Si Kecil Terserang Candidiasis, Ini yang Harus Dilakukan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Si Kecil Terserang Candidiasis, Ini yang Harus Dilakukan

Halodoc, Jakarta – Menjaga kebersihan bayi nyatanya sangat penting dilakukan untuk menghindari bayi dari segala macam penyakit. Daya tahan tubuh yang belum optimal membuat bayi sangat rentan mengalami beberapa penyakit. Salah satunya adalah penyakit candidiasis.

Baca juga: Begini 4 Tips Sederhana Cegah Infeksi Candidiasis

Penyakit candidiasis adalah penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi jamur candida. Penyakit ini tidak hanya dapat menyerang bagian kulit bayi saja, penyakit candidiasis juga dapat menyerang bagian tubuh lainnya seperti bagian mulut, area kelamin hingga darah.

Penyakit ini tidak hanya dapat menyerang bayi. Penyakit candidiasis rentan menyerang orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah, khususnya bayi dan wanita. Tidak ada salahnya ibu mengetahui gejala-gejala yang dialami ketika bayi mengalami penyakit candidiasis. Mengetahui gejala lebih dini dapat membantu ibu untuk mempermudah pengobatan pada anak.

Biasanya, ketika jamur candida menyerang bagian mulut atau kerongkongan anak, jamur candida dapat menyebabkan adanya bercak-bercak putih pada bagian lidah dan juga mulut. Tidak hanya perubahan pada lidah, gusi anak juga mengalami pembengkakan bahkan terkadang menimbulkan luka pada gusi anak. Jika menyerang bagian mulut, penyakit candidiasis juga dikenal sebagai oral trush.

Perhatikan jika jamur candida menyerang bagian kulit anak. Jamur candida yang menyerang kulit akan menyebabkan anak mengalami ruam-ruam merah pada bagian kulit yang terserang jamur candida. Selain ruam, bagian tersebut akan terasa gatal dan perih.

Ketahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak rentan mengalami penyakit candidiasis. Penyakit candidiasis yang menyerang kulit nyatanya dapat dipengaruhi oleh faktor cuaca yang terlalu panas, pakaian yang terlalu ketat, kebersihan kulit yang tidak terawat dengan baik dan rendahnya daya tahan tubuh Si Kecil. Sedangkan pada candidiasis yang menyerang bagian mulut atau kerongkongan biasanya disebabkan karena kurang terjaga kebersihan Si Kecil. Tidak ada salahnya untuk selalu menjaga kebersihan Si kecil agar ia terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kesehatannya.

Baca juga: Bisa Menyerang Mulut, Inilah Fakta Candidiasis Oral

Pencegahan Penyakit Candidiasis Pada Anak

Ada banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk menghindari anak dari penyakit candidiasis. Beberapa caranya dengan memberikan anak makanan yang bergizi agar nutrisi serta gizi anak dapat terpenuhi dengan baik. Memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi dapat memengaruhi daya tahan tubuh anak.

Daya tahan tubuh yang baik nyatanya membuat risiko anak mengalami penyakit ini akan menurun. Sebaiknya perhatikan kebersihan anak khususnya bayi. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan peralatan yang digunakan anak untuk makan atau minum. Tidak ada salahnya untuk mensterilkan mainan atau teether bayi secara berkala.

Ibu jangan lupa untuk rutin mengajarkan anak membersihkan bagian mulut seperti menyikat gigi. Bagi ibu yang memiliki anak bayi, jangan lupa untuk rutin menjaga kebersihan mulut bayi dari sisa-sisa ASI pada lidah bayi dengan peralatan yang steril. Bayi yang mengalami penyakit candidiasis pada bagian mulut dapat menularkan jamur candida pada ibunya melalui kegiatan menyusui.

Kondisi ini akan ditandai dengan puting payudara ibu yang menjadi memerah, rasa gatal, panas, nyeri yang berujung sakit ketika proses menyusui. Jadi tidak ada salahnya untuk selalu menjaga kebersihan anak.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai nutrisi yang baik untuk jaga kesehatan serta daya tahan tubuh anak. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Harus Tahu, Anak-Anak Juga Butuh Medical Check Up