gerakan tak terkendali

Baca Juga : Begini Proses Diagnosis Gangguan Mental Delirium

Persiapan Sebelum Bertemu dengan Dokter Spesialis Neurologi

Ketika kamu melakukan pertemuan dengan neurologis, anggap hal tersebut seperti pertemuan bisnis penting, maka butuh persiapan tertentu. Kamu mungkin akan memiliki daftar pertanyaan yang sudah disiapkan sebelum bertemu dengannya. Kamu dapat bertanya tentang semua keluhan yang terjadi pada kamu.

Jangan pernah berpikir bahwa kamu melangkahi batas-batas tertentu, karena sangat penting untuk mempersiapkan segala hal sebelum melakukan pertemuan. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu siapkan saat akan bertemu dengan neurologis:

  1. Catat Gangguan yang Terjadi

Saat bertemu dengan neurologis, tulis beberapa hal yang menggambarkan perasaan kamu dan gangguan yang terjadi untuk membantu dokter memahami rasa sakit yang terjadi. Pastikan kamu memasukkan informasi yang relevan tentang bagaimana gejala yang terjadi memengaruhi kamu. Jangan lupakan apa pun yang mungkin penting.

Pastikan juga untuk memulai penyesuaian gaya hidup baru, termasuk perubahan dalam diet, olahraga, dan suplemen. Kamu juga harus memberi tahu dokter kamu tentang pengobatan alternatif yang dilakukan, seperti ahli akupuntur, ahli tulang, dan ahli terapi pijat.

  1. Buat Daftar Hal yang Ingin Kamu Tingkatkan

Kamu dapat membuat daftar apapun tentang kesehatan yang ingin ditingkatkan. Kamu mungkin tidak menduga yang akan terjadi jika kamu bertanya. Contohnya, jika kamu memberi tahu dokter bahwa mengalami masalah tidur, dokter mungkin mengubah waktu kamu untuk minum obat, yang mungkin membuat perbedaan besar.

  1. Buat Daftar Pertanyaan Tambahan

Kamu dapat bertanya hal apapun pada dokter selama hal tersebut untuk kesehatan kamu. Mungkin kamu akan bertanya apabila gangguan yang terjadi pada kamu dapat menyebabkan gangguan lain atau tidak, dan lainnya. Kamu tidak perlu malu untuk bertanya hal apapun yang tersirat di kepala kamu, mungkin saja ternyata hal tersebut penting.

Baca Juga : 8 Cara Mendeteksi Penyakit Myasthenia Gravis pada Anak

Setelah Janji Temu dengan Dokter Spesialis Neurologi

Segera buat janji ulang untuk pemeriksaan lebih lanjut, terapi, atau perintah medis lainnya. Pastikan dokter perawatan yang selanjutnya menangani masalah kesehatan kamu menerima salinan laporan dari neurologis kamu. Mungkin terdapat daftar rekomendasi untuk didiskusikan dengan dokter tersebut.

Mulailah mengambil resep obat apapun dengan segera, dan laporkan efek samping yang mengganggu ke neurologis segera setelah itu muncul. Kamu harus mendapat pemeriksaan ulang setiap enam bulan atau ketika terjadi penurunan mobilitas secara tiba-tiba atau perubahan perilaku untuk mengelola kondisi yang terjadi.

Berbagai layanan kesehatan tersedia untuk membantu agar dapat memperluas pemahaman kamu tentang kondisi yang terjadi dan memberikan dukungan dan program untuk membantu agar tubuh kamu tetap aktif dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat.

Baca Juga : Agung Hercules Kena Kanker Glioblastoma, Ini Penjelasannya

Itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan ketika akan bertemu dengan dokter spesialis neurologi. Kamu dapat membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah, yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!