Tak Hanya Menyegarkan, Ketahui Manfaat Blewah

Tak Hanya Menyegarkan, Ketahui Manfaat Blewah

Halodoc, Jakarta - Selain timun suri, bulan Ramadan juga identik dengan blewah. Ya, buah ini merupakan salah satu buah terpopuler yang paling banyak dicari ketika bulan puasa tiba. Buah ini sering disajikan dengan cara diolah menjadi aneka minuman menyegarkan, seperti es buah atau sup buah. Namun di balik rasanya yang menyegarkan, blewah ternyata memiliki banyak manfaat, lho.

Memiliki nama Latin Cucumis melo var cantalupensis, buah blewah masih berkerabat dengan melon. Tak heran jika bentuk dan bijinya agak mirip dengan buah melon. Buah blewah memiliki beragam nutrisi serta rendah kalori, sehingga baik bagi yang sedang menjalani diet rendah kalori.

Baca Juga: 5 Buah-buahan Pengganti Kurma

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada buah blewah antara lain serat, karbohidrat, zat besi, kalium, kalsium, magnesium, folat, vitamin A, vitamin C, serta vitamin B. Selain itu, buah blewah juga mengandung sekitar 90 persen air, sehingga mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Beragam Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Setelah membahas kandungan dalam buah blewah, perlu diketahui bahwa buah ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang sangat banyak pada buah blewah sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A yang memiliki sifat antioksidan juga berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko terkena gangguan mata terkait penuaan.

2. Merawat Kulit

Selain vitamin A, buah blewah juga kaya akan vitamin C yang dimanfaatkan tubuh untuk membantu proses produksi kolagen, mempercepat proses penyembuhan luka dan flu, mencegah penuaan dini, serta melindungi kulit dari radikal bebas.

Baca juga: 9 Buah-buahan yang Dapat Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

3. Bermanfaat bagi Ibu Hamil

Buah blewah ternyata juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Pasalnya, buah ini mengandung folat yang berguna untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf bayi, kelahiran prematur, dan berat lahir bayi rendah. Selain itu, folat juga bermanfaat untuk mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, hingga stroke.

4. Mencegah Sembelit

Buah blewah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah blewah secara rutin dapat mencegah sembelit dan membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, pola makan tinggi serat juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Jika kamu mempunyai riwayat penyakit hipertensi, disarankan mengonsumsi buah blewah secara rutin untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Blewah mengandung kalium yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh, dan memungkinkan otot-otot tubuh bisa berkontraksi dengan baik.

Baca juga: 6 Buah Yang Cocok Dikonsumsi Saat Sahur

Namun, penting untuk diingat bahwa agar bisa mendapatkan manfaat buah blewah tadi tidak cukup hanya dari mengonsumsi buah ini saja. Kamu juga perlu mencukupi asupan nutrisi dengan menerapkan pola makan bergizi seimbang, yang dilengkapi berbagai macam buah-buahan dan sayuran. Menjalani pola hidup sehat dengan olahraga rutin, cukup istirahat, dan mengurangi stres, juga penting untuk dilakukan.

Itulah sedikit penjelasan tentang manfaat buah blewah bagi kesehatan. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!