• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tenggorokan Terasa Gatal saat Batuk, Apa Sebabnya?

Tenggorokan Terasa Gatal saat Batuk, Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Tenggorokan Terasa Gatal saat Batuk, Apa Sebabnya?

Halodoc, Jakarta - Kamu tentu pernah mengalami rasa gatal di tenggorokan saat batuk. Biasanya ini sering terjadi jika kamu mengalami batuk kering. Batuk sebenarnya bertujuan menghilangkan lendir atau zat iritasi lain yang menyebabkan tenggorokan gatal. Hanya saja, rasa gatal di tenggorokan tidak selalu bisa hilang saat batuk.

Biasanya, beberapa jenis batuk dapat disebabkan oleh infeksi ringan. Inilah yang menyebabkan gatal pada tenggorokan. Bahkan rasa gatal masih bisa tinggal meski batuk sudah sembuh. Mungkin beberapa orang mengalami suara jadi serak dan kesulitan bicara akibat batuk dan gatal tenggorokan. Sebenarnya, apa yang menyebabkan tenggorokan gatal saat batuk?

Baca juga: Inilah Cara Mengatasi Radang Tenggorokan



Penyebab Tenggorokan Gatal Saat Batuk

Batuk adalah gangguan kesehatan yang paling umum terjadi. Biasanya batuk terjadi saat saluran pernapasan menghadapi partikel asing atau zat yang mengganggu. Batuk adalah cara tubuh membersihkan saluran pernapasan dari zat asing tersebut. Namun, beda halnya ketika batuk terjadi terus-menerus, bisa jadi ini adalah gejala dari penyakit tertentu. 

Siapa pun akan sembuh lebih cepat dari batuk yang disebabkan oleh infeksi ringan, misalnya flu atau batuk yang disebabkan alergi. Namun, kondisi ini sering dibarengi dengan rasa gatal di tenggorokan, bahkan hingga tidak enak menelan, suara serak, atau kehilangan suara. Inilah yang menyebabkannya:

  • Ada Lendir yang Menumpuk

Saat batuk berdahak atau batuk kering yang disertai pilek, biasanya tenggorokan gatal saat batuk. Bahkan tenggorokan gatal tetap tinggal meski batuk telah sembuh. Kemungkinan ini disebabkan oleh lendir atau dahak yang menumpuk di saluran napas. 

Lendir akan menetes di belakang tenggorokan dan menyebabkan gatal dan kering di tenggorokan. Kondisi ini biasa dikenal dengan post-nasal drip dan umum terjadi meski telah sembuh dari flu.

Baca juga: Ketahui 3 Infeksi Penyebab Radang Tenggorokan

  • Adanya Infeksi

Tenggorokan gatal saat batuk bisa jadi karena adanya infeksi yang menyerang. Batuk bisa saja disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Infeksi biasanya ditandai dengan rasa gatal dan sakit tenggorokan saat batuk. Kondisi ini sebaiknya tidak disepelekan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius. 

  • Ada Gejala Asam Lambung

Jika kamu memiliki asam lambung atau GERD (asam lambung naik), maka kamu dapat mengalami tenggorokan gatal saat batuk. Hal ini karena produksi cairan asam mempermudah kinerja sistem pencernaan. Hanya saja saat asam yang diproduksi terlalu banyak, kamu akan mengalami gangguan asam lambung atau GERD. 

  • Alergi

Jika kamu mempunyai riwayat alergi debu, asap rokok, polusi udara, atau zat iritan lainnya, maka dapat menyebabkan batuk disertai tenggorokan gatal. Gejala alergi ini dapat hilang dan muncul bersamaan atau bergantian. Jadi, bukan hal yang mustahil jika kamu merasakan gatal di tenggorokan. 

Baca juga: Minum Es dan Makan Gorengan Bisa Bikin Radang Tenggorokan?

Untuk mengatasi tenggorokan gatal, kamu bisa mencoba beberapa cara, termasuk:

  1. Minum sesendok madu
  2. Berkumur dengan air garam
  3. Memakan tablet hisap dan obat batuk
  4. Memberikan semprotan hidung
  5. Minum teh panas dengan lemon dan madu

Jika cara-cara di atas tidak mampu meredakan tenggorokan gatal dan batuk yang kamu alami, jangan ragu untuk segera memeriksanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kemungkinan kamu membutuhkan obat resep dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Everything you need to know about itchy throat
National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI). Diakses pada 2020. Asthma
NIH. Diakses pada 2020. Soothing a Sore Throat.