10 September 2017

Sudah Tahu Ini? 10 Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

Sudah Tahu Ini, 10 Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

Halodoc, Jakarta - Kalsium (Ca) adalah nutrisi penting yang menunjang banyak fungsi tubuh untuk bekerja dengan normal sehingga setiap hari tubuh kita membutuhkan makanan yang mengandung kalsium, baik dari sumber hewani maupun nabati tentunya sebisa mungkin kita manfaatkan sumber makanan di sekitar kita yang sebenarnya tinggi kalsium. Kalsium diperlukan tubuh untuk menunjang fungsi saraf, membantu kontraksi otot-otot dan untuk membantu pembekuan darah normal. Kalsium lebih dikenal karena perannya dalam membangun dan memelihara gigi dan tulang yang kuat.

Manfaat kalsium lainnya juga untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Kalsium adalah mineral yang paling berlimpah di dalam tubuh, dan karena kalsium tidak bisa dibuat dalam tubuh, maka kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi sesuai kebutuhan. Orang dewasa di atas usia 18 tahun membutuhkan sekitar 700 mg kalsium per hari. Seseorang mengetahui bahwa kalsium dalam tubuhnya rendah setelah melakukan pemeriksaan darah, sehingga dalam kondisi hipokalsemia (kadar kalsium yang rendah dalam darah), maka perlu asupan kalsium yang sesuai.

Daftar Makanan Sumber Kalsium:
Makanan sumber kalsium adalah salah satu jenis sumber makanan yang mengandung kalsium yang cukup terkenal adalah susu dan produk susu. Namun, selain itu, sumber kalsium juga banyak ditemukan dalam makanan lainnya seperti berikut:

1.  Keju
Selain susu, keju juga ternyata memiliki kalsium yang tinggi. Mengonsumsi keju dapat menggantikan konsumsi susu, bagi yang alergi akan protein susu. Campurkanlah keju di dalam menu makanan sehat sehari-hari, untuk membantu mengoptimalkan kebutuhan kalsium dalam sehari.

2.  Bayam
Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat mudah ditemui dimana-mana. Bayam memiliki kandungan kalsium dan mampu menghasilkan 200 mg kalsium, yang sangat membantu dalam mencukupi kebutuhan kalsium sehari-hari.

3.  Kacang Kedelai
Bagi yang menyukai kacang-kacangan kemungkinan sudah tidak asing dengan kacang kedelai ini. Merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. 1 cangkir kacang kedelai rebus memiliki kandungan kalsium sebesar 261 mg.

4.  Jeruk
Buah jeruk yang terkenal akan vitamin C nya. Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam satu buahnya, sebanyak 65 mg kalsium.

5.  Alpukat
Alpukat selain baik untuk kesehatan kulit buah ini juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium kamu dalam sehari.

6.  Ikan Salmon
Ikan salmon selain mengandung protein, ternyata 3 ons ikan salmon memiliki kandungan kalsium yang tinggi, sebesar 181 mg.

7.  Sarden
Jenis ikan lainnya yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi adalah ikan sarden. Ikan yang biasa dikemas dalam bentuk kalengan ini ternyata mampu memenuhi 30% kalsium yang diperlukan tubuh.

8.  Oatmeal
Oatmeal selain memiliki kandungan serat yang tinggi, oatmeal juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 105 mg dalam setiap mangkuknya.

9.  Susu Kedelai
Bagi kamu yang memiliki alergi terhadap produk olahan susu sapi, cobalah untuk mengonsumsi susu kedelai. Tidak kalah menyehatkan dari produk olahan susu sapi. Satu cangkir susu kedelai memiliki kandungan kalsium sebesar 300 mg.

10.  Crackers
Crackers atau biskuit ternyata memiliki kandungan kalsium yang baik bagi tubuh juga. Beberapa jenis crackers, seperti malkist dan regal memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium kamu sehari-hari.


Untuk lebih mengetahui makanan apa saja yang baik sebagai sumber kalsium selain susu, kamu bisa menanyakan dengan dokter gizi terbaik lewat aplikasi kesehatan Halodoc. Pertanyaan kamu mengenai sumber kalsium akan terjawab lewat chat, voice atau video call. Kapan pun dan dimana pun kamu bisa bertanya. Halodoc juga menyediakan fitur Pharmacy Delivery untuk kamu yang ingin membeli obat melalui smartphone dengan cepat, aman dan nyaman. Download aplikasi Halodoc di smartphone kamu via App Store dan Google Play sekarang juga!

BACA JUGA: Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Jantung Sehat