• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sebelum Bikini Waxing, Ketahui Ini Dulu
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sebelum Bikini Waxing, Ketahui Ini Dulu

Sebelum Bikini Waxing, Ketahui Ini Dulu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 Maret 2020
Sebelum Bikini Waxing, Ketahui Ini DuluSebelum Bikini Waxing, Ketahui Ini Dulu

Halodoc, Jakarta – Waxing menjadi kegiatan bulanan yang dilakukan oleh sebagian wanita. Ini dilakukan untuk menghilangkan bulu di area tertentu yang dianggap mengurangi estetika. Waxing tersedia dalam berbagai jenis, tergantung area mana yang ingin dihilangkan bulunya. Bikini waxing adalah jenis waxing yang ditujukan untuk menghilangkan bulu kemaluan.

Dinamakan bikini waxing karena awalnya mencabut bulu di daerah kewanitaan dilakukan agar bulu tidak tampak saat mengenakan bikini. Bikini waxing dilakukan sebagai perawatan kecantikan dan untuk menjaga kebersihan daerah intim.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Waxing Sebabkan Rambut Tumbuh ke Dalam

Sebelum Lakukan Bikini Waxing, Ketahui Hal Ini

Bagi kamu yang tertarik mencoba bikini waxing, sebaiknya ketahui sejumlah hal berikut ini, yaitu:

1. Jenis-jenis Bikini Waxing

Di spa atau salon khusus waxing umumnya menawarkan jenis bikini waxing berdasarkan modelnya atau luas area bulu yang ditinggalkan. Masing-masing jenis bikini waxing menimbulkan tingkat rasa sakit yang berbeda, begitu pula dengan biayanya, yaitu:

  • Regular Bikini Wax
    Jika kamu baru pertama kali melakukan bikini waxing, jenis regular mungkin yang paling cocok dicoba oleh pemula. Regular bikini waxing hanya menghilangkan bulu di atas sekitar garis bikini, sehingga tidak terlalu sakit.

  • Triangle Trim
    Seperti namanya, jenis waxing ini menghilangkan bulu kemaluan pada daerah intim hingga membentuk segitiga, sehingga bulu tidak terlihat ketika mengenakan baju renang. 

  • American Waxing
    Disebut juga dengan bikini line wax, jenis ini menghilangkan semua bulu yang terlihat ketika kamu mengenakan bikini.

  • French Waxing 
    Jenis ini mencabut seluruh bulu dari bagian depan sampai daerah antara depan dan belakang, namun bulu bagian belakang tidak dihilangkan. Jika kamu mau, kamu bisa meninggalkan garis vertikal pada bagian depan.

  • Brazilian Waxing 
    Jenis ini menghilangkan seluruh bulu pada garis bikini dari bagian depan hingga belakang.  Brazilian waxing nyatanya paling digemari para wanita.

2. Prosedur Bikini Waxing

Bikini waxing harus dilakukan oleh terapis yang terlatih dan memiliki pemahaman menyeluruh seputar bulu di tubuh. Bikini waxing dapat dilakukan dengan menggunakan lilin atau krim perontok.

Ada kalanya bulu tidak dicabut, tetapi hanya dipotong saja. Jika bikini waxing dilakukan secara rutin, maka bulu kemaluan akan tumbuh lebih lama dan lebih mudah dicabut. Proses bikini waxing yang akan dijalani adalah:

  • Kamu diminta membuka semua pakaian bagian bawah dan menggantinya dengan celana dalam sementara.

  • Jika bulu kemaluan cukup panjang, maka akan dirapikan dulu dengan menggunakan gunting.

  • Kemudian terapis mengoleskan lilin hangat pada bulu kemaluan dengan menggunakan spatula, lalu menutupnya dengan plester.

  • Setelah lilin sudah cukup mengeras, plester ditarik dengan cepat sehingga bulu kemaluan tercabut hingga ke akarnya.

Proses bikini waxing memang akan terasa sakit karena area kemaluan adalah area yang paling sensitif. Namun, jangan khawatir karena rasa sakit tersebut akan mereda minimal dalam lima hari.

Untuk meredakan kulit yang memerah setelah melakukan bikini waxing, kamu bisa menggunakan lotion, krim, pelembap, atau gel yang mengandung ekstrak chamomile dan aloe vera.

Baca Juga: Ini Risiko Malas Cukur Bulu Kemaluan pada Perempuan

Kalau ternyata kamu mengalami iritasi kulit setelah melakukan bikini waxing, segera bicara dengan dokter Halodoc terkait penanganannya dan obat apa yang bisa digunakan. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

Setelah mendapat resep obat dari dokter, kamu juga bisa langsung membeli obatnya di aplikasi Halodoc. Pesanan kamu akan diantarkan ke tempat tujuan hanya dalam satu jam.

3. Tips Saat Menjalani Proses Waxing

Kebanyakan wanita ragu untuk mencoba bikini waxing, karena takut terhadap rasa sakitnya. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit ketika menjalani proses bikini waxing:

1.  Lakukan bikini waxing seminggu setelah masa menstruasi selesai. Nyatanya, rasa nyeri akan bertambah saat menjelang menstruasi.

2.  Ketika melakukan bikini waxing, tentunya terapis akan melihat kemaluan kamu. Hilangkan rasa malu dan sebaiknya rileks saja. Jika kamu merasa malu, seluruh badan akan terasa tegang, dan ketegangan membuat proses waxing lebih menyakitkan.

3.  Tarik napas dalam-dalam ketika lilin mulai dioleskan, lalu hembuskan saat terapis mulai memberi aba-aba. Cara tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit.

4. Kamu bisa mengompres area yang di waxing dengan es yang dibalut dengan kain untuk meredakan rasa sakit.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Tepat?

Bagaimana? Apakah kamu makin tertarik atau makin takut melakukan bikini waxing? Bikini waxing aman kok, asal dilakukan oleh terapis yang benar-benar handal dan bersertifikasi. Jadi, pastikan untuk mencari tempat waxing yang aman dan terpercaya.

Referensi :
Cosmopolitan. Diakses pada 2020. Bikini wax styles: All the shapes and confusing salon lingo, explained...
Self. Diakses pada 2020. I Finally Got A Brazilian Wax And Now I’ll Never Go Back To The Razor.
Kids Health. Diakses pada 2020. What Happens During a Bikini Wax?.