Sering Mandi Malam, Apakah Berbahaya?

Sering Mandi Malam, Apakah Berbahaya?

Halodoc, Jakarta – Ada informasi yang beredar soal bahaya mandi di malam hari. Kebiasaan ini disebut-sebut bisa memicu masalah kesehatan dan berdampak buruk bagi tubuh. Benarkah hal tersebut bisa  terjadi? Apa bahaya sering mandi pada malam hari?

Banyak orang yang percaya bahwa mandi di malam hari bisa berbahaya bagi kesehatan. Namun, hal itu belum terbukti sepenuhnya. Masih belum banyak penelitian yang membuktikan dampak bahaya dari mandi malam. Meski begitu, bukan berarti hal ini bisa dijadikan kebiasaan dan sering dilakukan. Sering mandi malam dikhawatirkan bisa mengganggu kondisi tubuh, sehingga rentan terserang penyakit.

Bahaya mandi malam sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit rematik menyerang. Akan tetapi, hal itu ternyata hanya mitos belaka. Mandi malam sama sekali bukan penyebab penyakit rematik.

Malah sebaliknya, rutin mandi malam dengan air hangat disebut bisa membantu meringankan gejala rematik. Selain dengan air hangat, kamu juga disarankan untuk sesekali mandi dengan air biasa untuk membantu mengurangi nyeri otot setelah beraktivitas sehari-hari.

Baca juga: Mandi Malam Hari Bisa Sebabkan Rematik?

Namun, hal ini hanya berlaku pada orang dewasa. Mandi malam justru sama sekali tidak disarankan untuk bayi. Kebiasaan memandikan bayi terlalu malam disebut bisa meningkatkan risiko Si Kecil mengalami hipotermia. Kondisi ini terjadi ketika temperatur tubuh mengalami penurunan secara drastis, hingga di bawah 35 derajat Celsius. Risiko kondisi ini meningkat karena bayi cenderung rentan terhadap ketidakstabilan suhu pada tiga bulan pertama kehidupannya.

Bayi rentan mengalami hipotermia karena kemampuan tubuhnya belum sempurna dalam mengatur suhu. Waspadai jika bayi mengalami gejala, seperti napas menjadi lebih cepat, tubuh pucat, gemetar, serta suhu tubuh berubah menjadi dingin. Jika ini yang terjadi, segera cari bantuan medis untuk mengatasinya, apalagi jika Si Kecil mengalami hal tersebut setelah mandi atau terkena air dingin.

Mandi Malam Malah Bermanfaat, Kok Bisa?

Mandi malam belum terbukti bisa berbahaya dan menyebabkan gangguan pada kesehatan. Sebaliknya, hal ini ternyata malah bisa bermanfaat. Pada kondisi tertentu, seseorang justru dianjurkan untuk mandi pada malam hari, misalnya saat akan menjalani operasi. Bertujuan untuk membersihkan diri dengan mandi pada malam hari sebelum tindakan operasi dilakukan.

Baca juga: Ternyata Terlalu sering Mandi bisa Memberi Dampak Ini

Mandi malam juga dianjurkan untuk dilakukan pada orang yang banyak berkeringat di siang hari atau saat beraktivitas. Mandi malam setidaknya bisa membantu membersihkan kulit dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Jika ragu dan ingin menghindari dampak buruk dari mandi malam, kamu bisa menggunakan air hangat saat mandi. Nyatanya, mandi air hangat bisa membuat tubuh merasa lebih nyaman, rileks, dan merangsang rasa kantuk. Namun, kamu tetap bisa menggunakan air biasa jika kamu merasa lebih nyaman.

Meski disebut lebih bermanfaat, tapi ada baiknya untuk tidak melakukan mandi malam dalam keadaan tertentu, misalnya saat sedang sakit. Jika kamu memiliki keluhan atau masalah kesehatan tertentu, biasakan untuk selalu berdiskusi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mandi di malam hari. Hal itu penting untuk mencegah dampak buruk menyerang.

Baca juga: Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Mandi Pagi

Kalau itu yang terjadi, sebaiknya lakukan kunjungan ke rumah sakit terlebih dahulu sebelum membiasakan mandi malam. Kamu bisa melakukan janji temu dengan dokter lebih mudah melalui aplikasi Halodoc. Cari dan pilih rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan dan domisili kamu. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!