03 September 2018

Sistem Imun Ibu Hamil Bisa Pengaruhi Bayi

sistem imun ibu hamil, kesehatan ibu hamil, sistem imun, ibu hamil, sistem imun ibu pengaruhi bayi

Halodoc, Jakarta - Pada masa kehamilan, menjaga kesehatan adalah hal penting yang harus dilakukan oleh ibu. Meskipun ada beberapa penyakit jika dialami oleh ibu hamil tidak berdampak buruk pada bayi dalam kandungan, sebaiknya ibu hamil menghindari segala penyakit. Namun, jika sudah sakit, sebaiknya segera tangani penyakit ibu dengan baik.

Tentu salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghindari berbagai penyakit pada ibu hamil dengan mengonsumsi makanan sehat. Selain menghindari ibu hamil dari penyakit, ibu juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi serta gizi yang bersumber dari makanan sehat. Nyatanya, nutrisi dan gizi yang dikonsumsi oleh ibu pada masa kehamilan akan memengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan.

Untuk menghindari berbagai penyakit, ibu juga membutuhkan sistem imun yang baik selama masa kehamilan. Beberapa ilmuwan mengatakan, sistem imun ibu harus ditekan saat masa kehamilan untuk menghindari sistem imun tubuh menolak adanya embrio atau janin dalam tubuh. Sistem imun sendiri memiliki definisi sekelompok sel, jaringan, dan organ khusus yang bekerja sama melawan segala hal yang asing pada tubuh.

Pada saat awal embrio akan berkembang dalam rahim ibu, sel imun tubuh bisa saja melawan bertumbuhnya sel embrio yang masih dianggap asing oleh tubuh ibu. Selanjutnya, jika sel embrio bertahan dan menjadi utama dalam organ ibu dibanding sistem imun tubuhnya, pertumbuhan janin dalam kandungan ibu bisa berlanjut. Itulah sebabnya sistem imun bisa memengaruhi perkembangan awal seorang bayi dalam kandungan.

Jika sel embrio tidak bertahan, kemungkinan terburuknya adalah keguguran atau kelahiran prematur. Hal ini juga bisa dikatakan bahwa sel imun tubuh ibu sedang mengelompokan janin yang memang sehat atau tidak.

Namun, ibu sebaiknya tidak perlu khawatir. Untuk menjaga kandungan tetap sehat di awal usia kandungan, khususnya di trimester pertama, ibu bisa mengonsumsi beberapa makanan alami ini agar kandungan tetap sehat. Berikut makanan alami yang bisa ibu konsumsi:

1. Madu

Madu dipercaya dapat memperkuat kandungan ibu di awal kehamilan. Selain memperkuat kandungan, madu juga bisa menjadi makanan sehat untuk ibu. Madu bisa ibu gunakan sebagai pengganti gula, sehingga ibu bisa tetap mengonsumsi rasa manis alami dari madu.

2. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang banyak direkomendasikan untuk kesehatan kandungan pada usia awal atau trimester pertama. Alpukat yang memiliki kandungan vitamin E dan mengandung lemak baik nyatanya sangat baik jika digunakan sebagai makanan alami untuk memperkuat janin dalam kandungan.

3. Kurma

Sama seperti madu, kurma nyatanya juga bisa menjadi pemanis alami pengganti gula. Selain dipercaya sebagai buah yang bisa memperkuat kandungan, kurma juga bisa mencegah ibu dari penyakit anemia.

4. Susu

Susu juga menjadi salah satu produk alami yang bisa ibu konsumsi untuk memperkuat kandungan. Namun perlu diingat, sebaiknya ibu mengonsumsi susu yang sudah di pasteurisasi, ya. Tidak hanya memperkuat kandungan, susu juga membuat tulang ibu semakin kuat selama masa kehamilan.

Kehamilan adalah masa-masa yang menyenangkan. Jadi, sebaiknya jaga kehamilan dengan pola hidup yang sehat. Jika ibu memiliki keluhan selama masa kehamilan, ibu bisa konsultasikan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: