Tak Perlu Obat, Ini Cara Sederhana Mengobati Migrain

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Tak Perlu Obat, Ini Cara Sederhana Mengobati Migrain

Halodoc, Jakarta - Migrain mengakibatkan rasa sakit pada kepala yang kuat. Sayangnya, rasa sakit hanya terjadi pada salah satu sisi kepala, dan ini tentu mengganggu, bahkan bisa membuat kamu tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari karena harus beristirahat hingga rasa sakitnya mereda. Tidak jarang pula, migrain diikuti dengan gejala lain seperti pandangan mengabur dan rasa mual. 

Obat menjadi cara terbaik untuk mengobati dan mencegah migrain datang kembali. Namun, sebenarnya pilihan gaya hidup juga memiliki kontribusi yang besar terhadap kondisi kesehatan dan tingkat keparahan migrain yang kamu alami. Faktanya, mengetahui cara mengelola migrain dengan memperbaiki gaya hidup sering bisa menjadi obat migrain paling efektif. 

  • Cari Lingkungan yang Tenang

Kalau kamu sudah mengalami tanda-tanda migrain, segera berhenti dari aktivitas yang sedang dikerjakan dan carilah lingkungan yang sepi dan tenang. Jika memungkinkan, kamu bisa memejamkan mata sejenak. Migrain sering dikaitkan dengan peningkatan sensitivitas terhadap cahaya dan suara. 

Baca juga: Atasi Migrain dengan Melakukan 7 Kebiasaan Ini

  • Mengompres Panas atau Dingin

Kalau migrain sudah melanda, kamu bisa mengompres area yang sakit begitu pula dengan leher menggunakan kompres panas atau dingin. Kompres dingin memberikan efek mati rasa yang bisa membantu mengurangi rasa sakit. Sementara kompres panas dapat mengendurkan otot leher yang menegang. Mandi menggunakan air hangat mungkin bisa membantu memberikan efek serupa. 

  • Minum Kopi

Kafein membantu menghilangkan rasa sakit akibat migrain pada tahap awal. Namun, tetap berhati-hati, karena minum terlalu banyak kopi, dalam hal ini terlalu banyak asupan kafein dapat memicu munculnya sakit kepala. Jadi, tetap konsumsi kopi pada takarannya dan jangan berlebihan. 

Baca juga: 3 Fakta Tentang Sakit Kepala yang Harus Diketahui

  • Istirahat Cukup

Migrain membuat kamu mengalami kesulitan tidur, bahkan sering membuatmu terbangun di tengah malam. Sayangnya, beberapa kasus migrain terjadi karena waktu tidur malam yang buruk. Jadi, mulai sekarang terapkan pola tidur yang baik, terutama tidur malam. Kalau kamu kesulitan memejamkan mata, cobalah untuk rileks, bisa dengan membaca buku atau mendengarkan musik. Hindari olahraga berat, makan berat, merokok, mengonsumsi alkohol, dan minum kopi sebelum tidur. 

  • Perbaiki Pola Makan

Obat migrain selanjutnya adalah kebiasaan makan. Sebaiknya jangan abaikan waktu makan, dan makanlah pada jam yang sama setiap hari. Hindari makanan yang bisa memicu terjadinya migrain. Lebih baik lagi kalau kamu mencatat makanan apa saja yang kamu konsumsi dan apakah ada salah satunya yang menyebabkan migrain. 

  • Kelola Stres dengan Baik

Stres dan migrain adalah dua hal yang sering tidak dapat dipisahkan. Stres mungkin tidak bisa dihindari, tetapi bisa dikelola dengan baik agar tidak menjadi penyebab migrain. Cobalah berpikir dengan lebih sederhana dan hindari rasa cemas yang berlebihan. Kelola waktu dengan bijak, dan seringlah melakukan meditasi, yoga, atau melakukan hobi yang kamu suka untuk mengurangi stres. 

Baca juga: Sakit Kepala Cluster dengan Migrain, Sama atau Tidak?

Jika migrain kamu tetap tidak sembuh meski telah melakukan cara sederhana ini, kamu bisa menanyakan pengobatan terbaik langsung pada dokter ahlinya. Tentunya dengan menggunakan aplikasi Halodoc, karena melalui aplikasi ini, kamu bisa bertanya jawab masalah kesehatan dengan dokter asli. 



Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Migraines: Simple Steps to Head off the Pain.
Brownmed. Diakses pada 2020. 6 Tips for Relieving Migraines Without Medication. 
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. New Ways to Manage Migraines.