26 October 2017

Sebelum Bikini Waxing, Ketahui Ini Dulu

Sebelum Bikini Waxing, Ketahui Ini Dulu

Halodoc, Jakarta – Dinamakan bikini waxing karena awalnya mencabut bulu di daerah kewanitaan dilakukan agar bulu tidak tampak saat mengenakan bikini. Namun saat ini, seiring dengan perkembangan tren, bikini waxing dilakukan oleh para wanita sebagai salah satu dari perawatan kecantikan dan untuk menjaga kebersihan daerah intim. Bagi kamu yang tertarik mencoba bikini waxing, berikut hal-hal penting yang perlu diketahui:

Jenis-jenis Bikini Waxing
Di spa atau salon khusus waxing umumnya menawarkan beberapa jenis bikini waxing berdasarkan modelnya atau luas area bulu yang ditinggalkan. Masing-masing jenis bikini waxing menimbulkan tingkat rasa sakit yang berbeda, begitu pula dengan biayanya. Berikut adalah jenis-jenisnya:

  • Regular Bikini Wax
    Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan bikini wax, jenis regular ini yang paling cocok untuk kamu. Regular bikini wax hanya menghilangkan bulu di atas sekitar garis bikini, sehingga tidak terlalu sakit.

 

  • Triangle Trim
    Seperti namanya, jenis waxing ini menghilangkan bulu kemaluan pada daerah intim hingga membentuk segitiga, sehingga bulu tidak akan terlihat ketika mengenakan baju renang. 

 

  • American Waxing
    Disebut juga dengan bikini line wax, jenis ini menghilangkan semua bulu yang terlihat ketika kamu mengenakan bikini.

 

  • French  Waxing 
    Jenis ini mencabut seluruh bulu dari bagian depan sampai daerah antara depan dan belakang, namun bulu bagian belakang tidak dihilangkan. Jika kamu mau, kamu juga bisa meninggalkan garis vertikal atau landing strip pada bagian depan.

 

  • Brazilian Waxing 
    Jenis ini menghilangkan seluruh bulu pada garis bikini dari bagian depan hingga belakang.  Brazilian waxing paling digemari para wanita karena terlihat sexy.


Prosedur Bikini Wax
Bikini wax harus dilakukan oleh terapis yang terlatih dan memiliki pemahaman menyeluruh seputar bulu di tubuh. Prosedurnya adalah mencabut bulu kemaluan dengan menggunakan lilin atau krim perontok. Ada kalanya bulu tidak dicabut, tetapi hanya dipotong saja. Jika bikini waxing dilakukan secara rutin, maka bulu kemaluan lama kelamaan akan tumbuh lebih lama dan lebih mudah dicabut. Proses bikini waxing yang akan kamu jalani adalah sebagai berikut:

  • Kamu akan diminta membuka semua pakaian bagian bawah dan menggantinya dengan celana dalam sementara.

 

  • Jika bulu kemaluan cukup panjang, maka akan dirapikan dulu dengan menggunakan gunting.

 

  • Kemudian terapis akan mengoleskan lilin hangat pada bulu kemaluan dengan menggunakan sebuah spatula, lalu menutupnya dengan plester.

 

  • Setelah lilin sudah cukup mengeras, plester ditarik dengan cepat sehingga bulu kemaluan tercabut hingga ke akarnya.


Proses bikini waxing memang akan terasa sakit karena area kemaluan adalah area yang paling sensitif. Namun, jangan khawatir karena rasa sakit tersebut akan mereda minimal dalam lima hari. Biasanya di beberapa tempat waxing, disediakan obat penahan rasa sakit yang bisa kamu minum satu jam sebelum melakukan proses waxing.  Untuk meredakan kulit yang memerah setelah melakukan bikini wax, kamu bisa menggunakan lotion, krim, pelembap, atau gel yang mengandung ekstra chamomile dan aloe vera.

Tips Saat Menjalani Proses Waxing:
Kebanyakan wanita ragu untuk mencoba bikini waxing, karena takut merasakan sakitnya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sakit ketika menjalani proses bikini waxing:

1.  Sebaiknya bikini waxing dilakukan seminggu setelah masa menstruasi selesai. Karena tingkat nyeri akan bertambah saat sedang menstruasi.

2.  Ketika melakukan bikini waxing, orang asing akan melihat kemaluan kamu. Hilangkan rasa malu dan santai saja. Karena jika kamu merasa malu, seluruh badan akan terasa tegang, dan ketegangan akan membuat proses waxing lebih menyakitkan.

3.  Tarik napas dalam-dalam ketika lilin mulai dioleskan, lalu embuskan saat terapis mulai memberi aba-aba. Cara tersebut sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit.

4.  Palingkan kepala dan batuk. Ketika bulu siap dicabut, berbatuklah. Meski terdengar aneh, berbatuk akan mengalihkan perhatian dari rasa sakit.


Jika kemerahan pada area kulit yang di-wax tidak kunjung reda juga, atau terjadi pembengkakan dan rasa perih saat disentuh, segera periksakan diri ke dokter. Kamu bisa bertanya seputar penyembuhan kulit pasca bikini waxing ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui metode Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk-produk kesehatan yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.