15 December 2017

Susah Tidur Siang, Bujuk Si Kecil dengan Cara Ini

Susah Tidur Siang, Bujuk Si Kecil dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Salah satu masalah ibu yang memiliki seorang toddler aktif adalah kesulitan untuk meminta ia untuk tidur siang. Maklum saja, saat sedang aktif bergerak, mereka jadi asyik sendiri dan lebih suka bermain daripada beristirahat. Padahal, tidur siang itu bisa memberikan banyak manfaat lho untuk kesehatan Si Kecil.

Tak cuma untuk kesehatan buah hati saja, ibu jadi punya lebih banyak waktu luang untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang tertunda. Jadi perhatian ibu tidak akan terbagi, karena juga harus mengawasi Si Kecil yang sibuk bermain.

Lalu bagaimana ya, membujuk Si Kecil agar mau tidur siang? Sebenarnya tidak sesulit itu meminta Si Kecil untuk tidur siang, asalkan ibu tahu bagaimana cara melakukannya. Yuk, cari tahu berikut ini:
1. Berkata-kata Lembut
Saat tiba waktunya tidur siang, ibu bisa mulai mengajak Si Kecil tidur dengan dengan memberikan pengertian dan berkata-kata dengan lembut. Bujuk Si Kecil agar mau tidur siang dengan ucapan yang manis. Tak ada salahnya untuk memberikan reward dengan menjanjikan makanan favoritnya jika ia tidur siang. Jangan mencoba memarahi atau berkata-kata kesal jika ia menolak tidur siang. Ibu harus meluluhkan hatinya dengan cara yang lembut.

2. Berikan Tempat Tidur yang Nyaman
Untuk memberikan rasa nyaman pada Si Kecil saat tidur siang ibu bisa menyediakan ruangan tempat istirahat yang nyaman. Salah satunya adalah dengan menyediakan bantal dan selimut yang nyaman. Tak ada salahnya untuk menggunakan selimut dan seprei dengan motif tokoh kesukaan Si Kecil. Ibu juga bisa menyulap ruang main Si Kecil mendai kamar tidur khusus tidur siang. Misalnya, menyediakan tenda-tenda ala rumah Indian atau rumah-rumahan boneka yang tak hanya jadi tempatnya bermain. Namun juga bisa menjadi tempatnya beristirahat saat lelah bermain.

3. Aktif Bermain Pagi Hari
Buat Si Kecil lebih aktif bergerak di pagi hari dengan mengajaknya jalan-jalan ke luar rumah sambil berolahraga. Kenalkan ia pada lingkungan di sekitar rumah agar ia bisa mengenali keadaan di sekitarnya. Jika sudah kembali ke rumah, ibu bisa mengajak Si Kecil untuk memasak di dapur dan melihat kegiataan ibu. Saat ia sudah aktif bergerak di pagi hari, maka ia akan jadi lebih mudah diajak istrihat tidur siang.

4. Lakukan di Jam yang Sama
Buat jadwal yang tepat setiap hari agar Si Kecil terbiasa tidur siang. Misalnya satu jam setelah makan siang, adalah waktu tidur siang. Dengan begini, Si Kecil jadi terbiasa dengan waktu tidur siangnya sehingga ia tidak akan merasa terganggu jika disuruh untuk tidur siang.

Memang susah-susah gampang membujuk Si Kecil untuk tidur. Namun tidak berarti tidak bisa dilakukan, bukan? Ibu hanya perlu untuk melakukan beberapa hal simpel dengan telaten agar Si Kecil mau menurut untuk tidur siang.

Jangan lupa untuk selalu mengawasi kondisi kesehatan Si Kecil meski ia sedang aktif bergerak. Ibu juga jangan lupa untuk sedia selalu aplikasi Halodoc. Dengan Halodoc, ibu bisa menghubungi dokter kapan saja dimana saja untuk memeriksa kondisi kesehatan Si Kecil. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, ibu juga membeli produk kesehatan yang dibutuhkan melalui Halodoc. Pesanan ibu bisa diantar dalam satu jam ke tempat tujuan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.