10 October 2018

Sesak Napas Tiba-Tiba? Ini 5 Cara Mengatasinya

sesak napas, mengatasi sesak napas, penyebab sesak napas

Halodoc, Jakarta – Sesak napas merupakan sinyal peringatan tentang kondisi tubuh akan adanya gangguan pada paru-paru, asma, anemia, dan penyakit lainnya. Sesak napas dapat dirasakan dengan derajat ringan hingga berat. Biasanya tanda-tandanya meliputi kulit pucat, jantung berdebar, demam, sesak napas berat, dan sesak napas yang timbul setelah alergi.

Munculnya sesak napas bisa terjadi dengan tiba-tiba. Namun, bagi kamu yang mengalaminya bisa mengatasinya dengan beberapa metode. Cara untuk mengatasi sesak napas ini bukanlah sebagai pengganti pengobatan utama, melainkan untuk membantu meringankan gejala saat sesak dirasakan. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi sesak napas yang datang tiba-tiba:

1. Lakukan Posisi Duduk Bersandar

Kamu bisa mencoba untuk mengatasi sesak napas dengan bersandar di dinding atau tempat tidur. Cara ini bisa dilakukan dengan posisi kaki yang rata ke bagian atau tempat tidur. Kemudian, busungkan bagian dada ke depan sedikit. Setelah itu, letakkan tangan di kedua sisi tubuh dan letakkan bagian kepala pada bantal. Posisi ini akan membantu kamu bisa menghirup napas dengan lebih baik.

2. Lakukan Posisi Santai saat Tidur

Jika kamu mengalami sesak napas saat dalam posisi tidur biasanya terasa sangat tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba beberapa cara. Salah satunya dengan berbaring santai dan mengusahakan agar semua otot tubuh menjadi sangat relaks. Kemudian, ambil bantal dan buat posisi kepala menjadi lebih tinggi dibandingkan dada. Setelah itu, tekuk lutut kamu dan berikan bantal di bawah lutut. Posisi ini akan membantu mengurangi sesak nafas saat tertidur.

3. Mengendalikan Tingkat Stres

Penyebab sesak napas bukan hanya karena penyakit atau gejala penyakit tertentu. Salah satunya adalah karena tekanan pikiran yang menyebabkan stres. Stres akan menekan pikiran menjadi sangat berat, kemudian membuat kapasitas paru-paru tidak seperti semula atau biasanya. Hal ini menyebabkan sesak napas dan oksigen tidak bisa masuk ke tubuh dengan baik.

Untuk mengatasi hal ini, jalan satu-satunya adalah dengan menurunkan tingkat stres. Kamu bisa melakukan beberapa usaha untuk mengendalikan stres, seperti membuat pikiran menjadi santai, melakukan olahraga ringan, menghindari panik, dan mengurangi stres.

4. Berjalan Lambat Sambil Bernapas Pelan

Saat sesak nafas muncul secara tiba-tiba, kamu bisa juga mengendalikannya dengan cara berjalan lambat. Setelah kamu mencoba untuk berjalan lambat, maka kamu bisa menarik napas secara perlahan sambil berjalan-jalan. Cara ini akan membantu kamu mendapatkan fungsi otot diafragma dan mengembalikan fungsi paru-paru yang sebenarnya. Dengan sering berjalan lambat dan mengatur pernapasan, maka kondisi kamu bisa menjadi lebih baik. Jika cara ini sudah bekerja dengan baik, kamu bisa mencoba cara lain seperti berlari kecil.

5. Latihan Pernafasan Perut

Cobalah untuk mengatasi sesak napas dengan melakukan pernapasan dari perut. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak-anak dan orangtua. Cara untuk melakukan pernapasan ini adalah dengan menempatkan jari pada bagian bawah tulang dada, kemudian hirup udara dengan menggerakan otot diafragma. Kemudian, mulai lakukan pernapasan dari bagian mulut dan menggerakkan perut secara perlahan. Cara ini juga bisa kamu lakukan ketika sedang tidur dengan posisi telentang.

Sesak napas memang menjadi cara tubuh untuk menunjukkan ada hal yang tidak sesuai dengan kerja organ tubuh. Karena itu, penting untuk segera mencari tahu penyebab sesak napas. Perawatan alami hanya bisa dilakukan jika sesak napas bukan karena penyakit yang kritis. Bantuan dokter tetap dibutuhkan untuk mencari dan menyembuhkan sesak napas. Untuk itu, jangan pernah ragu untuk melakukan tanya jawab pada dokter di Halodoc.

Dokter yang terdaftar di Halodoc akan senantiasa memberikan saran terbaik demi kesehatan kamu. Diskusi pun bisa dilakukan dengan praktis, yaitu via Chat atau Voice Call/Video Call melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasinya sekarang!

Baca juga: